Untuk Indonesia
Lima Destinasi Banyuwangi Bikin Nyesel Kalau Dilewatkan
Dengan julukan The Sunrise of Java, Banyuwangi yang merupakan kabupaten terluas di Pulau Jawa ini menjadi salah satu tujuan wisara bagi pelancong.
Jawatan Benculuk. (Foto: Pinterest/dakatour.com)

Jakarta - Kabupaten Banyuwangi merupakan kabupaten yang terletak di ujung paling timur pulau Jawa. Selain menyandang julukan The Sunrise of Java, Banyuwangi yang menjadi kabupaten terluas di Jawa Timur dan Pulau Jawa ini menjadi salah satu tujuan wisata bagi pelancong domestik maupun mancanegara.

Dimana sajakah tempat yang menjadi tujuan favorit pelancong domestik maupun mancanegara untuk disinggahi? 

Berikut Tagar rangkum tempat wisata yang diincar pelancong versi Trip Advisor Indonesia.

Kawah Gunung IjenKawah Gunung Ijen. (Foto: Instagram/ @banyuwangi_kab)

1. Kawah Ijen

Kawah Ijen adalah sebuah danau kawah yang berada di puncak Gunung Ijen yang memiliki kedalaman 200 meter dengan luas kawah mencapai 5.466 hektar. Danau yang terkenal sebagai danau air asam terbesar di dunia ini berada dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Apa yang membuat beda kawah Ijen dengan kawah lainnya?

Fenomena eternal blue fire atau api biru abadi.

Di sana, pelancong dapat menikmati pemandangan alami fenomena eternal blue fire atau api biru abadi yang sesungguhnya hanya dapat dilihat oleh mata manusia saat tak ada cahaya di dua tempat di dunia yaitu Islandia dan Ijen. Untuk melihat eternal blue fire, pelancong harus sampai kawah Ijen pada waktu ideal yakni pada 2 hingga 4 dini hari.

Baca juga: Horor KKN Desa Penari, Ini Cerita Utuhnya

Selain kawah Ijen, pelancong dapat menikmati pemandangan yang tak kalah memukau seperti puncak Gunung Marapi yang berada di timur Kawah Ijen, Gunung Raung, Gunung Suket, dan Gunung Rante.

Pada Trip Advisor, kawah Ijen berada di urutan pertama dari 52 hal yang dapat dilakukan di Banyuwangi dengan 2.762 ulasan. Salah satu yang memberikan ulasan adalah akun Gregorius Y.

"Sangat tidak terlupakan bis melihat Blue Fire di Kawah Ijen. Menurut pemandu, blue fire tidak selalu dapat terlihat, tergantung cuaca dan waktu. Blue fire hanya dapat dilihat pada waktu dini hari," ujarnya dengan judul ulasan Memburu Blue Fire pada 12 Juli 2019.

Pantai SukamadePantai Sukamade. (Foto: Tripadvisor.com)

2. Pantai Sukamade

Surga penyu di Banyuwangi sebuah julukan bagi Pantai Sukamade yang yang populer bagi para pelancong. Pantai yang terletak di sebuah dusun wilayah Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi ini berlokasi di kawasan Taman Nasional Meru Betiri, searah dengan Pantai Rajekwesi dan Pantai Teluk Hijau.

Kenapa disebut sebagai surga penyu? Pelancong akan disuguhkan dengan pemandangan alam yaitu proses penyu bertelur, penetasan semi alami telur penyu, dan pelepasan tukik (anak penyu) ke laut.

Pada Trip Advisor, Pantai Sukamade mendapat urutan kedua dengan 175 ulasan dari 52 hal yang dapat dilakukan di Banyuwangi.

Pantai Pulau MerahPantai Pulau Merah. (Foto: Tadiobintangtenggara.com)

3. Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah atau Pulo Merah dikenal karena sebuah bukit hijau kecil dengan tanah berwarna merah yang tertutup vegetasi hijau dengan ketinggian sekitar 200 meter, yang terletak dekat bibir pantai.

Pantai yang berlokasi di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi itu dapat dikunjungi dengan berjalan kaki saat air laut surut. Tapi, bukan hanya bukit, di sana pelancong dapat melihat pura tempat warga yang beragama Hindu melaksanakan ibadah ataupun upacara Mekiyis.

Pelancong yang hobby berselancar juga bisa menguji kemampuannya di sana. Sebab, ombak di kawasan Pantai Pulau Merah tergolong cukup tinggi berkisar 3-5 meter yang tentunya menantang dan menjadi salah satu tempat ideal untuk penggemar olahraga selancar.

Pantai Pulau Merah mendapat urutan ketiga dengan 397 ulasan pada 52 hal yang dapat dilakukan di Banyuwangi versi Trip Advisor.

Pantai Teluk HijauPantai Teluk Hijau. (Foto: Sureplus.id)

4. Pantai Teluk Hijau

Green Bay Banyuwangi atau lebih dikenal dengan Pantai Teluk Hijau adalah objek wisata pantai masih 'perawan' yang berada dalam area Taman Nasional Meru Betiri, Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi. Untuk mencapai lokasi, pelancong harus menempuh jarak 90 kilometer dari Kota Banyuwangi.

Tak hanya itu, akses menuju teluk hijau pun tidak mudah. Pelancong harus memilih dua jalur yaitu berjalan kaki dengan melalui jalan yang terjal atau menaiki kapal ikan nelayan dengan 1 motor.

Ketika sampai, pelancong tidak menyesal karena pantai teluk hijau yang berpasir putih masih bersih. Air lautnya pun berwarna hijau kebiruan dengan batu karang yang berjajar di pinggir pantai.

Pantai teluk hijau mendapat 38 ulasan dengan urutan keempat dari 52 hal yang dapat dilakukan di Banyuwangi versi Trip Advisor.

Jawatan BenculukJawatan Benculuk. (Foto: Pinterest/dakatour.com)

5. Jawatan Benculuk

Wisata alam yang tak kalah menarik untuk dikunjungi pelancong adalah Jawatan Benculuk. Wisata alam yang berlokasi di Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi ini dapat ditempuh selama 45 menit berkendara dari kota Banyuwangi.

Di sana, deretan pepohonan trembesi yang rindang akan menjadi suguhan menarik pelancong. Bahkan ada yang menyebut Jawatan Benculuk layaknya Hutan Fangorn yang ada di film Lord of the Rings.

"Sesaat disana, kerasa seperti di film.. Pohon trambesi nya besar besar, sangat rindang dan sejuk," ucap Royhumardhani pada 1 Juni 2019 seperti dikutip dari Trip Advisor.

Wisata alam ini berada di urutan kelima dari 52 hal yang dapat dilakukan di Banyuwangi dengan 41 ulasan versi Trip Advisor. []

Berita terkait
Sejarah Berdirinya Banyuwangi, The Sunrise of Java
The Sunrise of Java merupakan julukan bagi Kabupaten Banyuwangi. Sebagai kabupaten terluas bagaimana sejarah berdirinya Banyuwangi?
Kemarau Panjang, Banyuwangi Kesulitan Air Bersih
BMKG memprediksi wilayah Banyuwangi, Jawa Timur, masih terpapar kemarau hingga Oktober 2019. BPBD telah mendistribusikan air bersih kepada warga.
Hutan di Banyuwangi Terbakar, Penyebabnya Puntung Rokok
Kebakaran lahan terjadi di petak 91 C Resort Pengelolaan Hutan Curahjati, Banyuwangi Selatan, Jwa Timur.
0
Sah! DPR Resmikan Revisi UU KPK Meski Berpolemik
Polemik revisi revisi UU KPK yang masih bergejolak tetap tidak membuat DPR dan pemerintah bergeming. DPR resmi mengsahkan Revisi UU KPK hari ini.