Bacaan Lengkap Doa Qunut Arab, Latin, dan Artinya

Saat sholat subuh salah satu amalan sunnah yang dilakukan pada waktu solat adalah melakukan doa qunut.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Saat sholat subuh salah satu amalan sunnah yang dilakukan pada waktu solat adalah melakukan doa qunut. Doa qunut subuh dibaca saat memasuki rakat kedua. 

Setelah membaca bacaan iktidal sebelum bersiap untuk posisi sujud di rakaat kedua. Menurut Buya Yahya, hukum melakukan doa qunut dijelaskan pada mahzab Imam Syafi’I adalah sunnah muakkad atau sunnah yang sangat dianjurkan untuk didirikan.

Diriwayatkan dari Anas bin Malik R.A “Beliau berkata, “Rasulullah SAW senantiasa membaca doa qunut ketika shalat subuh sampai beliau wafat.” (HR. Ahmad).

Doa qunut ini memiliki berbagai manfaat untuk para pemabaca doa ini di antaranya;

1. Meminta perlindungan Allah dari godaan jin,sihir dan melindungi dari bahaya kecelakaan dan musibah. Doa qunut minta perlindungan Allah dari segala bentuk marabahaya dan penyakit. “Berilah aku perlindungan sebagaimana orang yang Engkau lindungi.”

2. Meminta kepada Allah untuk ditunjukan petunjuk, “Allahumahdina fiiman hadait” yakni memohon kepada Allah agar diberikan hidayah sebagaimana orang yang telah beri petunjuk.”

3. Meninta keberkahan dalam hidup, “Berilah berkah pada segala yang telah Engkau berikan kepada kami”.

4. Dijauhkan dari berbagai kejahatan, “Jauhkanlah kami dari segala kejahatan yang telah Engkau pastikan. Sesungguhnya Engkau adalah Dzat yang Maha menentukan dan Engkau tidak dapat ditentukan”.

5. Doa ini meminta agar disayang Allah. “Sayangilah aku sebagaimana orang yang telah Engkau sayangi.” Allah kuasa melakukan apa pun terhadap makhluk-Nya.

6. Dan yang terakhir mohon agar terhindar dari sifat hina dan meminta agar dimuliakan. “Sesungguhnya orang yang Engkau bela tidak akan terhina. Dan tidak akan mulia orang yang Engkau musuhi.”

Berikut bacaan doa qunut beserta artinya yang diajarkan Rasulullah SAW:

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّ مَاقَضَيْتَ، فَاِنَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ وَاِنَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

“Allahummah dini fi man hadait, wa 'afini fiman 'afait, wa tawallani fi man tawallait, wa barik li fi ma a'thait, wa qini syarra ma qadhait, fa innaka taqdhi wa la yuqdha 'alaik, wa innahu la yazillu man wa lait, wa la ya'izzu man 'adait, tabarakta rabbana wa ta'alait, fa lakal hamdu a'la ma qadhait, wa astagfiruka wa atubu ilaik, wa shallallahu 'ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummiyyi wa 'ala alihi wa shahbihi wa sallam.”

Artinya: "Ya Allah tunjukanlah aku sebagaimana mereka yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah kesehatan kepadaku sebagaimana mereka yang telah Engkau berikan kesehatan. Peliharalah aku sebagaimana orang-orang yang telah Engkau lindungi. Berikanlah keberkahan kepadaku pada apa yang telah Engkau berikan. Selamatkanlah aku dari bahaya kejahatan yang telah Engkau tentukan...

...Engkaulah yang menghukum dan bukan dihukum. Tidak hina orang yang Engkau jadikan pemimpin. Tidak mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha Tinggi. Bagi-Mu segala pujian di atas apa yang Engkau tentukan. Aku memohon ampun kepada-Mu dan bertaubat kepada-MU. Semoga Allah mencurahkan rahmat dan karunia atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabatnya."[]


(Egy Setya Ramadhan)



Baca Juga:

Berita terkait
Kumpulan Doa Pendek yang Mudah Dihafalkan Anak-anak
Menghafal doa pendek bagian dari upaya menanamkan nilai-nilai agama untuk anak oleh orang tua.
Kumpulan Doa Cepat Menemukan Jodoh yang Baik
Banyak yang bilang bahwa jodoh itu tak akan ke mana. Namun kalau Tagarians tak berusaha, bukan tak mungkin akan kesulitan mendapatkan jodoh.
Kumpulan Humor Gus Dur Paling Lucu
Gus Dur juga banyak memiliki humor lucu yang bisa membuat seseorang tertawa terpingkal-pingkal. Ia juga banyak mengajarkan tentang kehidupan.
0
Bacaan Lengkap Doa Qunut Arab, Latin, dan Artinya
Saat sholat subuh salah satu amalan sunnah yang dilakukan pada waktu solat adalah melakukan doa qunut.