UNTUK INDONESIA
Kiat Bambang Pamungkas Menjaga Kesehatan Kulit Wajah
Pesepak bola Bambang Pamungkas pensiun dari dunia olahraga yang digulutinya selama ini, bagaimana dia bisa menjaga kulit wajahnya selalu sehat?
Pesepak Bola Indonesia Bambang Pamungkas. (Foto: Instagram/@bepe20)

Jakarta - Penyerang Persija Bambang Pamungkas baru saja memutuskan pensiun dari dunia sepak bola. Selama menjadi atlet, pria kelahiran Semarang itu  mempunyai kiat merawat dan menjaga kulitnya agar terlihat bersih dan sehat. 

Bagi Bambang, 39 tahun, merawat kesehatan kulit merupakan hal penting lantaran "pekerjaannya" nyaris selalu "bersentuhkan" dengan teriknya cahaya matahari. Akibatnya, dia selalu mengalami masalah kulit berminyak. 

Meski begitu, Bambang  punya solusi sederhana agar kulitnya tidak mengalami sejumlah masalah yang bisa mengurangi rasa percaya dirinya,  yakni dengan mencuci muka dan memakai deodoran. 

Memang dengan mencuci muka secara rutin, tentu membuat kulit menjadi bersih dan berseri. Bahkan banyak manfaat yang bisa diperoleh dari cara sederhana tersebut. Berikut Tagar rangkumkan ulasannya  dari berbagai sumber. 

1. Cegah penumpukan sel kulit mati

Dengan mencuci muka tentu akan mencegah sel kulit mati yang menumpuk di muka. Namun, bukan hanya sekedar membersihkan wajah saja. Ada baiknya Anda menggunakan scrub atau masker agar sel kulit mati bisa terangkat. 

Hal ini untuk minimalisir timbulnya sel kulit mati. Untuk menjaga agar masalah seperti itu tidak terjadi, Anda bisa sekaligus memanfaatkan scrub satu minggu sekali dan masker wajah 2 hingga 3 kali seminggu. 

2. Cegah dan mengobati komedo atau jerawat

Dengan mencuci muka dengan rutin, tentu mencegah timbulnya permasalahan kulit seperti jerawat dan komedo. Hal itu bisa terjadi karena pori-pori wajah tersumbat dengan sisi kotoran di muka. 

Anda juga bisa mengatasi timbulnya jerawat dengan air garam. Sebab air garam itu sebagai antiseptik yang berfungsi mengurangi minyak di wajah dan menyembuhkan luka. Tetapi, untuk yang memiliki kulit sensitif disarankan untuk tidak memilih solusi yang satu ini. 

3. Menghaluskan dan mencerahkan kulit

Mencuci muka dengan rutin, tentu menjadikan kulit Anda halus. Jika kelembaban dan kebersihan wajah bisa terjaga, pasti tekstur kulit Anda tidak tampak kasar. 

Sabun wajah yang memiliki kandungan AHA juga dapat membantu mencerahkan kulit. Sehingga, kulit tidak terlihat kusam dan dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda. 

4. Mengecilkan pori-pori

Manfaat lainnya yang diperoleh dengan mencuci muka rutin adalah mampu mengecilkan pori-pori. Bagi Anda yang ingin mengatasi persoalan itu, seharusnya mulai mencuci muka dengan menggunakan air dingin. 

Untuk penggunaan air hangat dan dingin, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Sementara, pilihan air biasa juga paling ideal dan baik bila untuk pemakaian sehari-hari. 

5. Menghilangkan toksin dan racun di dalam kulit wajah

Jika Anda membersihkan muka dengan sabun yang cocok untuk kulit Anda, tentu persoalan ini bisa teratasi dan diselesaikan. Memang hempasan polusi setiap hari di kulit wajah bisa menimbulkan toksin dan racun. Jadi bila ingin menuntaskan permasalahan ini, sebaiknya Anda mencuci muka dengan rutin. 

Dari manfaat ini, Anda diharapkan bisa meningkatkan disiplin dan rajin merawat kesehatan kulit wajah sebaik mungkin supaya semakin bersinar dan memukau setiap hari. []

Baca juga:

Berita terkait
Tips Memilih Serum untuk Kulit Berminyak
Kulit berminyak bagi sebagian orang dianggap bermasalah karena kulit akan rentan muncul jerawat, komedo, dan noda lainnya.
Enam Cara Merawat Kulit Saat Musim Dingin untuk Pria
Musim dingin yang menusuk tulang dapat menyebabkan kulit kering, pecah-pecah dan kusam. Untuk itu, diperlukan perawatan agar kulit tidak rusak.
Merawat Kulit dan Rambut dengan Minyak Marula
Minyak marula berkhasiat meremajakan kulit dan bagus untuk rambut.
0
Jadwal Imsak dan Buka Puasa DKI Jakarta, 1 Mei 2020
Berikut jadwal lengkap imsak, jam salat, dan buka puasa hari ini Jumat 1 Mei 2020, untuk wilayah Provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya