KSP Minta Jangan Ragu, Vaksin Corona dari Sinovac Lebih Baik

KSP sebut vaksin virus corona dari Sinovac lebih baik daripada yang lain untuk Indonesia.
Ilustrasi vaksin corona. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Tenaga Ahli Utama Kedeputian II Bidang Pembangunan Manusia Kantor Staf Presiden (KSP) Brian Sri Prahastuti mengungkapkan, vaksin virus corona atau Covid-19 dari Sinovac lebih baik daripada yang lain untuk Indonesia.

"Pemahaman Indonesia memang lebih baik untuk vaksin produksi Sinovac karena Indonesia terlibat dalam uji klinis tahap tiga, serta PT Bio Farma (Persero) akan terlibat juga dalam proses produksinya pada tahapan tertentu," kata Brian lewat keterangan tertulis yang diterima Tagar, Sabtu, 7 November 2020.

Persetujuan tetap akan diberikan ketika uji klinis tahap tiga.

"Dan kita ketahui bahwa Bio Farma dalam produksi vaksin dan Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) dalam uji klinis vaksin memiliki kredibilitas tinggi secara internasional," sambungnya.

Brian meminta masyarakat tak khawatir dan ragu terhadap kesimpulan dan rekomendasi akhir dari vaksin Covid nantinya. Apalagi, proses penemuan vaksin ini juga melibatkan Indonesia In Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

Baca juga:

Ia menegaskan, prinsip keamanan menjadi pertimbangan utama dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Selain itu, pemerintah juga melibatkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk memberikan izin edar dan persetujuan penggunaan darurat (Emergency Use Authorization/EUA).

Brian menuturkan, saat ini BPOM tengah melakukan kunjungan ke pabrik Sinovac di Tiongkok untuk melakukan penilaian proses produksi, bersamaan dengan uji klinis tahap tiga yang sedang berlangsung.

"Tentunya persetujuan tetap akan diberikan ketika uji klinis tahap tiga telah selesai dilakukan, dan minimal interim report sudah diserahkan oleh lembaga yang melakukan uji klinis tersebut," ujar Brian.

Selain Sinovac, Indonesia akan kedatangan vaksin virus corona dari CanSino, dan berasal dari AstraZeneca dan Sinopharm.

Berita terkait
Dokter Jelaskan Hal yang Ditakutkan Setelah Disuntik Vaksin
Dokter spesialis penyakit dalam dan vaksinolog menjelaskan KIPI atau hal-hal yang tidak diinginkan atau ditakutkan setelah disuntik vaksin.
Jokowi: Negara Kita Kaya, 90% Obat dan Bahan Bakunya Impor
Presiden Jokowi menyinggung sistem kesehatan di Tanah Air. Ia ingin Indonesia mandiri industri obat dan bahan bakunya tak impor.
Risiko Pandemi Baru, Denmark Musnahkan 15 Juta Hewan Carpelai
Wujudnya yang imut ternyata hewan carpelai menularkan virus corona ke manusia. Pemerintah Denmark akhirnya memusnahkan 15 juta ekor.
0
China Tuduh Amerika Politisasi Asal Muasal Virus Corona
China mengecam langkah Amerika Serikat melacak asal muasal virus corona yang disebut China sebagai “mempolitisasi” pelacakan