UNTUK INDONESIA
Kuliner Iran Kaya Akan Rempah Bikin Lidah Bergoyang
Iran memiliki kuliner khas yang kaya akan cita rasa rempah dan beberapa kudapan mengugah selera.
Kuliner Iran Kaya akan Rempah Bikin Lidah Bergoyang. (Foto: Instagram/shirdalairyatravel)

Jakarta - Iran salah satu negara di Timur Tengah yang memiliki kuliner khas menggugah selera. Cita rasa yang ditawarkan kaya akan bumbu dan aroma. Bahkan, proses penyajiannya menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

Berikut Tagar rangkumkan beberapa kuliner khas Iran yang bakal buat lidah bergoyang.

1. Lavâshak

LavashakKuliner Iran Kaya akan Rempah Bikin Lidah Bergoyang. (Foto: mypersiancorner)

Masyarakat Iran menyukai Lavâshak dalam bentuk segar, kering, atau kulit. Kudapan ini populer di sepanjang jalur pendakian Teheran Utara, kulit buah memiliki rasa eksotis yang terbuat dari delima, cherry asam, prem, kiwi, barberry dan aprikot.

Jika merasa ragu kudapan mana yang sesuai selera, disediakan sampel untuk icip-icip terlebih dahulu. Tersedia juga buah plum, aprikot dan beri yang direndam dalam sirup asam manis.

2. Laboo

LabooKuliner Iran Kaya akan Rempah Bikin Lidah Bergoyang. (Foto: Instagram/shirdalairyatravel)

Laboo makanan khas Iran yang berasal dari buah bit. Walaupun sayuran berakar tidak menarik bagi sebagian orang, berbeda dengan makanan ini yang selalu menjadi favorit ketika musim dingin tiba.

Ketika berkunjung ke Tehran bisa menemukan dengan mudah para penjual. Selain itu, buah bit yang dijual telah direbus dan dikukus.

3. Ash Reshteh

Ash ReshtehKuliner Iran Kaya akan Rempah Bikin Lidah Bergoyang. (Foto: Instagram/moineaubleu)

Ash resthe merupakan sup yang terbuat dari bahan mie dan dilengkapi dengan berbagai macam sayuran herbal dan kacang-kacangan. 

Untuk topping-nya diberikan daun mint, bawang merah goreng dan bawang putih. Ash Reshteh biasanya menjadi hidangan wajib saat musim dingin.

4. Jigar

JigarKuliner Iran Kaya akan Rempah Bikin Lidah Bergoyang. (Foto: pinterest)

Jigar merupakan sate khas Iran yang memiliki cita rasa lezat. Bahannya, hati yang dipotong dan disajikan dengan bumbu khas Negeri Persia itu. 

Bagi yang ingin menikmati makanan ini, bisa menyelimuti sate dengan roti segar. Selain itu, bisa memilih jeroan sesuai dengan keinginan selera.

5. Zoolbia Bamieh

Zoolbia BamiehKuliner Iran Kaya akan Rempah Bikin Lidah Bergoyang. (Foto: Instagram/persian.food)

Zoolbia Bamieh salah satu makanan khas dari Iran yang biasanya digunakan sebagai hidangan saat berbuka puasa

Makanan ini memiliki bentuk bulat dan terbuat dari campuran tepung, telur, dan butter. Untuk menyantapnya, bisa mencelupkan Zoolbia Bamieh ke dalam sirup yang terbuat dari gula ataupun air mawar. 

6. Chelow Kebab

JigarKuliner Iran Kaya akan Rempah Bikin Lidah Bergoyang. (Foto: tripadvisor)

Chelow kebab  merupakan nasi khas timur tengah yang disajikan dengan daging panggang dan dikombinasikan dengan mentega, bubuk sumac, kemangi, bawang, dan tomat panggang. 

Biasanya chelow kebab ditemani dengan minuman khas Iran, doogh, minuman berbahan yogurt Iran, kadang terbuat dari air berkarbonasi. []

Berita terkait
Kuliner Khas Pemalang Penambah Nafsu Makan
Daerah asal Pramugari Garuda Siwi Widi Purwanti di Pemalang, Jawa Tengah, memiliki banyak kuliner yang sangat enak dan lezat, berikut ulasannya.
Lima Kuliner Tradisional Indonesia dengan Nama Unik
Kuliner tradisional Indonesia telah dikenal dengan kelezatan dan keunikannya, tapi apa sudah ada mencicipi kuliner dengan nama yang aneh di telinga
Icip-icip Kelezatan Lima Kuliner Khas Pulau Natuna
Natuna, namanya sedang ramai dibicarakan, perebutan dengan Cina isu yang kian menghangat. Sebelum itu, icip-icip kelezatan kulinernya dulu.
0
Jenis Olahraga yang Aman Selama Puasa
Namun, saat menjalani puasa Ramadan banyak orang yang malas berolahraga karena takut kelelahan, dan batal puasanya.