UNTUK INDONESIA

Klaster Sekolah di Sukoharjo, FSGI Beber Kronologi Penularan

FSGI membeber kronologi munculnya klaster sekolah di Sukoharjo. Belasan guru di sebuah SMA di Kecamatan Polokarto positif Covid-19.
Ilustrasi virus corona. Muncul klaster Covid-19 di kalangan guru sekolah di sebuah SMA di Kecamatan Polokerto, Sukoharjo. (Foto: Tagar/Getty Images)

Semarang - Muncul klaster sekolah di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) membeber kronologi awal mula penularan Covid-19 di kalangan guru salah satu SMA di Kecamatan Polokarto tersebut. 

Wakil Sekjen FSGI, Fahriza Marta Tanjung mengungkapkan klaster sekolah di Sukoharjo bermula dari seorang guru yang terkonfimasi positif Covid-19 dan kemudian menulari 12 guru yang lain dalam sekolah yang sama.   

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo membenarkan hal tersebut. Pihak dinas menyampaikan guru tersebut diduga tertular dari kluster keluarga. Hasil konfirmasi FSGI ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo membenarkan hal tersebut. Pihak dinas menyampaikan guru tersebut diduga tertular dari kluster keluarga. 

Sebelumnya pernah ditemukan penularan Covid-19 dari klaster sekolah, yaitu di salah satu SMA di Kecamatan Sukoharjo.

Menurut Fahriza, guru tersebut awalnya tidak merasakan keluhan apapun dan berkontak dengan para guru lainnya di sekolah. Karena ada anggota keluarganya positif, guru itu kemudian di-swab dan hasilnya positif.

“Para guru lain yang sempat kontak dengan guru tersebut kemudian di-swab bersama-sama. Ada 17 orang yang di-swab yang positif ada 12 orang, maka terjadilah kluster sekolah karena yang terpapar diatas 4 orang,” tuturnya kepada Tagar, Senin, 16 November 2020.  

Fahriza menambahkan aktivitas sekolah selanjutnya dihentikan sementara guna dilakukan sterilisasi. Para guru yang dinyatakan terpapar corona juga diminta untuk melaksanakan karantina mandiri di rumah karena mereka orang tanpa gejala (OTG). 

"Diketahui para guru sejak tahun ajaran baru Juli 2020 melakukan pembelajaran jarak jauh dari sekolah,” sebutnya. 

Baca lainnya: 

Sementara, berdasarkan keterangan yang didapat FSGI dari Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo juga membenarkan munculnya klaster sekolah di sebuah SMA di Polokarto tersebut. Bahkan lewat juru bicara Yunia Wahdiyati klaster Covid-19 dari sekolah ini bukan merupakan kali pertama di Sukoharjo. 

"Sebelumnya pernah ditemukan penularan Covid-19 dari klaster sekolah, yaitu di salah satu SMA di Kecamatan Sukoharjo,” imbuh Mansur, Wakil Sekjen FSGI yang juga guru SMA di Lombok Barat. [] 

Berita terkait
Tambah 106 Kasus Covid-19 dalam Sehari, Pemkot Solo Waswas
Solo mencatat rekor baru di kasus positif Covid-19, yakni 106 kasus dalam sehari. Kondisi ini membuat Pemkot Solo waswas.
Jadi Klaster Baru, 16 Pegawai Finance di Solo Positif C-19
Adanya 16 pegawai terinfeksi Covid-19 membuat kantor finance di kawasan Kelurahan Tipes, Solo ditutup sementara waktu untuk dilakukan disinfektan.
Penelusuran Klaster Warung Soto di Solo Temui Jalan Buntu
Satgas Covid-19 Kota Solo menemui jalan buntu di penelusuran penyebaran corona dari klaster warung soto.
0
Menteri ATR/BPN Sebut UUCK Sebagai Regulasi Kreatif
Urgensi UUCK ini disampaikan langsung oleh Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan A. Djalil dalam dialognya bersama dengan ICMI se-Indonesia