UNTUK INDONESIA
Laga Tunda Persebaya Vs PSM Digelar di Balikpapan
Persebaya Surabaya menjalani laga dengan jadwal yang padat. Mereka menghadapi PSM Makassar di Balikpapan, 14 November 2019.
Persebaya Surabaya menjalani laga tunda melawan PSM Makassar di kompetisi Shopee Liga 1 2019 di Stadion Batakan, Balikpapan, Kamis 14 November 2019. Pemain Persebaya merayakan gol di pertandingan liga. (Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat)

Jakarta - Persebaya Surabaya menjalani laga dengan jadwal yang padat. Terutama setelah laga tunda melawan PSM Makassar akhirnya digelar di Balikpapan. Dengan waktu yang mepet, Persebaya menjamu PSM di Stadion Batakan, Balikpapan, Kamis 14 November 2019. 

Laga melawan PSM seharusnya digelar di Surabaya, Sabtu 2 November 2019. Namun Persebaya gagal mendapat izin dari kepolisian. Hal ini diduga imbas kerusuhan pasca pertandingan kontra PSS Sleman pada 29 Oktober 2019.

Setelah gagal digelar, pertandingan akhirnya dijadwal ulang. PT LIB selaku operator liga menetapkan laga digelar di Balikpapan pada 14 November 2019. 

Pemain yang bertanding melawan PS Tira difokuskan pada recovery karena mereka masih kelelahan

Diputuskannya jadwal pertandingan itu, Persebaya hanya memiliki waktu yang pendek untuk mempersiapkan diri. Pasalnya tim baru saja menyelesaikan laga melawan PS Tira Persikabo, Kamis 9 November 2019. 

Dalam laga yang berakhir imbang 2-2 di Stadion Pakansari, Bogor, Persebaya pun langsung mempersiapkan diri menghadapi PSM. Usai melawan PSM, mereka hanya memiliki waktu dua hari untuk pemulihan. Minggu, 24 November 2019, Persebaya sudah harus menghadapi tuan rumah Persipura Jayapura. 

Tim, praktis, hanya memiliki waktu persiapan empat hari sebelum menghadapi PSM. Dengan masa recovery yang pendek, pelatih Aji Santoso menyiasatinya dengan memberikan porsi latihan yang berbeda. 

"Pemain yang bertanding melawan PS Tira difokuskan pada recovery karena mereka masih kelelahan. Namun pemain yang tidak dimainkan tetap menjadi latihan dengan intensitas tinggi," ujar Aji seperti dikutip laman klub. 

Aji juga merasa perlu memperbaiki kekurangan tim, terutama menghadapi bola mati. Di laga terakhir, dua gol PS Tira berasal dari bola mati. 

"Dari dua gol yang tercipta di laga tersebut, semua dari set piece. Saya harus memperbaikinya," kata Aji.

Di laga melawan PSM, Aji tidak bisa menurunkan tim terbaik. Bek naturalisasi asal Brasil Otavio Dutra memperkuat tim nasional yang akan menghadapi Malaysia di kualifikasi Piala Dunia 2022. 

Sedangkan kondisi Irfan Jaya dan David da Silva masih menunggu perkembangan terakhir. David Silva sesungguhnya sudah masuk skuat di laga melawan PS Tira. Namun penyerang asal Brasil ini tidak dimainkan. 

Selain keduanya, beberapa pemain seperti Ruben Sanadi, Oktafianus Fernando, dan Diogo Campos masih menjalani latihan terpisah. Kondisi mereka masih tidak fit. []

Berita terkait
Persebaya Jalani Laga Tanpa Penonton Sampai Akhir Musim
Persebaya Surabaya disanksi Komite Disiplin (Komdis) PSSI menjalani pertandingan kandang dan tandang tanpa penonton sampai akhir musim 2019.
Aji Santoso Ingin Kembalikan Gaya Bermain Persebaya
Persebaya Surabaya mendapatkan pelatih anyar dengan masuknya Aji Santoso menggantikan Wolfgang Pikal.
Persebaya Tak Pernah Menang, Pelatih Pikal Mundur
Pelatih Persebaya Surabaya Wolfgang Pikal mengundurkan diri setelah gagal membawa tim berprestasi. Terutama usai Persebaya dikalahkan PSS Sleman.
0
Menpora Pastikan Bonus Atlet SEA Games Sudah Aman
Menpora Zainudin Amali mengaku sudah berkoodinasi dengan Menkeu untuk mengyiapkan bonus atlet yang meraih medali di SEA Games Filipina 2019.