Kunci Keberhasilan Prita Ghozie Sebagai Pakar Keuangan

Namun, semangat Prita hadir dari keluarganya, terutama sosok suami yang selalu mengingatkannya untuk bekerja sepenuh hati dan konsisten.
Prita Hapsari Ghozie (Foto: Tagar/Instagram @Pritaghozie)

Jakarta - Prita Hapsari Ghozie atau lebih dikenal dengan nama Prita Ghozie adalah perempuan kelahiran Jakarta, 1 Oktober 1980 yang saat ini menjalani perannya sebagai seorang istri, ibu dari dua orang anak, dan CEO ZAP Finance. 

Namanya mulai dikenal sejak Prita sering membagikan tips-tips mengatur dan merencanakan keuangan melalui media social salah satunya adalah tiktok.

Prita Ghozie terlahi sebagai anak pertama dari pasangan dengan ayah yang bernama Dr. Ir. Iwan Pontjowinoto, M.M dan ibu yang bernama Roswita Januarti, S.E., Prita kecil sudah sangat familiar sekali dengan dunia keuangan. 

Prita berkesempatan untuk belajar langsung dari pelopor Reksa Dana Indonesia, yaitu Pendiri Masyarakat Ekonomi Syariah dan pencetus Jakarta Islamic Index yang merupakan ayahandanya sendiri. Tidak heran, jika Prita menjadi seorang investor reksa dana sejak usianya yang ke 16 tahun.

Lulusan dari SMU Labschool Jakarta dan mendapatkan kesempatan mengikuti Program Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB), Prita menempuh pendidikan S1 Reguler Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada 1998. 

Tiga setengah tahun kemudian, dia lulus dan langsung melanjutkan pendidikan S2 di University of Sydney School of Business, Australia. Selama di Sydney, peraih gelar Master of Commerce ini bekerja paruh waktu di institusi pelatihan jasa keuangan terbesar di Australia dan berhasil mendapatkan gelar Graduet Certificate In Financial Planing pada tahun 2003.

Ketika ia berada di Australia itulah, sang ayah menghendaki Prita Ghozie mengambil tambahan mata kuliah di bidang financial planning, yang dirasa akan populer di masa depan. 

Ramalan sang ayah tak meleset, karena ketika waktu tersebut datang, Prita Ghozie merupakan salah satu dari sedikit yang memiliki gelar akademis resmi di bidang Perencanaan Keuangan dan gelar profesional sebagai Certified Financial Planner Professional.

Saat ini, Prita Ghozie adalah dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, dosen tamu di Institut Teknologi Bandung School of Business Management, dan CEO dari ZAP Finance. Sebagai seorang pakar keuangan, Prita Ghozie memang dikenal dengan berbagai pandangannya yang cukup berbeda.

Prita menjelaskan bahwa keluarga yang bisa bertahan dan tetap hidup nyaman pada saat krisis ekonomi, justru bukan mereka yang punya penghasilan tinggi, tapi yang berhasil mengalokasikan penghasilan mereka menjadi aset investasi. 

Inilah mengapa misi yang dibangun Prita melalui ZAP Finance adalah meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia, dimulai dari satuan terkecil dalam ekonomi, yaitu ekonomi rumah tangga.

Sama halnya dengan semua orang yang baru memulai bisnis, ZAP Finance membutuhkan waktu untuk bertumbuh dan berkembang, apalagi saat itu bisnis di bidang perencanaan keuangan belum banyak dikenal orang. 

Namun, semangat Prita hadir dari keluarganya, terutama sosok suami yang selalu mengingatkannya untuk bekerja sepenuh hati dan konsisten.[]


(Farhan Ramadhan)

Baca Juga:

Berita terkait
Profil John B. Neff, Investor Kawakan Dunia Asal Amerika
John B. Neff, CFA, adalah seorang investor Amerika, manajer reksa dana, dan dermawan.
Profil Andika Sutoro Putra, Miliarder Muda Berkat Saham
aat ini, di usianya 26 tahun, dirinya sudah mendirikan lembaga pendidikan bernama Putra Investor School untuk mengajari masyarakat berinvestasi.
Ingin Cuan? Contoh Tips Investasi Saham ala Lo Kheng Hong
Dalam dunia investasi kesabaran dan fokus adalah kunci yang utama. Kamu harus sabar dan fokus dalam memantau harga saham serta perkembangannya.
0
Kunci Keberhasilan Prita Ghozie Sebagai Pakar Keuangan
Namun, semangat Prita hadir dari keluarganya, terutama sosok suami yang selalu mengingatkannya untuk bekerja sepenuh hati dan konsisten.