UNTUK INDONESIA
Lima Makanan Khas Medan Selain Bika Ambon
Kota Medan memiliki beragam makanan khas yang dapat dicoba selain bika ambon.
Cap Cai salah satu sajian chinese food di Medan. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Kota Medan selalu memiliki banyak hal yang dapat dieksplorasi, salah satunya kuliner khasnya. Ibu kota Provinsi Sumatera Utara ini memiliki sejumlah makanan khas yang dapat memanjakan lidah Anda.

Berikut Tagar rangkumkan lima makanan khas Medan yang belum tentu ditemukan di tempat lain.

1. Lontong Medan

Mungkin lontong merupakan sajian umum yang dapat ditemukan hampir di seluruh kota di Indonesia. Namun, lontong khas Medan memiliki ciri khas yang berbeda dengan yang ada di tempat lain. 

Makanan yang menjadi pilihan masyarakat kota Medan untuk sarapan atau makan malam ini dikenal memiliki komponen khas.

Tauco, ikan teri, kacang tanah, hingga buncis menjadi komponen wajib lontong Medan. Jangan lupa tambahan sambal pedas, telur rebus atau telur goreng bisa menjadi pelengkap kenikmatan makanan tersebut.

Lontong MedanSajian Lontong Medan dengan sate kerang. (Foto: Tokopedia)

2. Mie Aceh Medan

Meski menjadi makanan khas Aceh, namun banyak masyarakat Serambi Mekkah tersebut yang menjual Mie Aceh di Medan. Bahkan, rumah makan Mie Aceh menjadi salah satu hidangan wajib pelancong yang berkunjung ke sana. 

Makanan ini memiliki keunikan seperti bumbu yang segar, kaya rempah, dan banyak pilihan lain seperti daging, seafood, hingga sayuran kol.

Selain dikenal kaya rasa, Mie Aceh di Medan terkenal dengan porsi yang besar dan murah. Kamu bisa menikmati sajian khas Aceh ini di Medan dengan harga sekitar dari Rp 10 ribu.

Mie AcehMie Aceh khas Medan. (Foto: Tokopedia)

3. Chinese Food

Masyarakat kota Medan yang multi kultur dan lintas etnis menyebabkan pilihan kuliner di sana beragam. Salah satu yang khas adalah chinese food khas Medan yang dapat ditemukan di beberapa wilayah pecinaan atau chinatown di Medan, seperti Jalan S. Parman, Jalan Cirebon, dan Jalan Surabaya.

di Medan terkenal beragam dan memiliki sajian yang halal, seperti mie tiauw, bihun, sampai cap cai tersedia di Medan. Chinese food di Medan terkenal beragam dan memiliki sajian yang halal, seperti mie tiauw, bihun, sampai cap cai tersedia di Medan. 

Lokasi-lokasi kuliner sejenis ini, biasanya ramai pada malam hari. Tidak hanya variatif, makanan oriental tersebut memiliki harga yang cukup terjangkau.

Chinese FoodCap Cai salah satu sajian chinese food di Medan. (Foto: Pixabay)

4. Bolu Gulung

Selain bika Ambon, bolu gulung merupakan salah satu makanan khas Medan. Makanan ini sering menjadi oleh-oleh para pelancong, baik dari dalam maupun luar negeri. 

Banyak wisatawan yang datang membeli semua jenis bolu gulung ini, karena makanan yang satu ini memiliki beragam rasa, mulai dari cokelat, stroberi, keju, vanila, tiramisu, dan lain sebagainya.

Menariknya dari kue ini adalah lembut, tahan lama, terjangkau, mudah dibawa jika saat berpergian dengan pesawat terbang. 

Dengan alasan itulah membuat bolu gulung kian populer. Sajian bolu gulung khas Medan dapat ditemukan di daerah Sekip, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan.

Bolu GulungBolu gulung oleh-oleh khas Medan. (Foto: Bukalapak)

5. Babi Panggang Karo

Babi panggang Karo (BPK) adalah salah satu makanan khas di Medan, Sumatera Utara. 

Meski dipanggang, namun citarasa makanan khas Karo ini tidak terasa pahit. 

Beberapa rumah makan khas Karo banyak menyediakan BPK dengan citarasa daging yang manis.

Makanan yang terdapat di sekitar Padang Bulan dan Jalan Jamin Ginting, Medan ini sangat cocok dimakan pada siang hari. BPK paling cocok disantap sembari ditemani sambal getah dan soda khas Pematang Siantar, Sumatera Utara, Soda Badak.

Babi Panggang KaroBabi Panggang Karo. (foto: picbear.org)

Baca juga:



Berita terkait
Kabuto dan Enam Makanan Khas Kendari
Kota Kendari memiliki beberapa makanan khas yang menggugah selera, dijamin bakal memanjakan lidah.
Sagu Lempeng dan Tiga Kuliner Khas Wamena
Selain terkenal dengan lembah beliemnya, Kota Wamena juga dikenal dengan Sagu lempeng yang menjadi salah satu kuliner khas.
Soondae dan Empat Kuliner Khas Korea Utara
Salah satu hal yang menjadi daya tarik adalah makanan khas Korea Utara, seperti Soondae.
0
Pengamat Sebut Gerindra Bisa Jadi Koalisi-Kritis
Apabila Gerindra bergabung ke pemerintahan Jokowi, partai tersebut bisa berperan menjadi koalisi-kritis.