UNTUK INDONESIA
Lima Bahaya Kebanyakan Ngopi, Bikin Darah Tinggi?
Kopi sudah menjadi gaya hidup, tak lengkap rasanya bila sehari tidak menikmati si biji hitam. Ternyata kopi menyimpan sejumlah bahaya bagi tubuh.
Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Kopi sudah menjadi gaya hidup, tak lengkap rasanya bila sehari tidak menikmati si biji hitam. Selain bermanfaat menjadi doping dalam kesibukkan sehari-hari, ternyata menyimpan sejumlah bahaya bagi tubuh.

Kopi dapat membantu tubuh dalam proses pembakaran lemak sehingga stamina meningkat, sistem saraf pusat terangsang, dan menetralkan tubuh dari polusi udara, asap, hingga paparan sinar ultraviolet.

Kopi juga bisa berbahaya bagi kesehatan apabila dikonsumsi secara berlebihan. Berikut Tagar rangkumkan lima bahaya kopi bagi tubuh.

1. Mempercepat Detak Jantung

Menurut dr. Jansen Ongko, MSc, RD, pakar kesehatan dan nutrisi mengatakan bahwa mengkonsumsi kopi berlebih bisa membuat detak jantung berdetak lebih cepat. Biasanya terjadi pada orang yang memiliki masalah kesehatan jantung.

2. Insomnia

Kandungan kafein dalam kopi menyebabkan gangguan tidur, seperti insomnia. Bagi generasi milenial, masalah gangguan tidur ini malah dimanfaatkan untuk mendongkrak produktivitas dalam bekerja.

3. Sakit Kepala

Konsumsi kopi terlalu banyak akan menimbulkan sakit kepala. Jadi, buat yang belum terbiasa atau kondisi tubuh tidak mendukung, sebaiknya meminum kopi tidak terlalu banyak.

4. Darah Tinggi

Studi dari Charalambos Vlachopoulos, MD, salah satu sekolah kesehatan, mengatakan kafein meningkatkan kekakuan secara cepat terhadap arteri besar, sangat berpengaruh pada orang yang memiliki tekanan darah tinggi.

5. Bahaya Kolesterol

Sebuah penelitian mengatakan bahwa mengkonsumsi lima cangkir setiap hari dapat berpotensi meningkatkan kadar kolesterol darah hingga 8%, karena kandungan minyak terpene di dalam kopi. []

Berita terkait
Kopi Bumbung, Letupkan Kenangan Masa Lalu
Kafe Kopi Bumbung di Sleman, Yogyakarta, patut dicoba para penyeruput kopi, karena rasanya khas. Selain itu, tempatnya bikin betah untuk disinggahi
Kopi Mafia yang Viral di Aceh Barat Daya
Di Aceh Barat Daya sedang euforia kopi mafia. Tak ketinggalan para penikmat kopi yang suka nongkrong di Dogan Spot Coffee.
Warung Kopi dan Gaya Bersosialisasi Warga Jakarta
Warung kopi kekinian di Jakarta tak lagi hanya untuk melepas rasa haus dan lapar. Sosialisasi menjadi bagian penting dalam warung kopi.
0
Revisi UU KPK, Jokowi Minta Masyarakat Bersuara ke DPR
Presiden RI Joko Widodo menyampaikan tanggapannya terkait keputusan Revisi Undang-Undang KPK. Ia mengaku, ide awal revisi tersebut dibawa oleh DPR.