UNTUK INDONESIA
6 Spot Kuliner Halal di Bali, Rasanya Maknyos Abis
Bali memang salah satu tempat wisata yang memukau di Indonesia. Berikut Tagar rangkumkan 6 spot kuliner halal di Pulau Dewata.
The Halal Boys, Petitenget. (Foto: Instagram/hehalalboys)

Jakarta - Bali memang salah satu tempat wisata yang memukau di Indonesia. Tidak hanya wisata alam, kuliner yang ditawarkan mampu mengoyang lidah setiap wisatawan. Tak salah jika selalu menjadi tempat favorit ketika berlibur.  

Meski Pulau Dewata, sebutan Bali, didominasi masyarakat yang beragama Hindu, namun sekitar 12 persen penduduknya adalah kaum muslim.

Selain rumah makan Padang menyajikan masakan halal, ada pilihan tempat makan yang mengolah makanan tanpa menggunakan unsur alkohol ataupun babi. Pilihannya bervariasi dari menu cita rasa khas Indonesia sampai Timur Tengah.

Berikut Tagar rangkumkan dari berbagai sumber enam spot kuliner halal yang bisa dinikmati saat bertandang ke Bali.

1. The Halal Boys, Petitenget

The Halal BoysThe Halal Boys, Petitenget. (Foto: Instagram/hehalalboys)

Bila pernah berburu sajian halal di New York, tentu sudah tidak asing dengan streetfood yang satu ini. 

Saat ini, The Halal Boys Petitenget salah satu cafe yang sedang disukai anak milenial. Tempatnya nyaman dan cozy dengan tampilan warna kuning disekelilingnya dan nampak eye catching.

Menu makanannya terdiri dari olahan domba dan ayam terlihat menggiurkan dipadu dengan racikan bumbu khas Timur Tengah. 

Ada tiga pilihan menu yang dapat dinikmati, yakni lamb over rice, chicken over rice dan half and half over rice. 

Lamb over rice merupakan sajian nasi dengan daging domba, ditambah saus pedas merah, mayonaise, daun selada serta pita bread khas Timur Tengah.

Sedangkan chicken over rice, daging dombanya diganti dengan daging ayam dengan tambahan nasi, saus pedas merah, mayonaise, sedikit daun selada dan pita bread. Half and half over rice, daging domba dan daging ayam berada dalam satu menu.

The Halal Boys

  • Lokasi: Jalan Petitenget No. 8M, Kerobokan, Bali
  • Telepon: 0819 1649 1454
  • Harga: Rp 67.000

2. Bale Udang Mang Engking

Bale Udang Mang EngkingBale Udang Mang Engking. (Foto: Instagram/nomnombali)

Kalau ingin menikmati hidangan khas Indonesia, khususnya Sunda, dengan suasana tradisional yang begitu alami dan adem, bisa menyambangi Bale Udang Mang Engking yang dilengkapi dengan saung-saung terapung di tepi danau.

Jaraknya sekitar lima menit dari Pantai Kuta. Dekorasinya menarik, bernuansa pedesaan dengan penggunaan bambu dan jerami seakan membawa jauh dari hiruk-pikuk Kuta.

Menu yang disajikan adalah bermacam sajian yang berbahan utama udang yang pastinya wajib untuk dicicipi. 

Ada beragam pilihan suguhan udang dari yang dibakar, digoreng, dikukus, dijadikan sup, disajikan dengan saus Padang, dan masih banyak olahan lainnya.

Kalau ingin mencoba menu yang lain, Bale Udang Mang Engking juga menyajikan menu daging sapi, ayam dan bebek.

Bale Udang Mang Engking

  • Lokasi: Jalan Nakula No.88, Sunset Road, Kuta dan Jalan. Raya Goa Gajah, Banjar Teges Kanginan, Desa Peliatan, Ubud.
  • Telepon: 0361-882 2000 (Kuta), 0361-978 754 (Ubud)
  • Harga: Mulai dari Rp 30.000 sampai Rp 130.000
  • Jam Operasional: 11.00-22.00

3. Jempiring Restaurant

Jempiring RestaurantJempiring Restaurant. (Foto: Instagram/astondenpasar)

Jempiring Restaurant berada di Aston Denpasar Hotel and Convention Center, di Jalan Gatot Subroto, merupakan Aston Hotel pertama di Indonesia dengan sertifikat halal.

Setiap bulannya, restoran dengan perpaduan menu klasik dan modern ini menawarkan promo menu tematik dan spesial bagi para pengunjungnya. 

Salah satunya Grilled Chicken and Biryani Rice yang sangat bernuansa Timur Tengah. Bagi penggemar racikan masakan Italia, setiap hari Kamis, disajikan tema Italiano, bisa menikmati aneka pasta, dari spaghetti, cannelloni, lasagna, ravioli, dan sebagainya.

Menu Western yang disajikan cita rasanya sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia, sehingga siapapun bisa menikmatinya. 

Restoran ini juga memiliki tiga minuman spesial yang selalu jadi favorit, yaitu Green Temptation, Massali Lassi Cooler, dan Greeno Mojito.

Jempiring Restaurant

  • Lokasi: Aston Denpasar Hotel and Convention Center, Jl. Gatot Subroto Barat, Denpasar Utara, Bali
  • Telepon: 0361-411 999
  • Jam Operasional: 07.00 – 23.00

4. Ayam Bakar Wong Solo, Kuta

Ayam Bakar Wong SoloAyam Bakar Wong Solo, Kuta. (Foto: wongsolobali)

Ayam goreng selalu jadi menu favorit karena hampir semua orang di seluruh dunia menyukainya, termasuk dengan orang Indonesia.

Salah satu hidangan ayam goreng yang popular di Indonesia adalah Ayam Penyet, disajikan dengan cara dipenyet alias diremukkan bersama bumbu sambal yang khas.

Meskipun nama restorannya adalah Ayam Bakar Wong Solo, namun justru Ayam Penyet dengan kelezatannya yang mampu mencuri perhatian. Restoran yang berasal dari Solo ini sekarang sudah bisa ditemukan di seluruh Indonesia, termasuk di Bali.

Ayam Penyet di Wong Solo disajikan dengan sambal yang pedas, irisan ketimun, tahu goreng, serta nasi putih yang masih panas.

Restoran ini mengusung konsep yang terbilang unik, perpaduan antara unsur tradisional Jawa dengan nuansa modern yang funky.

Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo

  • Lokasi: Jalan Raya Kuta Tuban No.87, Kuta, Bali
  • Telepon: 0361-763 487
  • Harga: Paket mulai dari Rp 28.000
  • Jam Operasional: 08.00-20.00

5. Warung Nikmat, Kuta

Warung NikmatWarung Nikmat, Kuta. (Foto: Instagram/tarinajha)

Jika jenuh dengan makanan yang disajikan di restoran yang mewah, tak ada salahnya mencoba makan di warung seperti masyarakat lokal.

Di antara beberapa warung yang banyak terdapat di Bali, ada Warung Nikmat. Tempat ini menyajikan berbagai pilihan masakan Jawa sampai Nasi Campur bisa ditemukan di sini. 

Dan apapun yang dipesan, tidak satupun yang bakal mengecewakan. Karena sesuai dengan namanya, tempat ini menyajikan menu yang menggoyang lidah dengan cita rasa yang nikmat.

Warung Nikmat

  • Lokasi: Jalan Bakung Sari, Gg. Biduri No.5, Kuta, Bali
  • Telepon: 0361-764 678
  • Harga: Mulai dari Rp 15.000
  • Jam Operasional: 08.30-21.00

6. Nyoman Cafe, Jimbaran

Nyoman CafeNyoman Cafe, Jimbaran. (Foto: Instagram/lysaputra)

Liburan ke Bali rasanya belum lengkap jika belum merasakan sajian seafood di Jimbaran. Banyaknya deretan restoran di sepanjang pesisir pantai dengan sajian hidangan laut segar dengan harga terjangkau, tentunya membuat bingung memilih yang mana.

Nyoman Café bisa menjadi rekomendasi. Tempat ini terkenal dengan berbagai hidangan udang dan kerang segar yang disajikan bersama saus tomat dan bawang putih ataupun saus pedas.

Jika tidak menyukai makanan pedas, bisa memesan udang atau ikan kakap dengan garlic butter. Semua makanan tersebut tentu akan lebih sempurna jika ditemani es kelapa muda.

Nyoman Café juga tempat yang pas untuk dinner romantis berdua pasangan. Bisa menikmati makan malam di tepi pantai sambil diiringi oleh para pemusik yang memainkan lagu-lagu cinta

Nyoman Café

  • Lokasi: Jalan Pantai Jimbaran No.5, Jimbaran, Kuta, Bali
  • Telepon: 0361-855 3963
  • Harga: Mulai dari Rp 30.000 sampai Rp 500.000
  • Jam Operasional: 11.00-23.00
Berita terkait
Kemiripan Kuliner Jepang dan Kuliner Indonesia
Memiliki akulturasi yang berbeda, ternyata dari segi kuliner atau makanannya, Indonesia dan Jepang punya kemiripan.
Stinky Tofu dan Empat Kuliner Kekinian Khas Taiwan
Taiwan salah satu destinasi wisata luar negeri favorit. Tidak jarang orang Indonesia menyambangi negara yang dijuluki naga kecil asia.
Lima Kuliner Minangkabau Kampung Halaman Nadiem Makarim
Nadiem Makarim memiliki darah Minangkabau dari sang kakek Anwar Makarim. Kampung halaman pendiri Gojek ini dikenal dengan kuliner pedasnya.
0
Khofifah: May Day Risiko Besar Penularan Covid-19
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meminta kepada buruh untuk tidak turun ke jalan memperingati May Day Hari Buruh Internasional.