Ketua MPR Minta Pemerintah Berikan Perlindungan Nakes Papua

Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta pemerintah Indonesia untuk memberikan perlindungan kepada tenaga kesehatan yang berada di wilayah Papua.
Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Bambang Soesatyo. (Foto: MPR)

Jakarta - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Bambang Soesatyo meminta pemerintah Indonesia untuk memberikan perlindungan kepada tenaga kesehatan yang berada di wilayah di Papua dari berbagai macam tindak kekerasan dan ancaman keselamatan.

"Pemerintah pusat dengan dukungan TNI-Polri dan pemerintah provinsi hingga kabupaten/kota se-Papua bisa menjamin keselamatan dan keamanan tenaga kesehatan yang bertugas di berbagai fasilitas kesehatan di berbagai wilayah Papua," kata Bambang Soesatyo adalam keterangannya, Senin, 20 September 2021. 


Gangguan terhadap keamanan dan keselamatan para tenaga kesehatan merupakan alarm tanda bahaya terhadap kemanusiaan.


Hal ini disampaikan Ketua MPR, karena terdapat tindakan teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua yang membakar Puskesmas di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. Tindakan KKB tersebut membuat para tenaga kesehatan perempuan sampai dilecehkan hingga tewas, serta ditendang ke jurang.

Dalam pandangannya, perlindungan terhadap tenaga kesehatan sangat diperlukan, terutama di tengah suasana pandemi Covid-19, kehadiran tenaga kesehatan sangat dibutuhkan karena merupakan pejuang garda terdepan dalam menyelamatkan nyawa manusia.

"Gangguan terhadap keamanan dan keselamatan para tenaga kesehatan merupakan alarm tanda bahaya terhadap kemanusiaan," ujarnya.

Ketua MPR juga mengutuk keras tindakan biadab teroris KKB di Papua yang membakar Puskesmas di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Menurutnya, serangan terhadap fasilitas kesehatan merupakan serangan terhadap kemanusiaan sehingga tidak dapat dibenarkan atas nama apapun.

Sebelumnya, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono menegaskan bahwa keamanan nakes di Papua menjadi perhatian aparat TNI maupun Polri.

"Tentunya ketika ada dorongan untuk bagaimana bisa mengamankan nakes, ya itu menjadi perhatian TNI-Polri untuk bisa mengamankan itu, sehingga pelayanan-pelayanan kesehatan di Papua bisa berjalan dengan baik," kata Rusdi.

Terkait permintaan Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) untuk perlindungan tenaga kesehatan di Papua, menurut Rusdi, hal itu sudah menjadi hal yang diperhatikan oleh Mabes Polri. []

Berita terkait
Bambang Soesatyo: Parpol Tulang Punggung Demokrasi
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan bahwa sebagai tulang punggung demokrasi partai politik (Parpol) menjadi pangkal penyelenggaraan negara.
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo Ajak Warga Bali Amankan Nataru
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengajak masyarakat memastikan momentum perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di Bali aman dan kondusif.
Surah At-Takasur untuk Ketua MPR RI Bambang Soesatyo
Pamer kemewahan dalam video buatan Andre Taulany, Ketua MPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet mendapat kiriman surah At-Takasur dari Imam B. Prasodjo.
0
Ketua MPR Minta Pemerintah Berikan Perlindungan Nakes Papua
Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta pemerintah Indonesia untuk memberikan perlindungan kepada tenaga kesehatan yang berada di wilayah Papua.
8 Cara Memutihkan Gigi dengan Bahan Alami
Lionel Messi Belum Cetak Gol untuk PSG