Rapid Test Angkasa Pura I Kini Rp 85.000, Cek Yuk

PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I menurunkan biaya layanan rapid test di delapan bandara yang dikelolanya untuk memudahkan para pengguna jasa.
Dalam masa Adaptasi Kebiasaan Baru, tugas Terminal Service Officer membantu penumpang mengisi e-HAC, memberitahu lokasi rapid test, memeriksa kelengkapan dokumen penumpang, hingga mengawasi penerapan protokol kesehatan. (Foto: Instagram/@ap_airports)

Jakarta - PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I menurunkan biaya layanan rapid test di delapan bandara yang dikelolanya untuk memudahkan para pengguna jasa yang melakukan perjalanan udara. Harga yang ditawarkan AP I kini menjadi Rp 85.000 dari semula Rp 150.000 sampai Rp 200.000.

"Bertujuan untuk mengurangi beban biaya perjalanan udara. Sehingga semakin memudahkan calon penumpang untuk melakukan perjalanan udara pada masa adaptasi kebiasaan baru," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Falik Fahmi seperti dikutip Tagar dalam siaran pers, Selasa, 15 September 2020.

Baca juga: PSBB Lagi, 5 Hal Wajib Penumpang di Soetta dan Halim

Adapun delapan bandara yang menyediakan layanan rapid test, yakni Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Internasional Yogyakarta, Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Bandara Adi Soemarmo Solo, dan Bandara Sentani Jayapura.

Berdasarkan Surat Edaran Gugus Tugas Nomor 9 Tahun 2020 yang juga dirujuk oleh Kementerian Perhubungan, rapid test masih menjadi salah satu syarat kelengkapan dokumen untuk melakukan perjalanan udara. Layanan rapid test di AP I sendiri sudah disediakan sejak akhir Juli lalu, hasil kerja sama berbagai klinik dengan salah satu anak perusahaan Angkasa Pura Supports.

Untuk melakukan rapid test, kata dia calon penumpang wajib menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19. Mereka diwajibkan mencuci tangan dan melakukan pengecekan suhu tubuh, memakai masker, menjalankan physical distancing sebelum dan selama memasuki area pemeriksaan.

Kemudian, calon penumpang diminta melakukan registrasi dengan membawa kartu identitas dan mengisi formulir yang sudah disediakan. Langkah selanjutnya, melakukan pemeriksaan kesehatan dengan dokter dan pengambilan sample darah. Setelah selesai menjalani tes, calon penumpang tetap berada di ruang tunggu hingga hasilnya keluar.

Selain calon penumpang, para petugas pun diwajibkan menerapkan protokol kesehatan, di antaranya melakukan pemeriksaan suhu tubuh sebelum bertugas, memakai alat pelindung diri (APD), seperti face shield, masker, sarung tangan, dan baju pelindung. Untuk memastikan kebersihan di area layanan rapid test, AP I juga melakukan disinfeksi sebagai syarat mencegah penyebaran Covid-19. []

Berita terkait
Angkasa Pura Logistik Tambah Pesawat Kargo
Angkasa Pura Logistik yang merupakan anak usaha PT Angkasa Pura I (Persero) meluncurkan pesawat kargo keduanya yakni ATR 72-500F PK-PAT.
5 Anak Usaha Angkasa Pura II Raup Pendapatan Rp 1,3T
Kelima anak usaha PT Angkasa Pura II (Persero) berkontribusi maksimal terhadap pendapatan perseroan di tengah pandemi Covid-19.
Safe Travel Campaign ala Angkasa Pura II
PT Angkasa Pura II (Persero) ingin mewujudkan pengalaman perjalanan yang aman untuk traveler melalui Safe Travel Campaign.
0
Listrik Nirkabel Cas Baterai Mobil Listrik dalam Perjalanan
Untuk pertahankan daya mobil listrik tetap terisi di Gotland, Swedia, SmartRoad, membantu mengecas bus ulang-alik bandara