UNTUK INDONESIA
Lima Kuliner Sidoarjo Buat Lidah Bergetar
Ada beberapa kuliner unik dapat ditemui saat berkunjung atau liburan ke Sidoarjo, Asal Saiful Ilah yang ditangkap OTT KPK itu. Berikut ulasannya.
Martabak VIP Sidoarjo. (Foto: Instagram/sidoarjokuliner)

Jakarta - Daerah yang dipimpin Bupati Sidoarjo Saiful Ilah memiliki beragam kuliner membuat lidah bergetar. Sehingga, hal itu dapat membuat daya tarik wisatawan domestik hingga mancanegara untuk mencicipi kelezatan dari makanan yang ada di sana.   

Seperti yang dirangkumkan Tagar, ada beberapa kuliner unik dapat ditemui saat berkunjung atau liburan ke Sidoarjo, sebagai berikut:

1. Depot Langgeng Sidoarjo

Depot Langgeng SidoarjoDepot Langgeng Sidoarjo. (Foto: Instagram/sidoarjokuliner)

Tempat kuliner ini melegenda di Sidoarjo karena telah berdiri pada era 70-an. Sop buntut menjadi menu populer di sana dan sudah pasti cita rasanya sangat lezat dan nikmat, sehingga siapa saja yang mencicipinya merasa ketagihan. 

Makanan berkuah bening itu, disajikan dari campuran buntut sapi goreng dengan irisan timun, cabe merah, bawang goreng, daun selada.

Kenikmatan sop buntut ini sudah tidak perlu diragukan, karena rasa kaldu sapinya sangat terasa dan tidak menimbulkan rasa muak atau enek. 

Selain sop buntut, ada juga menu lainnya seperti buntut goreng, buntut penyet, dan rawon buntut. Jangan khawatir, harga makanan ini tidak akan merobekan kantong, yaitu hanya Rp 35.000.

2. Ote-ote Porong

Ote-ote PorongOte-ote Porong. (Foto: Instagram/sidoarjokuliner)

Makanan yang satu ini cukup terkenal. Jika orang Jakarta menyebutnya bakwan atau bala-bala, tapi orang Surabaya menamakan kuliner ini dengan Ote-Ote Porong.

Jajanan sejenis gorengan ini memiliki banyak varian dengan beraneka isian seperti jamur tiram, rumput laut, daging ayam hingga daging babi. Makanan ini sangat cocok disantap dengan cabai rawit hijau, sehingga menambah kelezatan dan kegurihan dari Ote-ote Porong. 

3. Ceker Lapindo

Ceker LapindoCeker Lapindo. (Foto: Instagram/sidoarjokuliner)

Ceker Lapindo berada di kabupaten Sidoarjo. Bagi Anda penikmat olahan ceker, tempat ini bisa jadi rekomendasi ketika berkunjung ke daerah tersebut.

Jika ingin menyantap kuliner tersebut, Anda bisa pergi ke Alun-alun Sidoarjo. Makanan ini memiliki varian rasa diantaranya rasa soto, balado, gule, sop, dan lain sebagainya. 

4. Martabak VIP Sidoarjo

Martabak VIP SidoarjoMartabak VIP Sidoarjo. (Foto: Instagram/sidoarjokuliner)

Martabak VIP Sidoarjo bisa menjadi salah satu rekomendasi bagi pencinta kuliner yang empuk dan manis.

Tak hanya cita rasa manis yang bisa Anda cicipi. Ada juga martabak telor sapi yang menjadi menu andalan, karena ditaburi dengan saus sambal dan juga sambal Bolognese yang biasanya dipakai untuk spagheti.

Kenikmatan martabak telor sapi ini juga karena ada daging sapi di dalamnya dan di atas saus spaghetinya ada irisan dagingnya. 

Martabak manis original kacang keju dan martabak red velvet coklat keju juga tersedia. Makanan yang lembut dan tidak terlalu manis itu dijual berkisaran 29-35 ribu 1 porsi.

5. Mie Setan

Mie SetanMie Setan. (Foto: foody.id)

Berkunjung ke Sidoarjo tidak lengkap rasanya, jika tidak mencicipi kuliner mie setan ini yang berada di Jalan Raya Taman Pinang Indah, Banjarbendo, Sidoarjo. 

Makanan ini selalu menjadi buruan para penikmat kuliner yang ingin merasakan sensasi pedas menggoda.

Pengunjung akan ditantang 3 pilihan menu yakni, mie angel, mie setan, dan mie iblis. Ketiganya memiliki level pedas yang berbeda. Mie setan dapat dipesan sampai dengan level 5. Sementara, mie iblis rasa pedasnya menggoda. Namun, mie angel rasanya tidak pedas. []

Baca juga:

Berita terkait
Icip-icip Kelezatan Lima Kuliner Khas Pulau Natuna
Natuna, namanya sedang ramai dibicarakan, perebutan dengan Cina isu yang kian menghangat. Sebelum itu, icip-icip kelezatan kulinernya dulu.
Resep Ayam Tuturaga Kuliner Khas Natal dari Manado
Ayam tuturaga menjadi sajian tersendiri untuk Natal dan tahun baru di Manado, mau tahu resepnya?
Rekomendasi Kuliner Kaki Lima di Malam Tahun Baru
Menyantap kuliner kaki lima di malam tahun baru selalu menjadi pilihan menarik, harga pas di kantong menambah syahdu saat menyantap makanan.
0
Kronologi Bus Kecelakaan di Subang, 8 Tewas
Bus pariwisata mengalami nahas di Subang, Sabtu petang, 18 Januari 2020. 8 penumpangnya tewas.