UNTUK INDONESIA
Suka Makan Buah Kiwi? Inilah Empat Manfaat Kesehatan dari Kiwi
Orang Indonesia mengenal kiwi Selandia Baru atau Amerika. Suka makan buah kiwi? Inilah empat manfaat kesehatan dari kiwi.
Ilustrasi. (Foto: NDTV Food)

Jakarta, (Tagar 17/9/2018) - Kiwi adalah buah asal Tiongkok yang juga dikenal sebagai Chinese gooseberry. Tetapi, orang Indonesia mengenal kiwi yang umumnya didatangkan dari Selandia Baru atau Amerika.

Kiwi memiliki rasa istimewa. Selain itu, di dalam kiwi juga terkandung banyak nutrisi seperti folat, potasium, vitamin K, vitamin E. 

Berikut manfaat kesehatan dari buah kiwi seperti dilansir Medical Daily.

1. Membantu Menjaga Berat Badan

Kiwi tergolong camilan manis yang sehat. Buah ini adalah sumber serat makanan yang baik, yang dapat membantu Anda mencapai perasaan kenyang. Ahli diet menyarankan agar Anda mengonsumsi kiwi bersama dengan kulitnya. Hal ini karena 50 persen dari kandungan serat kiwi terdapat di kulitnya.

Selain itu, buah kiwi juga rendah kalori, gula, dan lemak. Satu kiwi besar diperkirakan hanya mengandung 55 hingga 60 kalori. Sementara kiwi ukuran sedang menawarkan sekitar 7 gram gula, hanya sepertiga dari kandungan gula yang ditemukan dalam satu apel.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Dalam sebuah penelitian yang dimulai pada 2011, sebagian peserta dengan tekanan darah tinggi diinstruksikan untuk makan tiga kiwi sehari. Pada akhir periode penelitian, orang-orang yang mengonsumsi kiwi tersebut tercatat memiliki tekanan darah sistolik yang lebih rendah.

Hal ini karena dalam satu buah kiwi mengandung tiga jenis mineral yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi, yaitu 2 persen kalsium, 7 persen magnesium, dan 9 persen kalium.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kiwi yang kaya akan vitamin C berkontribusi terhadap sistem kekebalan tubuh yang baik. Vitamin C bisa membantu kerja antibodi, neutrofil, limfosit, dan sel natural killer (NK). Vitamin C mampu melindungi tubuh dari serangan flu, dan mengurangi tingkat keparahan penyakit.

Selain itu, vitamin C yang terdapat pada buah kiwi juga bersifat antioksidan. Zat ini akan membantu tubuh melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel.

4. Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Kiwi mengandung kadar lutein dan zeaxanthin yang tinggi. Kedua jenis antioksidan itu dapat melindungi orang dari kerusakan mata dari berbagai penyebab seperti radiasi ultraviolet, asap rokok, dan polusi udara.

Antioksidan yang terkandung dalam kiwi tersebut bisa masuk ke lensa dan retina mata Anda, dan diyakini menyerap cahaya yang terlihat. Bahkan, berdasarkan sebuah studi, kiwi dapat menurunkan degenerasi makula (penurunan kemampuan melihat lurus ke depan) pada partisipan sebesar 36 persen.

Dengan mengenali berbagai manfaat yang terkandung dalam kiwi, Anda tidak perlu ragu lagi untuk memasukkan buah ini dalam menu harian sehat. Anda bisa memakan buah kiwi dengan kulitnya begitu saja atau ditambahkan di atas sereal, oatmeal, yogurt, salad, smoothie, dan makanan penutup. []

Berita terkait
0
‎Ramainya Tempat Ngabuburit di Kota Tegal saat PSBB
Hingga hari kedelapan, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Tegal tidak berjalan efektif.