UNTUK INDONESIA
Tidak Selamanya Putih Langsing itu Cantik
Perempuan cantik selama ini lekat dengan kulit putih, rambut panjang, memiliki tinggi semampai layaknya model. Namun hal tersebut terbantahkan.
Ilustrasi cantik, Zulika Citraning Wulan adalah seorang Travel Blogger cantik pemilik akun @eilwa. (Foto: Instagram)

Jakarta - Pada umumnya, perempuan cantik itu dilekatkan memiliki kulit putih, tinggi, berambut panjang, serta bertubuh semampai. Namun, hal itu dibantah seniman rias, Carolina Septerita.

Menurut Psikolog anak dan remaja dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia (UI), Vera Itabiliana Hadiwidjojo, konsep cantik dengan hal umum tadi menjadi prioritas anak remaja saat ini.

Untuk menambah rasa percaya diri, setiap bangun pagi harus selalu berterima kasih kepada Allah, lalu harus mengubah mindset kita.

"Rata-rata semua remaja memang memiliki konsep cantik demikian. Di usia mereka itu, para remaja terutama perempuan sedang ingin mengambil posisi agar diterima dan dihargai setinggi mungkin," kata Vera.

Ia mengatakan, konsep tersebut diadopsi dari sinetron-sinetron remaja, di mana sosok perempuan dengan bentuk fisik yang dianggap ideal adalah memiliki tubuh yang tinggi, langsing, dan rambut panjang.

Sedangkan, remaja yang memiliki fisik gemuk, pendek, dan hitam akan menjadi bahan olok-olokan di lingkungan sosial.

Padahal, lanjutnya, kecantikan secara fisik bukanlah satu-satunya hal yang dibutuhkan para perempuan. Tanpa kemampuan dan bakat, kecantikan tidak ada apa-apanya.

Vera sependapat dengan Carolina Septerita, yang menyatakan kecantikan perempuan itu terlihat dari inner beauty-nya.

Bagi dia, setiap perempuan memang sudah terlahir cantik, karena kecantikan itu ada dalam diri setiap perempuan.

"Untuk menambah rasa percaya diri, setiap bangun pagi harus selalu berterima kasih kepada Allah, lalu harus mengubah mindset kita," tuturnya.

Vera menegaskan, kecantikan seorang wanita itu terpancar dari dalam diri yang selalu berpikiran positif. Bila masih ada aura negatif, tentu akan membuat inner beauty tidak muncul.

"Akhirnya, inner beauty enggak tampak, karena kita sering murung, sering nagis, sering cemberut. Kalau sudah begitu, mau make up dempul kayak apa pun tetap enggak akan terlihat cantik," ujarnya.

Carolina mengatakan, kecantikan dari dalam diri juga perlu diimbangi dengan kecantikan dari luar, agar semakin sempurna. Keduanya adalah hal yang tidak dapat terpisahkan.

Sehingga, dia menganjurkan, untuk para perempuan harus merawat kulit, seperti melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet, ditambah dengan melakukan perawatan wajah dari pagi hingga malam hari.

Menurut Carolina, setiap wanita telah dianugerahi Tuhan memiliki wajah yang sempurna. Jadi, kata dia, tinggal bagaimana manusia itu sendiri menafsirkannya. 

"Tak perlu khawatir bila postur tubuh kamu tidak tinggi semampai layaknya model. Sebab kita tetap bisa tampak cantik. Tidak hanya dari luar, tetapi dari dalam pula," ujar Carolina.

Baca juga: Polisi Bekuk Wanita Cantik Pengedar Narkoba di Siantar

Berita terkait
Dina Afridha, Gadis Cantik Anggota DPRK Aceh Barat Daya
Ia tercantik dan termuda dalam jajaran anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Barat Daya periode 2019-2024. Dina Afridha namanya.
Tita, Anggota Dewan Bantaeng Tercantik dan Termuda
Pratita Nareswari Putri Wijaya anggota DPRD kota Bantaeng periode 2019-2024 ini selain muda juga berparas cantik.
Tips Merawat Wajah Tetap Cantik Tanpa Makeup
Terlihat cantik merupakan hal utama yang diinginkan kebanyakan kaum hawa. Tapi tahukah Anda, wanita dapat terlihat cantik tanpa make up loh.
0
Moeldoko Bocorkan Posisi Jabatan di Kabinet Jokowi
Mantan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyebutkan akan tetap membantu Presiden Jokowi dalam periode 2019-2024.