UNTUK INDONESIA
Korban Bencana di Samosir Terima 'Boras Sipirnitondi'
Bencana alam di Kabupaten Samosir mengakibatkan kerugian yang sangat besar bagi warga terutama para petani.
Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga memberikan tali asih terhadap warga terdampak bencana alam. (Foto: Tagar/Fernando Sitanggang)

Samosir - Rentetan bencana alam di sejumlah wilayah di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, sejak Maret 2019 lalu telah mengakibatkan kerugian yang sangat besar bagi warga terutama para petani.

Bencana banjir misalnya kerap menerjang tanaman petani di Kecamatan Sianjur Mula-Mula. Akibat tingginya curah hujan lebih dari lima hektare lahan pertanian di tiga desa, yakni Desa Sarimarrihit, Desa Habeahan Naburahan, dan Desa Aek Sipitudai, rusak dihajar banjir pada Kamis 21 Maret 2019.

Kemudian pada Selasa 21 Mei 2019 malam, banjir kembali menerpa lahan pertanian bawang di Desa Sarimarihit. Penyebabnya adalah akibat tingginya curah hujan, sementara pepohonan penahan air di kawasan Tele sudah mulai rata akibat penebangan.

Kami menyampaikan turut prihatin atas kejadian bencana alam kepada warga

Debit air yang mengalir dari hulu sungai di sekitar perladangan petani membuat air meluap ke ladang yang sudah ditanami tanaman bawang.

Pemerintah Kabupaten Samosir tak mau warganya menderita, sebisa mungkin memberikan bantuan tali asih kepada 91 kepala keluarga korban bencana, di Balerong Onan Baru, Desa Sipitudai, Kecamatan Sianjurmula, Senin 14 Oktober 2019.

"Kami menyampaikan turut prihatin atas kejadian bencana alam kepada warga, karenaya kami hari ini menyalurkan bantuan tali asih sebagai 'boras sipirnitondi' kepada keluarga yang mengalami musibah atau bencana banjir lahan pertanian yang mengakibatkan gagal panen kepada 91 kepala keluarga," ujar Wakil Bupati Samosir, Juang Sinaga.

Selain kepada para petani korban banjit, diserahkan juga bantuan kepada satu kepala keluarga korban kebakaran di Desa Siboro dan satu kepala keluarga korban puting beliung di Desa Partungkot Naginjang, Kecamatan Harian.[]

Berita terkait
Dokter RS di Samosir Tak Ada, Korban Kecelakaan Pulang
Akibat dokter bedah tidak standby, pasien yang harusnya menjalani operasi pulang.
Buruknya Pengelolaan Sampah di Samosir
Pembuangan sampah dan pengelolaan di sejumlah kecamatan di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, masih asal-asalan.
Maret 2020 Tak Ada Lagi yang Dipasung di Samosir
Dinas Kesehatan Kabupaten Samosir menargetkan pada Maret 2020 tak ada lagi orang yang dipasung di daerah itu.
0
Sistem Gojek Ungkap Order Fiktif di Kota Depok
Sistem dan teknologi Gojek deteksi order fiktif sehingga Polres Kota Depok bisa menangkap tujuh orang pelaku order fiktif