Kodam Iskandar Muda Aceh Bentuk Pasukan Satgas BKO ke Papua

Sebanyak 93 personel TNI dari perwakilan setiap satuan jajaran di Kodam Iskandar Muda (IM), Aceh, akan ditugaskan ke Papua
Sebanyak 93 personel TNI Satgas BKO Kodim Persiapan yang akan dikirim ke Papua (Foto: Tagar/Dok Kodam IM)

Banda Aceh - Sebanyak 93 personel TNI dari perwakilan setiap satuan jajaran di Kodam Iskandar Muda (IM), Aceh, akan ditugaskan ke Papua dalam waktu dekat.

Pasukan ini dibentuk sebagai Satuan Penugasan (Satgas) BKO Kodam XVII/Cenderawasih Papua dan Kodam XVIII/Kasuari di Papua Barat.

Pabandalat Staf Operasi Kodam IM, Mayor Kav Edison Hadi Yepese, SSos, sebagai Kasdim persiapan Satgas BKO Kodam XVIII/Kasuari mengatakan, sebanyak 93 prajurit TNI dari masing-masing perwakilan satuan khususnya di jajaran Kodam Iskandar Muda sedang melaksanakan Lat Pratugas untuk menjalankan misi Satgas Papua.

“Satgas BKO Papua menerima pembekalan dan aplikasikan berbagai materi mulai dari materi hukum, intelijen, tempur dan teritorial untuk menunjang pelaksanaan tugas pokok TNI-AD,” kata Mayor Edison Hadi Yepese, 30 Mei 2021.

Mayor Edison Hadi Yepese, Abit Akmil 2007, yang merupakan Putra Asli Papua itu menyebutkan, tujuannya latihan ini menyiapkan kesiapsiagaan dan siap lahir bathin untuk digerakkan. “Sebelum diberangkat tugaskan dalam tugas Operasi Teritorial, ya kita harus siap segalanya, sesuai instruksi dari Wakasad pada saat Vicon diantaranya melaksanakan kegiatan Pembinaan teritorial, membantu Pemda setempat," katanya.

bko papua kodam im 2Latihan pratugas ke Papua bagi 93 personel TNI Satgas BKO Kodim Persiapan akan dikirim ke Papua (Foto: Tagar/Dok Kodam IM)

Selain itu, membantu mengatasi terjadinya bencana alam, menjaga stabilitas keamanan daerah hingga membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan wawasan kebangsaan masyarakat Papua itu sendiri, “Karena masyarakat Papua adalah saudara kita dan harus kita layani dengan hati,” ujar Mayor Edison Hadi Yepese, yang merupakan putra asli Papua.

“Ya kalau dikatakan siap tugas, justru karena diadakan latihan inilah kita siap segalanya, sebagai prajurit TNI siap sedia dan sudah janji Tekad kami Setia sampai Mati untuk Ibu Pertiwi dan Siap tugas kapan saja," ujarnya.

"Ya termasuk siap perang melawan musuh yang mengancam keamanan dan Pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia beserta Rakyatnya. Kita siap,” kata Mayor Edison Hadi Yepese dengan nada tegas.

Saat ini personel Satgas BKO Papua sedang melaksanakan penyegaran di Rindam Iskandar Muda, Mata Ie, Banda Aceh, latihan selama kurang lebih 21 hari.

Latihan Pratugas Papua ini, selain Pabandalat Kodam IM Mayor Kav Edison Hadi Yepese, SSos, yang mendapat kepercayaan menjabat sebagai Kasdim Satgas BKO Kodam XVIII/Kasuari, kemudian Kadep Jas Rindam IM, Mayor Inf Edi Sugianto, mendapat tugas menjabat sebagai Kasdim persiapan Kodam XVII/Cendrawasih serta prajurit terpilih hasil seleksi sebanyak 93 personel TNI (laung). []

Berita terkait
Kodam XIV/Hasanuddin Bentuk PRCPB untuk Bencana
Kodam XIV Hasanuddin membentuk Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) untuk mengantisipasi kesiap siagaan bencana di Sulsel
0
Mendagri Lantik Bupati dan Wakil Bupati Supiori, Serta Penjabat Bupati Boven Digoel
Mendagri melantik Yan Imbab & Nichodemus Ronsumbre sebagai Bupati dan Wakil Bupati Supiori juga Yimin Weya sebagai Penjabat Bupati Boven Digoel.