UNTUK INDONESIA
Lima Kuliner Tradisional Indonesia dengan Nama Unik
Kuliner tradisional Indonesia telah dikenal dengan kelezatan dan keunikannya, tapi apa sudah ada mencicipi kuliner dengan nama yang aneh di telinga
Lima Kuliner Tradisional Indonesia dengan Nama Unik. (Foto: Instagram/seputarsemarang)

Jakarta - Indonesia memiliki banyak kuliner tradisional dengan cita rasa lezat dan nikmat. Selain itu, beberapa kuliner di Indonesia diketahui memiliki nama yang unik. 

Bukan sembarang nama yang diberikan, namun memiliki arti dan sejarah tersendiri. Apa saja makanannya? Berikut Tagar rangkumkan dari berbagai sumber lima makanan dengan nama yang unik dan lucu.

1. Sate Kere

Sate KereLima Kuliner Tradisional Indonesia dengan Nama Unik. (Foto: Instagram/voilajogja)

Solo, Jawa Tengah memiliki kuliner khas bernama sate kere yang memiliki arti sate miskin. Julukan itu didapatkan karena ukuran sate yang lebih kecil dengan isi ampas tempe dan jeroan sapi.

Penyajian sate kere sama seperti sate-sate pada umumnya. Sate ini diolah dengan cara dibakar dan disiram menggunakan bumbu kacang. Lebih nikmat lagi jika disantap saat lagi hangat-hangatnya.

2. Nasi Kentut

Nasi KentutLima Kuliner Tradisional Indonesia dengan Nama Unik. (Foto: Instagram/ngilerlaper_)

Kuliner yang satu ini sangat populer di daerah asalnya Medan. Nasi kentut terbuat dari bahan utama daun kentut atau sembukan. Disebut daun kentut karena baunya seperti kentut manusia. 

Nasi kentut disantap dengan berbagai macam lauk pauk seperti ikan pepes, ayam goreng, tahu atau tempe goreng dan tak ketinggalan sambal.

3. Tahu Gimbal

Tahu GimbalLima Kuliner Tradisional Indonesia dengan Nama Unik. (Foto: Instagram/seputarsemarang)

Semarang memiliki kuliner khas dengan nama Tahu Gimbal, terdiri dari campuran tahu yang digoreng, kol yang dirajang, tauge, telur serta lontong. Kemudian disajikan dengan siraman bumbu kacang cair menggunakan petis udang. Alasan disebut gimbal karena gorengan terbuat dari udang tampak seperti rambut gimbal. 

4. Kerupuk Melarat

Kerupuk MelaratLima Kuliner Tradisional Indonesia dengan Nama Unik. (Foto: Instagram/ nitip_si_enok)

Jika kamu berkunjung ke Cirebon, mungkin akan menemukan kerupuk melarat. Berbeda dengan kerupuk lainnya, kerupuk ini tidak diolah menggunakan minyak, melainkan dengan pasir yang dibersihkan terlebih dahulu. 

Warna kerupuk ini mencolok seperti merah, kuning, hijau, dan pink. Agar semakin nikmat biasanya disajikan bersama sambal asam.

5. Singkong Bajingan

Singkong BajinganLima Kuliner Tradisional Indonesia dengan Nama Unik. (Foto: Instagram/noeniex_noe)

Singkong bajingan salah satu kuliner khas asal Temanggung. Dulunya, kudapan ini merupakan makanan mewah, hanya disajikan untuk para penarik gerobak tradisional di Temanggung.

Untuk cita rasa, singkong bajingan memiliki rasa manis yang berasal dari gula Jawa serta bertekstur lembut. Aroma kenikmatan semakin bertambah dengan campuran santan serta daun pandan. []

Berita terkait
Lima Kuliner Sidoarjo Buat Lidah Bergetar
Ada beberapa kuliner unik dapat ditemui saat berkunjung atau liburan ke Sidoarjo, Asal Saiful Ilah yang ditangkap OTT KPK itu. Berikut ulasannya.
Icip-icip Kelezatan Lima Kuliner Khas Pulau Natuna
Natuna, namanya sedang ramai dibicarakan, perebutan dengan Cina isu yang kian menghangat. Sebelum itu, icip-icip kelezatan kulinernya dulu.
Rekomendasi Kuliner Soto Semarangan Saat Musim Hujan
Soto Semarangan, kuliner yang cocok direkomendasikan saat musim hujan saat kondisi kurang fit, kandungan rempahnya akan menghangatkan badan.
0
Denny Siregar: Ketipu Raja Sejagat dan Sunda Empire
Baca tentang kasus Keraton Agung Sejagat Purworejo dan Sunda Empire, saya jadi pengen cerita sedikit. Tulisan Denny Siregar.