UNTUK INDONESIA
Lima Lobster dengan Nilai Jual Tinggi di Indonesia
Rencana Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo membuka keran ekspor benih lobster menuai pro dan kontra karena lobster komoditas harga tinggi.
Lobster. (Foto: today.line.me)

Jakarta - Rencana Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo membuka keran ekspor benih lobster dengan mencabut Peraturan Menteri Nomor 56 tahun 2016 Tentang Larangan Penangkapan Lobster menuai pro dan kontra publik, termasuk protes dari eks Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Pasalnya, hewan yang masuk dalam Filum Arthropoda ini tergolong komoditas yang mempunyai nilai atau harga tinggi jika di ekspor dalam ukuran siap panen, bukan diekspor saat masih menjadi bibit lobster.

Indonesia sendiri punya berbagai jenis lobster dengan nilai jual tinggi. Tapi, kira-kira lobster jenis apa saja yang masuk kategori termahal dengan nilai jual tinggi?

Lobster MutiaraLobster Mutiara. (Foto: www.twipu.com/BKIPMPadang)

1. Lobster Mutiara

Memiliki nama latin Panulirus Ornatus, lobster Mutiara menjadi salah satu lobster paling favorit masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak lobster ini memiliki tekstur daging lembut, hingga membuat siapa saja yang menikmatinya tidak bisa lupa akan kelezatan rasanya.

Pembawa acara kenamaan Indonesia Deddy Corbuzeir pun rela merogoh kocek hingga Rp 2,7 juta hanya untuk menyantap satu porsi hidangan lobster Mutiara.

Di pasaran harga hewan berwarna hijau dengan corak totol putih itu dibandrol dengan harga sekitar Rp 1 juta per kilogram.

Susi Pudjiastuti mengatakan lobster Mutiara dengan berat kira-kira 1,2 sampai 1,4 kilogram dihargai minimal Rp 5 juta per kilogramnya. 

"Bibitnya diambil dr Laut diekspor ke Vietnam per ekor cuma Rp 139.000. Bener kita harus ekspor bibitnya??Apa tidak lebih baik tunggu besar&jual dg harga lebih dr 30Xnya ???" kata Susi seperti dikutip Tagar dalam akun Twitter @susipudjiastuti, Selasa, 16 Desember 2019.

Baca juga: Kata Susi Harga Benih Lobster Lebih Gede dari Harley

Lobster BambuSeorang nelayan memperlihatkan lobster bambu hasil tangkapannya di Desa Gunung Kerambil, Tapaktuan, Minggu, 11 Juli 2010. (Foto: Antara/Irwansyah Putra)

2. Lobster Bambu

Bentuk lobster Bambu hampir mirip dengan lobster Mutiara. Namun, yang membedakan satwa laut bernama latin Panulirus Versicolor ini adalah motif garis putih pada keseluruhan kakinya. Di wilayah Jakarta, lobster Bambu dihargai Rp 750.000 per kilogram.

Lobster PakistanLobster Pakistan. (Foto: agromaret.com)

3. Lobster Pakistan

Nama sih berbau negara di Asia Selatan, tapi lobster Pakistan ternyata lobster yang banyak ditemukan di perairan Jawa Timur seperti di Lamongan dan Sumenep.

Punya nama ilmiah Panulirus Polypagus, fauna habitat perairan laut dangkal ini dibandrol kisaran harga Rp 300.000 hingga Rp 700.000 per kilogramnya.  

Lobster PasirLobster Hijau Pasir. (Foto: Twitter/@HumasBKIPM_

4. Lobster Pasir

Lobster Pasir tak hanya ditemukan di perairan Indonesia saja, tapi banyak ditemukan juga di wilayah Pasifik Selatan. Bernama latin Panulirus Homarus, lobster ini disebut-sebut mempunyai daya tahan hidup yang cukup baik. Sebab, hewan ini menempati daerah dengan karakteristik ombak besar dan berpasir.

Di tangan nelayan, seekor lobster pasir ukuran 1.000 gram dihargai sekitar Rp 700.000 dalam kondisi masih hidup atau segar.

Lobster KipasLobster Kipas Merah. (Foto: Twitter/@BKIPMsaumlaki)

5. Lobster Kipas

Tokopedia, harga fauna pesisir pantai atau lobster Kipas dibandrol dengan harga Rp115.000 per 200 gram.Di laman platform e-commerce Tokopedia, harga fauna pesisir pantai atau lobster Kipas dibandrol dengan harga Rp115.000 per 200 gram.

Walaupun secara estetika tidak memiliki bentuk yang menarik, lobster dengan nama ilmiah Thenus orientalis itu ternyata menjadi salah satu komoditas laut yang menarik dari sudut pandang keekonomian. []


Berita terkait
7 Lobster Laut Jumbo, Ada Berbobot 23,3 Kilogram
Bukan rahasia lagi kalau lobster merupakan bahan menu makanan terlezat dan termahal di dunia.
Susi Beberkan Alasan Larangan Ekspor Benih Lobster
Rencana Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mencabut kebijakan larangan ekspor benih lobster era Susi Pudjiastuti menuai pro dan kontra.
Edhy Lihat 3 Hal Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengatakan opsi mencabut kebijakan larangan ekspor benih lobster belum sampai pada keputusan final.
0
Relaksasi Kredit, Bank di Daerah Masih Saja Menagih
Presiden Jokowi membuat kebijakan relaksasi kredit saat pandemi Covid-19, praktiknya petugas bank milik negara masih ada yang menagih bunga kredit.