UNTUK INDONESIA
Klaim Sudah Pulih, PM Inggris Akan Buka Lockdown
Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson mengatakan Inggris telah melewati puncak wabah corona, untuk itu ia berjanji akan membuka lockdown.
Boris Johnson (Foto: [email protected])

London - Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson mengatakan Inggris telah melewati puncak wabah corona Covid-19. Ia pun berjanji untuk menetapkan strategi membuka lockdown pada minggu depan, meskipun kematian meningkat dan kritik terhadap kebijakan pemerintah.

Sejak dinyatakan sembuh dari Covid-19, Johson menggelar konfernsi pers. Saat itu ia menawarkan harapan kepada warga Inggris yang dikurung. Namun, Johson tetap meminta warga mematuhi pembatasan sosial untuk memperlambat penyebaran virus.

Inggris tercatat menjadi negara dengan jumlah kematian tertinggi kedua di Eropa

Baca Juga: Inggris Salip China Jumlah Kasus Kumulatif Covid-19 

"Saya dapat mengkonfirmasi hari ini bahwa untuk pertama kalinya, kami melewati puncak penyakit ini. Kami melewati puncaknya dan kami berada di lereng yang menurun. Kami memiliki banyak alasan untuk berharap dalam jangka panjang," Kata Johnson seperti diberitakan dari Channel News Asia, Jumat dini hari, 1 Mei 2020.

Sangat penting bahwa kita sekarang tidak kehilangan kendali dalam memerangi virus Covid-19

Johnson belum bisa menyebutkan tanggal pasti kapan lockdown akan dibuka. Ia hanya menyebutkan kebijakan itu tentunya tetap berdasarkan saran dan data ilmiah.

medis inggrisPara penumpang transportasi umum berjalan melewati Canary Wharf, saat jumlah kasus positif virus corona (Covid-19) kian banyak di seluruh dunia dan saham Eropa turun tajam. Gambar ini di London, Inggris, Senin, 9 Maret 2020). (Foto: Antara/REUTERS/Dylan Martinez/nz/cfo).

Inggris tercatat menjadi negara dengan jumlah kematian tertinggi kedua di Eropa. Menteri Kesehatan Inggris, Matt Hancock menargetkan melakukan 100 ribu tes harian untuk menekan penyebaran virus Covid-19 pada akhir April. Namun pemerintah menghadapi pertanyaan mengenai kemungkinan kegagalan tersebut, yang disebut-sebut sebagai kunci untuk mengakhiri kuncian.

"Sangat penting bahwa kita sekarang tidak kehilangan kendali dalam memerangi virus Covid-19," ujar Johnson.

Simak PulaAncam Tularkan Virus Corona Pria Inggris Dipenjara

Perdana Menteri Inggris itu memberlakukan batasan ekonomi dan sosial yang ketat sejak enam minggu lalu untuk memperlambat penyebaran virus. Namun para menterinya telah berulang kali menolak untuk membahas kapan pembatasan itu akan berakhir. []

Berita terkait
Selandia Baru dan Negara yang Longgarkan Lockdown
Pemerintah Selandia Baru mulai melonggarkan kebijakan lockdown akibat pandemi Covid-19, Selasa, 27 April 2020 setelah hampir lima minggu.
Belgia Longgarkan Lockdown Mulai 4 Mei 2020
Belgia berencana melonggarkan aturan lockdown (karantina wilayah) secara bertahap mulai pada 4 Mei 2020.
Lockdown di India, Pekerja Migran Mulai Putus Asa
Ribuan pekerja migran memadati stasiun kereta api setelah PM India, Narenda Modi memperpanjang lockdown untuk menekan penyebaran virus corona.
0
Klaim Sudah Pulih, PM Inggris Akan Buka Lockdown
Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson mengatakan Inggris telah melewati puncak wabah corona, untuk itu ia berjanji akan membuka lockdown.