Doa Selamat Dari Wabah Corona dalam Buddha

Banyak orang di dunia yang memanjatkan doa kepada Tuhan menurut kepercayaannya masing-masing agar diberikan perlindungan, termasuk agama Budha.
Ilustrasi Biarawan (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Tidak bisa dipungkiri pandemi Covid-19 sudah merebak di penjuru dunia. Kasus penyebarannya yang begitu cepat membuat banyak orang takut akan virus tersebut. Terlebih virus tersebut dapat mengancam nyawa orang yang terjangkitnya.

Banyak orang di dunia yang memanjatkan doa kepada Tuhan menurut kepercayaannya masing-masing agar diberikan perlindungan, salah satunya adalah agama Buddha. 

Rama Suherman Widjaja dari Majelis Agama Buddha Theravada Indonesia Tangerang Selatan, mengatakan ada beberapa doa (paritta) yang cocok untuk menyikapi pandemi Covid-19 ini.

1. Mangala Sutta Bojjhanga Paritta

2. Ratana Sutta Atanatiya Paritta

3. Karaniya Metta Sutta | Dhajagga Paritta

4. Khanda Sutta Mora Paritta

5. Buddhanussati Sakkatvatiadi Gatha

6. Dhammanussati Jinapanjara Gatha

7. Sanghanussati | Culla Mangala Cakkavala

8. Sivali Paritta Chant of Metta

Sutta, Patha, dan Gatha tersebutpun disarankan untuk dibaca pada waktu-waktu tertentu, seperti:

· 13.00-14.00

· 16.00-17.00

· 19.00-20.00

· 22.00-23.00

· 24.00-01.00

· 04.00-05.00

· 09.00-10.00

· 12.00-13.00

Selain itu, umat Buddha juga dapat melafalkan Mantra Hati Tara Peredam Wabah. Menurut True Buddha Foundation, mantra tersebut memerlukan percikan air suci (abhiseka) yang baru. Penganut agama Buddha dapat memohon abhiseka jarak jauh dari Mahaguru.

Bagi umat Buddha diperbolehkan membaca doa atau Mantra Hati Tara Peredam Wabah tersebut terlebih dahulu, lalu memohon abhiseka jika kondisi terdesak. Berikut bacaan Mantra Hati Tara Peredam Wabah.

嗡 達拉 都達拉 都拉 南摩 哈拉 喝拉 吽 哈拉 梭哈。

“Om Tara Tutara Tura Namo Hara Hera Hom Hara Soha.”

Aku bersujud kepada Ārya Tārā yang bermatakan surya dan candra

Menerangi dengan sinar murni nan cemerlang

Menyerukan HARA dua kali serta TUTTARA

Menghalau penyakit dan wabah yang mengerikan.[]


(Rafi Fairuz)


Baca Juga:

Berita terkait
Doa Agar Diberikan Kemudahan dan Kelancaran Segala Urusan
Dalam agama Islam, doa melengkapi daya dan upaya agar apa yang sedang kita kerjakan bisa diberikan kemudah serta kelancaran.
Inilah Kumpulan Doa-doa dalam Yudaisme
Doa merupakan cara seorang manusia untuk berbicara dengan tuhannya. Dalam doa kita dapat memohon dan mengucapkan syukur berikut doa dalam Yudaisme.
Wajib Tahu! 7 Doa Dasar Umat Katolik
Umat yang beriman adalah umat yang tidak lepas oleh Tuhan. Cara yang paling tepat mendekatkan diri dengan tuhan adalah berdoa.
0
Doa Selamat Dari Wabah Corona dalam Buddha
Banyak orang di dunia yang memanjatkan doa kepada Tuhan menurut kepercayaannya masing-masing agar diberikan perlindungan, termasuk agama Budha.