Keutamaan Doa Sebelum Salam atau Setelah Tahiyat Akhir

Menurut Syekh Wahbah Az-Zuhaili dalam Kitab Fiqhul Islam wa Adillatuhu juz 2, membaca doa sebelum salam termasuk dari salah satu sunah salat.
Ilustrasi tahiyat akhir (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Doa adalah suatu permohonan dari manusia kepada Allah SWT. untuk suatu yang diinginkan dan diperlukannya. Dalam berdoa pula, sikap seorang hamba yang beriman harus khusyu’ atau bersungguh-sungguh agar cepat diijabah.

Bacaan doa juga terdapat beragam, salah satunya saat sebelum salam atau setelah bacaan tahiyat akhir. Menurut Syekh Wahbah Az-Zuhaili dalam Kitab Fiqhul Islam wa Adillatuhu juz 2, membaca doa sebelum salam termasuk dari salah satu sunah salat.

Diriwayatkan dalam hadits Imam Muslim dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Jika kalian telah selesai membaca tasyahud akhir, maka mohonlah perlindungan kepada Allah dari empat perkara; dari siksa neraka jahannam, dari adzab kubur, dari bencana kehidupan dan kematian, dan dari bencana Dajjal.”

Adapun doa sebelum salam tersebut adalah

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ، وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ

Latin : “Allaahumma inni a’uudzubika min ‘adzaabil qabri wa min ‘adzaabinnaari jahannama wa min fitnatil mahyaa wal mamaati wa min fitnatil masiihid dajjaal.”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari adzab Jahannam, dari adzab kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, dan dari keburukan fitnah Dajjal.”

Keutamaan doa tersebut adalah untuk selalu berlindung kepada Allah SWT. atas siksaan atau azab neraka Jahannam. Selain itu, doa tersebut juga bertujuan agar hambanya terhindar dari azab kubur.

Doa tersebut juga berguna untuk selalu mendapat perlindungan dari Dajjal di akhir zaman. Sebab tipu muslihat dajjal yang sungguh menyesatkan membuat banyak manusia tergiur dan terpengaruh akan tipu muslihatnya.[]


(Rafi Fairuz)

Baca Juga:

Berita terkait
Doa dalam Agama Islam Saat Terkena Musibah dan Sakit
Musibah dan sakit, semua itu diatur oleh Allah SWT, bila Dia berkehendak maka terjadilah.
Kumpulan 5 Doa Agar Permintaan Dikabulkan oleh Allah SWT
Ikhtiar yang diartikan merupakan berupaya serta berdoa serta Rasulullah juga mengarahkan sebagian doa mustajab. Berikut kumpulan doa-doanya.
Kumpulan Doa Sehari-hari Menurut Ajaran Agama Hindu
Berdoa tidak hanya tentang memohon restu, tetapi doa merupakan bentuk rasa syukur kepada Tuhan.
0
Keutamaan Doa Sebelum Salam atau Setelah Tahiyat Akhir
Menurut Syekh Wahbah Az-Zuhaili dalam Kitab Fiqhul Islam wa Adillatuhu juz 2, membaca doa sebelum salam termasuk dari salah satu sunah salat.