Konser Sheila on 7 di UNY Ditunda Cegah Corona

UNY menunda konser Sheila on 7 untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona.
Grup band Sheila on 7 (Foto: Twitter/Ardian Radio/Tagar/Ridwan Anshori)

Sleman - Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang pada awalnya akan menyelenggarakan konser Sheila on 7 pada 17 April 2020. Namun konser tersebut ditunda demi mengantisipasi penyebaran virus Corona. Hal tersebut tertuang dalam surat edaran (SE) yang dikeluarkan oleh Rektor UNY.

Rektor UNY, Sutrisna Wibawa mengatakan, karena adanya virus Corona maka konser Sheila on 7 ditunda dulu. "Sebagai upaya antisipasi penyebaran virus," ucapnya pada Sabtu, 14 Maret 2020.

Rencananya konser itu dibuat bagi mahasiswa yang punya indeks prestasi kumulatif (IPK). Konser tersebut juga salah satu rangkaian Dies Natalis ke-56 UNY.

Menurut Sutrisna, Shiela on 7 sebagai bintang tamu telah sepakat dengan penundaan ini. Konser band yang digawangi Duta dan kawan-kawan ini akan digelar sekitar awal Juni. “Kami sudah koordinasi dengan Shiela on 7 dan bersepakat untuk ditunda awal Juni. Prioritas kita tetap kesehatan seluruh sivitas,” imbuh Sutrisna.

Penundaan serupa juga dilakukan pada aktivitas yang melibatkan masyarakat luas lainnya. Seperti penganugerahan Doktor Honoris Causa kepada Menteri Desa/PDTT dan Kepala BKKBN yang sedianya digelar awal April, ditunda dengan jadwal yang akan diinformasikan ulang.

Kami sudah koordinasi dengan Shiela on 7 dan bersepakat untuk ditunda awal Juni.

Selain itu, otoritas kampus menginstruksikan sivitas UNY untuk menunda kegiatan yang sifatnya massal. Kegiatan seminar nasional dan internasional yang digelar di kampus, atau pun diikuti para dosen, mahasiswa, dan tendik di luar kampus, akan ditangguhkan. Program Kerja Lapangan (PKL) yang jadwalnya digelar mulai akhir bulan ini, juga akan ditunda.

Kampus Tetap Terbuka

Penyelenggaraan kuliah online bukan berarti kampus akan tutup atau pun kegiatan kuliah diliburkan. Kegiatan layanan layaknya disebutkan dalam instruksi ketujuh, menekankan kegiatan layanan akademik dan layanan umum tetap berjalan seperti biasa. Pegawai maupun dosen kampus juga tetap hadir sesuai jam kerja layaknya hari biasa.

Perpustakaan dan kantin kampus juga akan tetap dibuka. Mahasiswa bisa mengakses literatur maupun fasilitas online dari sini. Untuk mencegah penyebaran Corona bagi civitas yang masih beraktivitas di kampus, pihak keamanan UNY akan melakukan pengukuran suhu tubuh.

Civitas yang di atas 38 derajat tidak akan diizinkan masuk kampus dan disarankan untuk memperiksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat.

“Mau datang ke kampus dan menggunakan fasilitas, UNY sangat terbuka. Untuk keamanan kita akan cek suhu tubuh setiap yang masuk ke lingkungan UNY,” ujarnya. []

Baca Juga:

Berita terkait
Cara Melacak Siapa Menulari Siapa Virus Corona
Sebaran penyakit corona dari orang yang sudah positif. Tracing atau pelacakan orang-orang yang bersentuhan dengan pasien positif menjadi penting.
Duh, 33 Orang Dicurigai Suspect Corona di Tangerang
Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang mendata sebanyak 33 orang dicurigai suspect virus Corona atau Covid-19.
Atlet PON Kabupaten Tangerang Cek Infeksi Corona
KONI)Kabupaten Tangerang terus melakukan pengecekan kesehatan secara rutin kepada atlet yang ikut PON 2020 di Papua cegah penyebaran COrona.
0
Nama Varian Covid-19 Dengan Alfabet Yunani Hindari Stigma
WHO akan ganti penyebutan nama varian Covid-19 untuk hapus stigma negara-negara di mana jenis varian baru virus corona pertama kali dilaporkan