UNTUK INDONESIA
Lima Kapanewon di Kulon Progo Rawan Bencana Tanah Longsor
BPBD Kulon Progo sudah melakukan pemetaan sejumlah wilayah rawan bencana tanah longsor saat musim hujan. BPBD menyiapkan anggaran Rp 5 miliar.
Bencana tanah longsor di Kulon Progo. (Foto: Tagar/Harun Susanto)

Kulon Progo - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kulon Progo sudah memetakan sejumlah Kapanewon yang rawan terjadi bencana tanah longsor di saat musim hujan. Pemetaaan tersebut sebagai langkah antisipasi BPBD Kulon Progo menghadapi cuaca ekstrem, khususnya fenomena iklim La Nina.

Kepala Pelaksana BPBD Kulon Progo, Ariadi mengatakan pihaknya mulai mempersiapkan antisipasi dalam menghadapi bencana berpotensi terjadi pada musim hujan. Selain itu, kata Ariadi, antisipasi yang dilakukan berdasarkan petunjuk dari Bupati Kulon Progo.

Kabupaten Kulon Progo didominasi wilayah perbukitan.

"Oktober, Kulon Progo sudah mulai memasuki musim hujan. Sementara di pertengahan November, baru memasuki musim penghujan dan puncaknya diperkirakan terjadi pada Desember 2020 sampai dengan Februari 2021," kata Ariadi kepada Tagar, Senin, 19 Oktober 2020.

Baca juga:

Ariadi mengaku selain mempersiapkan logistik untuk penanganan bencana, BPBD Kulon Progo juga berkoodinasi dengan Kodim 0731, Polres, Brimob, Basarnas, organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya. Ariadi mengaku setidaknya ada lima Kapanewon di Kulon Progo masuk rawan bencana tanah longsor.

"Kabupaten Kulon Progo didominasi wilayah perbukitan. Bencana yang sering terjadi yaitu bencana tanah longsor rawan terjadi di Kapanewon Kokap, Girimulyo, Samigaluh, Kalibawang dan sebagian wilayah Pengasih," ucap Ariadi

Sementara itu, Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kulon Progo, Edi Wibowo mengatakan pihaknya telah menyiapkan anggaran dari biaya tak terduga (BTT) tahun 2021 apabila terjadi bencana dengan skala besar di Kulon Progo

"Kami memakai anggaran biaya tak terduga (BTT) tahun 2021 sekitar Rp 5 milyar," tuturnya.[]

Berita terkait
Sinergi OPD Kulon Progo Bangkitkan Pamor Wisata Gua Kiskendo
Pemkab Kulon Progo punya kiat bangkitkan wisata Gua Kiskendo. Lewat gelaran Kiskendo Mrahaswara, potensi OPD disinergikan.
Innalillahi, Janda yang Dibakar di Kulon Progo Meninggal
Perempuan yang dibakar pria di Kulon Progo akhirnya meninggal dunia. Polisi terus mengejar pelaku yang sudah ditetapkan sebagai DPO.
Update Maling Ponsel di Kulon Progo yang Motornya Tertinggal
Maling sukses menggondol ponsel, tapi motornya tertinggal di lokasi kejadian. Kasus ini terjadi di Kulon Progo, Yogyakarta. Ini perkembangannya.
0
Antusiasme Jokowi Resmikan Jembatan Ikonik Teluk Kendari
Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Jembatan Teluk Kendari yang pengerjaannya sejak 2015 lalu. Ini menjadi ikonik sekaligus bermanfaat.