UNTUK INDONESIA
Lima Kuliner Jalanan Khas Jombang
Daerah asal Salahuddin Wahid atau akrab disapa Gus Sholah di Jombang, Jawa Timur memiliki banyak kuliner Jalanan lezat.
Ketan Merdeka khas Jombang. (Foto: jombangcityguide.blogspot.com)

Jakarta - Kabupaten Jombang, Jawa Timur, daerah asal mendiang Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Salahuddin Wahid atau akrab disapa Gus Sholah ternyata menyimpan kuliner khas yang lezat.

Beragam jenis makanan atau minuman di daerah tersebut bisa menggugah selera dan menggoyangkan lidah para pengunjung yang berwisata kuliner di sana.

Berikut Tagar rangkumkan kuliner khas Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

1. Sego Sadukan

Sego SadukanSego Sadukan khas Jombang. (Foto: jombangcityguide.blogspot.com)

Sego sadukan menjadi kuliner khas dari Jombang, Jawa Timur yang wajib dicicipi. Makanan tersebut mirip dengan nasi bungkus pada umumnya karena dibungkus menggunakan daun pisang. 

Isi dari sego sadukan ini terdiri dari nasi, mie, tahu, tempe yang diiris kecil, serta ikan teri. Tak perlu khawatir, di sana ada menu pendamping lainnya untuk melengkapi sensasi kelezatan kuliner khas Jombang itu. 

Kenikmatan makanan ini terletak pada sambal super pedasnya yang bisa membuat lidah bergetir dan nafsu makan meningkat saat melahap penganan yang satu ini. 

Meski menunya sederhana, cita rasa yang diberikan oleh sego sadukan begitu menawan dan menjadi salah satu kuliner paling banyak diburu oleh wisatawan.

2. Pecel Rengkek

Pecel RengkekPecel Rengkek khas Jombang. (Foto: jombangcityguide.blogspot.com)

Pecel Rengkek dikenal sebagai makanan khas Jombang yang harus dicicipi ketika mengunjungi daerah tersebut. Kuliner ini terdiri dari nasi dan dilengkapi dengan beragam sayur-sayuran, seperti tauge, bayam, kangkung, daun pepaya, timun, dan lain-lain. 

Semua komposisi makanan itu diletakkan dalam wadah dan nantinya diguyur dengan bumbu kacang, serta sambal khas Jombang yang bakal memanjakan lidah. Tidak lupa rempeyek kacang atau udang akan menambah kesempurnaan kuliner tersebut. 

3. Tahu Pong Gloria

Tahu Pong GloriaTahu Pong Gloria khas Jombang. (Foto: deskgram.org)

Tahu Pong menjadi kuliner yang terkenal di daerah Jombang, Jawa Timur. Jadi belum lengkap rasanya saat berkunjung ke daerah itu tidak mencicipi makanan berbahan dasar kedelai ini.

Kuliner tersebut bisa ditemukan di daerah Sawahan, Jogoroto, Jombang. Di tempat itu terdapat gerai tahu populer yang menyajikan tahu pong gloria. 

Satu box tahu pong dibanderol dengan harga Rp 40.000, dan di sana juga tersedia kerupuk tahu yang bisa melengkapi kelezatan makanan tersebut. 

4. Ketan Merdeka

Ketan MerdekaKetan Merdeka khas Jombang. (Foto: jombangcityguide.blogspot.com)

Ketan merdeka juga memang dikenal sebagai salah satu kuliner khas Jombang yang sudah populer. Jenis ketan yang disediakan beragam, mulai dari ketan hitam, ketan putih, dan masih banyak yang lainnya.

Penyajian makanan ini dilengkapi dengan dua macam bubuk yang berbeda warna dan ditaburi parutan kelapa. Jika berkunjung ke Jombang, Jawa Timur, dianjurkan untuk mencicipi makanan khas yang biasa dijadikan untuk sarapan ini. 

Kuliner tersebut bisa ditemukan di Jalan Gusdur, Candi Mulyo, Jombang, Jawa Timur. Biasanya, warung kuliner legendaris itu buka dari pukul 05.30 WIB sampai habis.

5. Es Degan atau Es Degdur 

Es DeganEs Degan atau Es Degdur khas Jombang. (Foto: telapakjombang.blogspot.com)

Es degan atau es degdur (degan durian) memang  minuman segar khas Jombang, Jawa Timur yang patut dicicipi saat wisatawan menginjakkan kaki ke daerah tersebut. 

Minuman ini sama seperti es kelapa pada umumnya, tetapi salah seorang penjual membuat inovasi baru dengan menambahkan buah durian menjadi pelengkapnya.

Harga satu gelas es degan atau es degdur ini dibanderol Rp 5.000 saja. Selain murah, rasa dan sensasi segarnya es tersebut tentu mampu meredakan dahaga penikmatnya. []

Baca juga:

Berita terkait
5 Makanan Khas Malang Cocok Saat Liburan Akhir Tahun
Liburan akhir tahun ke Malang lebih seru ketika mencicipi kuliner daerah tersebut.
Makanan Khas Tempat Helmi Yahya Studi di AS
Helmi Yahya mengenyam pendidikan tingkat S2-nya di Amerika Serikat, dan di sana memiliki banyak hal menarik, tak terkecuali makanan khasnya.
Dayok Nabinatur, Makanan Khas Orang Simalungun
Ayam dalam adat Simalungun, hewan yang istimewa. Karena dahulu ayam hanya diperuntukkan untuk para kaum bangsawan.
0
Khofifah: May Day Risiko Besar Penularan Covid-19
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meminta kepada buruh untuk tidak turun ke jalan memperingati May Day Hari Buruh Internasional.