UNTUK INDONESIA
Kisah 18 Menit Sebelum Juve Hajar Dynamo di Liga Champions
Juventus meraih kemenangan atas Dynamo Kyiv di Liga Champions. Pelatih Andrea Pirlo sampai harus mengubah strategi setelah pemainnya cedera.
Juventus meraih kemenangan 2-0 atas Dynamo Kyiv di Liga Champions, Rabu, 21 Oktober 2020 dini hari WIB. Tampak kapten Leonardo Bonucci yang menggantikan Giorgio Chiellini dikepung pemain Dynamo di laga itu. (Foto: Tagar/juventus.com)

Jakarta - Juventus meraih kemenangan krusial atas Dynamo Kyiv di laga pertama Grup G Liga Champions. Striker Alvaro Morata memborong semua gol kemenangan 2-0 dalam duel di Stadion NSC Olimpiysky, Rabu, 21 Oktober 2020 dini hari WIB. Namun siapa sangka saat 18 menit pertama pelatih Andrea Pirlo harus mengubah komposisi pemain dan strategi karena seorang pemain. 

Juve mengawali pertarungan di Liga Champions dengan hasil memuaskan. Apalagi, kemenangan diraih di pertandingan tandang. Pirlo pun merasa senang karena tim bermain lebih baik saat ditahan Crotone 1-1 di Serie A Italia.

"Penting untuk bermain solid dibandingkan saat menghadapi Crotone. Kami tampil dengan organisasi yang rapi. Kami juga sepenuhnya menguasai permainan," ucap Pirlo seperti dikutip Football Italia.

Kami punya banyak pemain dengan karakter menyerang. Chiesa bisa bermain di kiri maupun kanan

Meski bermain solid dan menunjukkan performa bagus, namun Pirlo sempat dibuat pusing karena harus melakukan perombakan pada 18 menit awal pertandingan. Gara-garanya, kapten Giorgio Chiellini tiba-tiba kembali cedera otot. Padahal dirinya menjadi andalan di lini belakang dengan skema 3 bek. 

"Saya harus melakukan rotasi. Semula saat Leonardo Bonucci ikut menyerang, Giorgio tetap dipertahankan di belakang untuk mengantisipasi tekanan dari lawan," ujar Pirlo lagi. 

"Namun cedera yang dialaminya membuat saya harus melakukan perubahan. Beruntung Merih Demiral yang menggantikan dia bisa bermain baik," kata dia.

Chiellini sesungguhnya sudah merasakan ada masalah di otot saat memperkuat Italia di laga UEFA Nations League. Pirlo sampai tidak memainkan Chiellini di laga melawan Crotone agar bisa fit menghadapi Dynamo. 

"Chiellini mengalami cedera otot. Dia sudah merasakannya saat memperkuat Italia sehingga saya harus mengistirahatkan saat melawan Crotone. Kami harus mengevaluasi kondisinya," ucap Pirlo. 

Ronaldo Absen Lawan Dynamo

Perubahan juga dilakukan karena Juve masih belum diperkuat Cristiano Ronaldo. Sedangkan striker Paulo Dybala belum fit 100 persen sehingga baru turun di babak ke-2.  

Meski demikian, permainan menyerang I Bianconeri cukup memuaskan. Pemain sayap Federico Chiesa tampil impresif. Demikian pula Juan Cuadrado yang beroperasi di kanan. Mereka menopang Morata dengan sangat baik. 

Di laga itu, Juve baru bisa membobol gawang lawan di babak ke-2. Morata mencetak gol pertama di menit 46. Sedangkan gol ke-2 eks striker Atletico Madrid ini diciptakannya di menit 84.

"Kami punya banyak pemain dengan karakter menyerang. Chiesa bisa bermain di kiri maupun kanan. [Dejan] Kulusevski atau Aaron Ramsey bisa berperan sebagai trequartista dengan posisi di belakang striker," ujar Pirlo menjelaskan. 

Baca juga:

Membangkang Perintah Juventus, Ronaldo Malah Positif

Morata, 'Panic Buying' Juventus Usai Gagal Gaet Striker Roma

"Ingat kami masih belum diperkuat Ronaldo dan Dybala tidak dalam kondisi terbaik. Jadi, struktur serangan kami memang harus berubah," ucapnya. 

Usai menghadapi Dynamo di Liga Champions, La Vecchia Signora akan menjamu Verona di Serie A, 26 Oktober 2020. Selanjutnya, Juve menghadapi Barcelona dalam big match di Stadion Allianz. []

Berita terkait
Dybala Ngelike Ciutan dan Mengadu ke Bos Juventus, Ada Apa
Striker Juventus Paulo Dybala berulah saat nge-like ciutan di Twitter soal keputusan pelatih. Dia juga mengadu ke bos Juve mengapa tak dimainkan.
Lupakan Paulo Dybala, Tunggu Debut Chiesa di Juventus
Lupakan striker Paulo Dybala yang bakal absen saat Juventus menghadapi Crotone. Aksi debutan Federico Chiesa yang ditunggu di laga itu.
Pirlo Janjikan Juventus Tampil Beda Lawan Napoli
Juventus akan tampil beda saat menghadapi Napoli di Serie A Italia, Minggu, 4 Oktober 2020. Striker Paulo Dybala akan tampil di laga itu.
0
Pria Botak di Sumut Diancam 15 Tahun Penjara, Ini Kasusnya
Pria botak di Deli Serdang, Sumatera Utara, nodai adik ipar. Penjara 15 tahun menantinya.