UNTUK INDONESIA
Lima Cara Hilangkan Maskne, Jerawat Akibat Pakai Masker
Dari kebiasaan memakai masker, terkadang muncul jerawat pada dagu, hidung, atau pipi. Atau bisa disebut maskne atau mask acne.
Ilustrasi maskne atau mask acne. (Foto: Ist)

Jakarta - Pandemi mewajibkan tiap individu memakai masker setiap beraktivitas keluar rumah. Dari kebiasaan itu, terkadang muncul jerawat pada dagu, hidung, atau pipi. Masalah pada wajah itu disebut juga maskne atau mask acne.

Dokter spesialis kulit di klinik Uptown Dermatology di Texas, Elizabeth Mullans, MD, mengatakan, maskne terjadi saat keringat atau sebum di wajah bercampur dengan bakteri. "Terperangkap jadi satu di dalam kulit yang tertutup masker," katanya, dikutip dari laman Shape.com.

Bgai Anda yang mengalaminya, jangan khawatir karena maskne bisa diobati melalui pengobatan jerawat. Berikut lima cara untuk hilangkan maskne:

1. Eksfoliasi dan hidrasi

Melakukan eksfoliasi dan dehidrasi dapat membantu maskne. Hal ini bisa Anda lakukan tiga kali dalam seminggu.

2. Gunakan spot treatment

Pilihlah spot treatment yang mengandung asam salisilat, sulfur, atau 2,5 benzoyl peroxide. Bahan-bahan tersebut dapat membuka pori-pori dan menghilangkan jerawat maskne.

mahasiswa pakai maskerMahasiswa bermasker berjalan menyusuri kampus Ball State University di Muncie, Ind., Kamis, 10 September 2020. (Foto: AP)

3. Pilih pembersih wajah yang dapat mengobati jerawat

Jika Anda memiliki maskne maka sangat penting untuk memilih pembersih yang mengklaim untuk membasmi jerawat. Pilihlah produk yang mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida.

4. Gunakan produk retinol

Retinol dapat mempercepat pergantiann sel kulit mati yang menyumbat pori-pori Anda. Jika ingin memulai menggunakan retinol, maka lakukan secara perlahan, misalnya dalam seminggu sekali dengan jumlah sedikit. Kalau kulit wajah tidak mengeluarkan reaksi yang menyebabkan iritasi, maka tingkatkan frekuensinya.

Cuci MukaIlustrasi cuci muka. (Foto: freepik.com)

5. Perawatan OTC yang kuat

OTC (Over The Counter) merupakan obat jerawat yang dijual bebas tanpa resep dokter. Karena obat-obatan OTC ini cukup aman dan memiliki efek samping yang minim. Namun yang Anda harus perhatikan adalah Anda harus mengenal kulit sendiri. Anda bisa memilih skincare yang aman sesuai kebutuhan kulit Anda.

Selain cara untuk menghilangkan maskne, Anda juga bisa melakukan pencegahan agar maskne tidak parah atau bahkan tidak terjadi maskne di wajah. Berikut cara pencegahan maskne:

- Mencuci wajah secara teratur dengan melakukan dua hari sekali. Cara pemakaiannya saat ingin menggunakan masker dan sesudah menggunakan masker.

- Gunakan pelembab setelah Anda mencuci wajah agar kulit terhidrasi dan memperbaiki pelindung alami untuk kulit.

- Lewati penggunaan makeup terlebih dahulu. Karena terlalu menggunakan banyak produk akan menyebabkan penumpukan pada kulit.

- Pilih masker wajah yang lembut agar tidak tergesek dengan kasar yang menyebabkan iritasi.

- Jika Anda menggunakan masker kain, cucilah masker dengan deterjen yang memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan anti jamur. (Niswatul Mahmudah)

Berita terkait
Penyangga Masker Hits, Boleh atau Tidak Dipakai Ini Kata Dokter
Menggunakan masker dalam rentan waktu tertentu membuat napas menjadi pengap. Menanggulanginya dengan penyangga masker, apa kata dokter?
Cegah Bunuh Diri, 5 Peran Orangtua saat Anak Tertekan Tugas Sekolah
Berkaca kepada kasus bunuh diri siswa SMA diduga akibat tertekan tugas PJJ atau sekolah online, bagaimana seharusnya peran orangtua?
Dokter Bicara Tren Tindik di Dalam Hidung, Bahaya Gak Sih?
Tindik atau piercing di bagian dalam hidung sedang hits. Namun, apakah mengikuti tren ini berbahaya?
0
Stok Gas LPG 3 Kilogram Tersisa 6,5 Juta Tabung di Sumbar
Stok gas LPG ukuran tiga kilogram di Sumatera Barat (Sumbar) tersisa 6,5 juta tabung hingga akhir tahun 2020.