UNTUK INDONESIA
Stinky Tofu dan Empat Kuliner Kekinian Khas Taiwan
Taiwan salah satu destinasi wisata luar negeri favorit. Tidak jarang orang Indonesia menyambangi negara yang dijuluki naga kecil asia.
Stinky Tofu. (Foto: taiwannews)

Jakarta - Taiwan salah satu destinasi wisata luar negeri favorit. Tidak jarang orang Indonesia menyambangi negara yang dijuluki naga kecil asia, sekedar untuk berwisata atau mencicipi keunikan kuliner di sana

Nah, berikut Tagar rangkum dari berbagai seumber lima kuliner kekinian khas Taiwan yang wajib dicoba.

1. Xiao Long Bao

Xiao Long BaoXiao Long Bao. (Foto: wikipedia)

Xiao Long Bao atau pangsit basah menjadi menu di Restoran Din Tai Feng (DTF). Pengolahanya pun tak sembarang, ada Standar Operasional Prosedur (SOP) tersendiri, berat pangsit dipastikan seragam. 

Untuk itu, setiap Restoran DTF difasilitasi dapur akuarium, tempat masak yang dikelilingi kaca, sehingga pengunjung dapat melihat proses makanan dibuat, ditimbang, sampai dikukus.

Isi utama dari Xiao Long Bao adalah daging babi, tapi tak usah khawatir, disediakan juga pilihan daging sapi dan sayuran. 

DTF pernah direview oleh New York Times dan mendapatkan dengan nilai outstanding. Bahkan, dua restorannya di Hongkong mendapat 1 Michelin Star.

2. Stinky Tofu

Stinky TofuStinky Tofu. (Foto: taiwannews)

Stinky Tofu atau Chou Doufu salah satu makanan khas Taiwan yang cukup dikenal. Makanan ini memiliki aroma yang menyengat dan khas, sehingga membuatnya dikenal dengan nama Tahu Busuk.

Chou Doufu memiliki banyak resep penyajian, mulai dari direbus, digoreng, hingga dimasak bersama makanan lainnya. Namun, yang paling digemari adalah yang digoreng. 

Tak hanya memiliki cita rasa yang unik, makanan khas taiwan ini juga diyakini mempunyai banyak manfaat bagi tubuh, seperti menormalkan fungsi pencernaan, menyehatkan lambung, sampai menjaga kesehatan kulit.

3. Beef Noodle Soup

Beef Noodle SoupBeef Noodle Soup. (Foto: taste)

Taiwan memiliki menu sajian mie yang khas dan lezat yakni dengan kaldu sapi atau dikenal dengan nama Beef Noodle Soup. Tekstur mie yang terlalu kenyal dilengkapi dengan topping sayur-sayuran, daging sapi, dan disirami kuah kaldu sapi yang membuat terasa gurih, lezat, dan nikmat.

Namun siapa sangka, makanan ini merupakan salah satu masakan merakyat Taiwan. Kalian akan menemukan menu masakan ini di stan-stan kecil hingga restoran tua. 

Setiap toko memiliki cara pembuatan dan penyajiannya tersendiri. Membuat mie ini menjadi bintang makanan Taiwan.

4. Chicken Cutlet

Chicken CutletChicken Cutlet. (Foto: eater)

Tak hanya di Taiwan, popularitas street food ini terbilang sudah mendunia. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya gerai-gerai yang menjajakan jajanan ini di luar Taiwan, tak terkecuali di Indonesia.

Chicken Cutlet terbuat dari daging ayam tanpa tulang yang digoreng bersama tepung hingga renyah dan ditaburi bumbu membuatnya menjadi gurih. 

Kini, Chicken Cutlet dimodifikasi dengan memiliki banyak pilihan rasa yang bisa dipilih sesuai selera.

5. Bubble Milk Tea

Bubble Milk TeaBubble Milk Tea. (Foto: tokopedia)

Minuman yang dikenal dengan nama Baba atau Bubble Tea kini popularitasnya tengah naik daun. Campuran teh dan susu dengan varian rasa serta dilengkapi berbagai topping. 

Rasanya yang khas membuat popularitas Bubble Milk Tea menjadi salah satu minuman yang paling mewakili Taiwan. Dalam beberapa tahun ini, minuman ini telah merebah hingga ke Asia Timur, Eropa, Amerika, bahkan Asia Tengah. [Putra Abdul Fattah Hakim]

Berita terkait
5 Kuliner Khas Mataram Kampung Halaman Suharso Monoarfa
Suharso Monoarfa putra asal Mataram mendapatkan pos Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional. Daerah asalnya ini memiliki kuliner khas.
5 Kuliner Khas Kota Kelahiran Menko Airlangga Surabaya
Kota kelahiran Menko Airlangga Hartarto di Surabaya memiliki banyak kuliner khas, apa sajakah itu?
Lima Kuliner Minangkabau Kampung Halaman Nadiem Makarim
Nadiem Makarim memiliki darah Minangkabau dari sang kakek Anwar Makarim. Kampung halaman pendiri Gojek ini dikenal dengan kuliner pedasnya.
0
Presiden Venezuela Kecam Kudeta Bolivia
Presiden Venezuela Nicolas Maduro mengecam kudeta Bolivia.