UNTUK INDONESIA
Icip-icip Kelezatan Lima Kuliner Khas Pulau Natuna
Natuna, namanya sedang ramai dibicarakan, perebutan dengan Cina isu yang kian menghangat. Sebelum itu, icip-icip kelezatan kulinernya dulu.
Icip-icip Kelezatan Lima Kuliner Khas Pulau Natuna. (Foto: Instagram/ mulkanhutabarat)

Jakarta - Natuna, salah satu kepulauan terluar di Indonesia. Pulau ini memiliki keindahan alam yang menawan dan ragam kuliner yang menggugah selera. 

Kuliner khas tradisional masyarakat Natuna kental dengan bahan baku lokal, seperti hasil laut dan sagu.

"Indonesia memang dikenal kaya akan ragam macam kebudayaannya, setiap daerah memiliki makanan khas yang kaya akan citarasa berbeda antara satu dengan lainnya," ucap Menteri Pariwisata Arief Yahya beberapa waktu lalu.

Berikut Tagar kumpulkan kuliner khas Natuna yang wajib dicicipi.

1. Kernas

KernasIcip-icip Kelezatan Lima Kuliner Khas Pulau Natuna. (Foto: Instagram/ mulkanhutabarat)

Kernas atau kasam merupakan nugget yang dibuat dari ikan tuna atau tongkol segar, kemudian dihaluskan dengan campuran bahan khusus yaitu sagu butir, atau yang biasa disebut sagu lemak oleh masyarakat melayu setempat.

Nugget asli natuna rasanya enak dan gurih, bentuknya berkeping-keping. Ada buliran sagu di dalam maupun permukaan. Biasanya disajikan sebagai makanan ringan dan dicocol saus rasa segar dan pedas.

2. Tabel Mando

Tabel MandoIcip-icip Kelezatan Lima Kuliner Khas Pulau Natuna. (Foto: Instagram/denny_mx)

Tabel mando kadang disebut tipeng mando, dan sebagian anak muda sekarang menyebutnya pizza natuna. Berbentuk bulat pipih, layaknya pizza bergaya Italia.

Bahan utama makanan khas natuna tabel mando dari sagu bulir dan seafood. Bahan campurannya bisa berupa ikan tongkol, tuna, kepiting atau gurita. 

Bisa menggunakan bahan tambahan seperti kelapa muda yang di parut dan bumbu-bumbu halus disajikan dengan sambal khusus.

3. Latoh Silong/Shasimi Natuna

Latoh SilongIcip-icip Kelezatan Lima Kuliner Khas Pulau Natuna. (Foto: Istimewa)

Latoh silong bukan masakan tetapi makanan khas yang berasal dari tumbuh-tumbuhan Laut Natuna. Makanan ini disajikan mentah seperti shashimi Jepang.

Berasal dari tumbuhan laut yang disebut latoh atau anggur laut. Biasanya disajikan dengan sambal sederhana cabai hijau. Menambah nikmat, ketika kita makan latoh silong natuna. 

Latoh Silong juga dipercaya sangat baik untuk kesehatan, karena berasal dari tumbuhan alami yang kaya manfaat.

4. Bubo Pedies/Bubur Pedas

Bubur PedasIcip-icip Kelezatan Lima Kuliner Khas Pulau Natuna. (Foto: natunaterkini)

Bubur pedas merupakan kuliner legendaris masyarakat Melayu, warisan Kesultanan Deli, sejak tahun 1909. Penyebarannya dari Medan, Riau, hingga Sambas Kalimantan Barat. 

Kuliner ini salah satu makanan yang wajib untuk dicicipi pada setiap datangnya bulan suci Ramadan. Tidak hanya lezat tapi juga bisa menjadi makanan penghangat tubuh. 

Bubur khas Melayu ini memiliki rasa dan aroma yang sangat khas, sehingga membuat bubur pedas ini tidak hanya enak tapi juga menyehatkan.

5. Cikong

CikongIcip-icip Kelezatan Lima Kuliner Khas Pulau Natuna. (Foto: fastly.4sqi)

Kalau ingin meminum yang segar-segar bisa mencoba Cikong. Minuman berisikan kacang tanah, kacang hijau, kolang Kaling, santan, agar2 dan sirup. 

Minuman ini masih bisa ditemui di beberapa warung makan yang ada di Ranai dan beberapa kecamatan di Kabupaten Natuna. []

Berita terkait
Rekomendasi Kuliner Soto Semarangan Saat Musim Hujan
Soto Semarangan, kuliner yang cocok direkomendasikan saat musim hujan saat kondisi kurang fit, kandungan rempahnya akan menghangatkan badan.
Kaleidoskop Kuliner Artis Hits Sepanjang 2019
Kuliner salah satu bisnis yang menjanjikan, tak mengherankan banyak artis atau publik figure yang menekuni bisnis ini, berikut Tagar rangkumkan.
Enam Kuliner Tradisional Favorit dari Bogor
Kuliner tradisional khas Bogor selalu berhasil mengugah selera, berikut Tagar bagikan daftar makanan Kota Hujan yang dikenal dengan kelezatannya.
0
5 Game Android yang Cocok Buat Ngabuburit
Dari pada bosan, tidak ada salahnya kita ngabuburit alias menunggu buka puasa sambil bermain game.