UNTUK INDONESIA
Klub Liga 1 Lelang Jersey Bantu Perangi Covid-19
Sebanyak 12 klub Liga 1 2020 menggelar lelang jersey membantu penanganan pandemi Covid-19. Aksi ini lahir berkat kerja sama PSSI Pers dan MO klub.
Media officer Persiraja Banda Aceh, Ariful Azmi Usman, koordinator media officer pelelangan jersey Shopee Liga 1 2020 untuk penanganan Covid-19. (Foto: Tagar/Muhammad Fadhil)

Banda Aceh - Sebanyak 12 klub Shopee Liga 1 2020 menggelar lelang jersey untuk membantu penanganan pandemi Covid-19. Kegiatan ini lahir berkat kerja sama PSSI Pers dan media officer klub Liga 1.

Menurut Ariful Azmi Usman, koordinator pelelangan, ada 12 klub yang terlibat dalam aksi itu. Klub yang terlibat di antaranya, Persiraja Banda Aceh, Persita Tangerang, Barito Putera, dan Arema FC. 

Klub-klub lain seperti PS Tira Persikabo, PSM Makassar, Persebaya, Madura United, Persib Bandung, PSS Sleman, Persela Lamongan, dan Bhayangkara FC juga tidak ketinggalan. Mereka menyatakan keikutsertaannya mendukung aksi lelang tersebut.

Beberapa jersey yang dilelang lengkap dengan tanda tangan pemain

Meski demikian ada sejumlah klub yang tidak ikut. Namun Ariful menyatakan mereka memiliki alasan tertentu sehingga tidak bisa bergabung. 

Persija Jakarta, misalnya tidak ikut bergabung, namun klub ibu kota ini aktif membantu memerangi virus corona dengan melelang jersey dan barang lain milik pemain. Para bintang Macan Kemayoran juga aktif mengimbau kepada warga untuk menerapkan social distancing agar memutus persebaran virus.  

"Ada beberapa yang tidak ikut, dengan alasan-alasan tertentu, dan kita memakluminya," kata Ariful kepada Tagar di Banda Aceh, Senin, 20 April 2020.

Ariful menjelaskan, setiap klub diwajibkan mengirimkan jersey kepada PSSI Pers, organisasi jurnalis yang meliput di PSSI, sejak Sabtu, 18 April 2020. Dalam proses lelang ini, setiap klub diberi kebebasan menentukan jersey siapa yang akan dikirim. Klub tidak dibatasi berapa jumlah kostum yang akan dilelang.

"Yang akan melelang PSSI Pers, sedangkan media officer klub hanya mengirim jersey. Beberapa jersey yang dilelang lengkap dengan tanda tangan pemain," ujar Ariful yang juga media officer Persiraja.

Dia menuturkan jumlah kostum yang dikirim setiap untuk dilelang memang bervariasi. Arema FC mengirimkan 3 jersey untuk dilelang, yaitu home, away dan cadangan. Demikian juga nama belakang di jersey, ditentukan oleh masing-masing klub.

"Persiraja memilih Miftahul Hamdi karena dia termasuk pemain populer di Persiraja. Pengikut Instagram dia juga lumayan banyak daripada pemain lain," kata Ariful.

Lelang Dilakukan Transparan dan Jujur

Ia mengatakan, aksi lelang jersey ini akan berlangsung transparan, jujur dan adil. Hasil penjualan seluruh jersey dalam lelang ini akan didonasikan bagi orang yang kekurangan, atau mereka yang terdampak virus corona.

Pelelangan kostum, kata Ariful, dilakukan di akun resmi Instagram PSSI Pers, @pssi.pers mulai Jumat, 17 April 2020. Tata cara pelelangan juga bisa dilihat juga di akun resmi Instagram PSSI Pers tersebut.

"Selama virus corona, banyak saudara kita hilang pekerjaan sehingga ekonominya tidak mencukupi kebutuhan sehari-hari. Nantinya dana dari lelang ini akan kita sumbang ke mereka," kata dia yang juga bekerja di media lokal.

Ariful berharap, pelelangan itu dapat membantu orang-orang yang membutuhkan di tengah wabah virus corona. Sehingga, dengan adanya bantuan ini akan meringankan beban mereka.

"Panitia akan membahas lagi soal bentuk sembako yang disalurkan, atau uang yang akan disalurkan kepada yayasan terpercaya untuk diberikan kepada penerima," kata Ariful. []

Berita terkait
Bambang Pamungkas Lelang Sepatu Juara Liga Indonesia
Mantan bintang Persija Jakarta, Bambang Pamungkas, melelang barang bersejarah untuk membantu basmi Covid-19. Bambang melelang sepatu bersejarahnya.
Pemain Liga 1 Lelang Barang Bantu Lawan Covid-19
Para pemain bola melelang barang kesayangan yang disumbangkan membantu memerangi pandemi Covid-19. Mereka melelang jersey, sepatu sampai jaket.
Lawan Covid-19, Indra Sjafri Lelang Jaket Timnas
Indra Sjafri, mantan pelatih tim nasional U-19 dan U-23, melelang jaket timnas yang ditandatanganinya. Lelang dibuka dengan harga Rp 1 juta.
0
Tes Swab Anggota DPRD Sumut Ini Negatif Covid-19
Anggota DPRD Sumatera Utara, Ebenejer Sitorus, menjadi pasien suspek Covid-19.