UNTUK INDONESIA
Sinergi OPD Kulon Progo Bangkitkan Pamor Wisata Gua Kiskendo
Pemkab Kulon Progo punya kiat bangkitkan wisata Gua Kiskendo. Lewat gelaran Kiskendo Mrahaswara, potensi OPD disinergikan.
Sendratari yang ditampilkan dalam Kiskendo Mrahaswara, Minggu, 18 Oktober 2020. Lewat gelaran tersebut, Pemkab Kulon Progo berupaya membangkitkan pamor objek wisata Gua Kiskendo. (Foto: Tagar/Harun Susanto)

Kulon Progo - Pemkab Kulon Progo terus berupaya membangkitkan geliat pariwisata di wilayahnya. Salah satu melalui sinergi lintas organisasi perangkat daerah (OPD) di gelaran Kiskendo Mrahaswara di objek wisata Gua Kiskendo, di Kalurahan Jatimulyo, Kapanewon Girimulyo.    

Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo Joko Mursito mengungkapkan di kisaran tahun 1980, Gua Kiskendo menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat terkenal dan menjadi primadona pariwisata Kulon Progo. 

Namun seiring waktu berjalan, banyak wisata baru dan modern yang bermunculan. Belum lagi kondisi pandemi membuat sektor pariwisata benar-benar terpukul. Imbasnya jumlah kunjungan di Gua Kiskendo terus menurun.

”Pada momentum yang bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Kulonprogo ke-69, marwah Kiskendo coba kami bangkitkan dengan gelaran Kiskendo Mrahaswara," kata Joko, Minggu, 18 Oktober 2020.

Banyak OPD yang terlibat, seperti Dinas Pertanian dan Pangan, Dinas Perdagangan, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Dinas Kebudayaan atau Kundha Kabudayaan dan lainnya.

Joko menjelaskan, upaya tersebut dibingkai dengan konsep manunggaling setya mbroyo pariwisata atau nusabrata. Artinya pariwisata harus disengkuyung atau didukung semua pihak agar terukur dan mudah tercapai.

"Banyak OPD yang terlibat, seperti Dinas Pertanian dan Pangan, Dinas Perdagangan, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Dinas Kebudayaan atau Kundha Kabudayaan dan lainnya," tuturnya..

Selain menyinergikan potensi lintas OPD, di gelaran Kiskendo Mrahaswara juga dilakukan uji coba transportasi Damri dengan salah satu rute menuju ke kawasan Kiskendo. Langkah tersebut juga bagian dari sinergi OPD sekaligus mempermudah masyarakat menuju lokasi wisata. 

Baca juga: 

Agenda lainnya adalah launching QRIS, yaitu aplikasi pembayaran restribusi wisata nontunai, penyerahan program Bersih Indah Sehat Aman (BISA) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, peluncuran paket wisata Gua Sumitro, Fam Trip 2020 dan penobatan Dimas Diajeng Kulon Progo 2020.

Bupati Kulon Progo Sutedjo mengucapkan terima kasih kepada OPD yang sudah bersinergi untuk menyelenggarakan kegiatan Kiskenda Mraheswara tersebut. Dengan kerja bareng tersebut diharapkan tingkat kunjungan objek wisata di Kulon Progo, khususnya di Gua Kiskendo bisa meningkat.

"Kegiatan ini adalah bagian ketugasan Tim Produksi Pariwisata Kulon Progo yang berisikan sejumlah OPD. Tugasnya mendongkrak kepariwisataan di Kulon progo, utamanya yang terimbas pandemi Covid-19. Harapannya, bisa memberikan efek yang baik bagi pelaku wisata dan masyarakat sekitar,” imbuhnya. []

Berita terkait
Asram Edupark, Wisata Glamping yang Menyenangkan di Sleman
Bagi wisatawan yang ingin bermalam di Yogyakarta, tak ada salahnya mencoba Asram Edupark, wisata glamping di Sendangadi, Mlati, Sleman.
Desa Gulurejo Potensi Wisata Batik di Kulon Progo
Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel menunjungi sebuah desa yang punya potensi menjadi wisata batik di Kulon Progo, Yogyakarta.
Objek Wisata di Kulon Progo Siap Sambut Wisatawan
Sejumlah objek wisata di Kulon Progo siap menyambut wisatawan. Antara lain Pule Payung dan Gua Kiskendo.
0
Kronologi Kebakaran Tewaskan Nenek di Padang Sumbar
Polsek Lubuk Begalung, Padang belum mengetahui penyebab kebakaran yang menewaskan seorang nenek 90 tahun.