Semarang - PT KAI terus berupaya membuat terobosan pelayanan guna menghadapi tantangan bisnis di masa pandemi. Terbaru, PT KAI Daerah Operasi 4 Semarang membuka pelayanan rapid test di Stasiun Tegal dengan harga terjangkau.
Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang Krisbiyantoro mengungkapkan pelayanan rapid test ini menggandeng Klinik Utama Jasa Prima. Screening awal pencegahan penularan Covid-19 hanya dikhususkan untuk calon penumpang kereta api yang akan berangkat dari Stasiun Tegal.,
"Pelayanan mulai dibuka hari ini dengan jam pelayanan mulai pukul 09.00 sampai dengan 16.00 WIB, dengan biaya yang terjangkau, yakni Rp 85.000," kata dia, Kamis 17 September 2020.
Untuk pelayanan di luar jam yang sudah terjadwal tersebut, calon penumpang bisa mendatangi Klinik Mediska Tegal yang terletak di sisi Utara stasiun. Di tempat itu, surat sehat dengan keterangan tidak sedang batuk, pilek dan flu, bisa didapatkan.
Pelayanan mulai dibuka hari ini dengan jam pelayanan mulai pukul 09.00 sampai dengan 16.00 WIB, dengan biaya yang terjangkau, yakni Rp 85.000.
Krisbiyantoro menuturkan hasil rapid test maupun surat sehat, sebaiknya didapatkan sebelum hari keberangkatan kereta api, mengingat masa berlakunya selama 14 hari. Dengan demikian calon penumpang akan lebih leluasa menentukan pilihan kereta api yang akan digunakan.
Diketahui, kelengkapan dengan rapid test atau surat sehat diperuntukkan bagi pelanggan kereta api jarak jauh, seperti KA Tegal Ekpres yang merupakan KA pemberangkatan awal dari Stasiun Tegal, maupun kereta api jarak jauh lainnya.
Baca juga:
- Rapid Test Angkasa Pura I Kini Rp 85.000, Cek Yuk
- Jadwal 41 Kereta Api Jarak Jauh dari 3 Stasiun Jakarta
- Jadi Stasiun Terpadu, Intip Pasar Senen Masa ke Masa
Ia menambahkan untuk membantu program pemerintah dalam menekan penyebaran wabah Covid-19, PT KAI telah menyediakan fasilitas kesehatan di area stasiun. Masyarakat yang masuk di lingkungan stasiun diminta untuk mematuhi protokol kesehatan.
"Mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak dan kami imbau untuk menggunakan lengan panjang bagi penumpang," ucap dia.
"Semoga upaya yang dilakukan PT KAI dalam pencegahan penyebaran Covid-19 lewat layanan rapid test ini, dapat menciptakan rasa aman bagi pelanggan KA dan masyarakat di lingkungan stasiun," imbuhnya. []