UNTUK INDONESIA
Surah At-Takasur untuk Ketua MPR RI Bambang Soesatyo
Pamer kemewahan dalam video buatan Andre Taulany, Ketua MPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet mendapat kiriman surah At-Takasur dari Imam B. Prasodjo.
Bambang Soesatyo atau Bamsoet. (Foto: Tagar/Liputan 6)

Jakarta - Sosiolog Imam B. Prasodjo mengirimkan surah At-Takasur untuk Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Bambang Soesatyo akrab disapa Bamsoet. Surah tersebut dikirim saat Imam dimintai tanggapan, Rabu, 12 Agustus 2020. tentang Bamsoet yang memamerkan barang-barang mewahnya termasuk Ferrari seharga Rp 53 miliar.

Surah At-Takasur terdiri dari delapan ayat dengan teks berbahasa Arab dan terjemahannya: 1. Bermegah-megahan telah melalaikan kamu, 2. sampai kamu masuk ke dalam kubur. 3. Janganlah begitu, kelak kamu akan mengetahui (akibat perbuatanmu itu), 4. dan janganlah begitu, kelak kamu akan mengetahui. 5. Janganlah begitu, jika kamu mengetahui dengan pengetahuan yang yakin, 6. niscaya kamu benar-benar akan melihat neraka Jahiim, 7. dan sesungguhnya kamu benar-benar akan melihatnya dengan 'ainul yaqin. 8. kemudian kamu pasti akan ditanyai pada hari itu tentang kenikmatan (yang kamu megah-megahkan di dunia itu).

Pakar intelijen Stanislaus Riyanta dalam wawancara dengan Tagar, Rabu, mengatakan tidak ada hukum yang dilanggar Bamsoet dengan pamer harta. "Dari sisi yang paling dasar, apakah itu salah atau tidak, tidak ada hukum yang dilanggar. Tapi memang dalam situasi seperti ini ketika bangsa penuh keprihatianan, covid, dan ini menjadi bencana nasional, saya kira kita harus ikut berbela rasa, tidak menunjukkan kemewahan atau hal-hal yang membuat orang menjadi tidak simpatik."

Stanis juga melihat sisi lain, bukan bermaksud membela Bamsoet, "Tapi kita harus lihat, ini jangan-jangan justru dipancing-pancing oleh YouTuber untuk menaikkan rating mereka. Karena kita melihat beberapa kasus, tidak hanya Bamsoet, dipancing YouTuber akhirnya jadi masalah, seperti ada satu orang mengaku ahli mikrobiologi, ini kalau enggak dipancing-pancing atau dieksploitasi, tidak akan muncul."

Pemerintah perlu membuat standar etika untuk pejabat, termasuk bagaimana mereka bisa hidup sederhana. Toh kita tahu dia pejabat, tidak mengurangi hormat kita kalau dia hidup sederhana.

Ferrari Klasik Bamsoet 1Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet), menunjukkan mobil Ferrari klasiknya pada Youtuber Andre Taulany. (Foto: Tagar/Youtube Taulany TV)

Perburuan konten oleh YouTuber, kata Stanis, harusnya jangan hanya mengejar rating, tapi juga memperhatikan asas etik dan kepatutan, harus peka terhadap situasi yang terjadi saat ini.

Di sisi lain lagi, Stanis melihat bisa saja pejabat tidak peduli kondisi rakyat, tidak ada sense of crisis. "Itu bisa saja terjadi atau mungkin tidak tahu apa yang sedang dialami rakyat, kurang paham apa yang dialami masyarakat sekarang, bahwa orang untuk mencari uang untuk makan hari ini saja susah karena pembatasan sosial, dan mereka malah memamerkan kekayaannya."

Memang kepekaan sosial harus diasah, kata Stanis, "Dan saya khawatir ketika orang sudah menjadi pejabat, kepekaan sosialnya turun, karena dia tidak berada di lingkungan masyarakat seperti itu. Nah ini yang harus terus diasah. Saya akan salut dengan seorang pejabat yang hidup sederhana, bersahaja, membumi dengan masyarakat. Ini yang sangat sulit dicari."

Dan sebaiknya, kata Stanis, memang sebagai pejabat harus siap untuk tetap membumi. "Bukan gengsi, wah kalau saya pejabat harus menunjukkan ini atau kebutuhan eksistensinya, saya pengin eksis nih, ingin menunjukkan, ini cukup tidak peka sosial. Karena memang eksistensi mereka baru pada tahap harta. Mereka misalnya punya eksistensi di luar harta, mungkin akan menunjukkan, ini karya saya, bukan hartanya. Mungkin itu tidak ada yang bisa dipamerkan selain hartanya."

Pejabat di luar negeri rela mundur ketika tidak sesuai dengan etika yang berlaku. Hal sebaliknya di Indonesia, kata Stanis, "Ini masih kurang di kita. Yang namanya etika itu tidak tertulis, tidak ada sanksi hukum, hanya sanksi sosial, mungkin akan kehilangan popularitas, kehilangan pendukung. Ini yang harus ditetapkan bahwa perlu standar yang tinggi."

Stanis mencontohkam Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menerapkan standar etika cukup tinggi bagi karyawannya. "Misalnya tidak boleh ditraktir orang. Seperti itu cukup bagus. Harapannya, pemerintah juga punya standar etika untuk pejabat. Ini harus dibuat dan disosialisasikan untuk dilakukan para pejabat."

Koleksi Mobil BamsoetYoutuber Andre Taulany menjajal salah satu motor roda tiga koleksi Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet). (Foto: Tagar/Taulany TV)

Karena kalau tidak ada standar etika, kata Stanis, "Pejabat dan kebiasaannya memamerkan harta akan memancing pejabat lain untuk seperti itu, nanti ujungnya bisa terjadi mereka mencari sumber pendapatan untuk memenuhi standar itu. Itu cukup berbahaya. Gaji pejabat berapa, kecuali yang sudah kaya, itu okelah. Tapi kalau pejabat baru terpaksa mengikuti gaya hidup pejabat lain, mencari pendapatan lain, bisa menjadi pemicu terjadinya fraud atau korupsi."

Stanis menegaskan, "Pemerintah perlu membuat standar etika untuk pejabat, termasuk bagaimana mereka bisa hidup sederhana. Toh kita tahu dia pejabat, tidak mengurangi hormat kita kalau dia hidup sederhana."

Sebelumnya, kemewahan Ketua MPR Bambang Soesatyo terekam dalam video berjudul 'Dobrak Rumah Mewah Bamsoet, Koleksi Ferrari Klasik Harga 53 Miliar', diunggah YouTuber Andre Taulany di YouTube, Selasa, 11 Agustus 2020.

Video memperlihatkan Andre mendatangi rumah Bamsoet. Andre disambut koleksi binatang langka yang diawetkan, yakni harimau.

Bamsoet menunjukkan ruangan mewah dengan ornamen hiasan bergaya Maroko. Menurutnya ornamen ukiran itu dibelinya di salah satu pasar di Maroko. Ruangan itu merupakan kantor pribadi Bamsoet.

Di ruangan berikutnya, Bamsoet menunjukkan lukisan harimau yang terpasang di dinding. “Shio saya macan,” kata Bamsoet.

Bamsoet juga menunjukkan cerutu yang menurutnya merupakan buatan lokal, dengan merk Bambang Soesatyo. “Enggak kalah sama buatan Kuba.”

Di sebuah ruangan besar, tampak koleksi mobil Ferrari klasik senilai Rp 53 miliar, Vanderhall, motor Batman beroda tiga dan Motor Harley Davidson roda tiga.

Video itu mendapat tanggapan beragam dari netizen.

Krisno Ronaldo berkomentar, "Mantap, saat pandemi habis dipecat perusahaan, melihat pameran kekayaan wakil rakyat, josss the next papa setnov."

Blank blank menulis, "Sedih banget ya Gan, kita mah kesusahan, Ketua MPR malah kerjanya nongol di YouTube pamer kekayaan."

Tonton dalam video berikut ini, perbincangan Tagar bersama pakar intelijen Stanislaus Riyanta tentang gaya hidup mewah Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Baca juga: Harimau yang Diawetkan dan Ferrari Milik Bamsoet

Berita terkait
Kasus AJB Bumiputera, Bamsoet: OJK Jangan Main-main
Ketua MPR Bambang Soesatyo mendesak Otoritas Jasa Keuangan untuk segera menyelesaikan permasalahan dari perasuransian yang menimpa AJB Bumiputera.
Bamsoet Minta ASN Jaga Netralitas Pilkada 2020
Ketua MPR Bambang Soesatyo menegaskan pemerintah agar memberikan sanksi tegas pada Aparatur Sipil Negara aktif yang tidak netral di Pilkada 2020.
Bamsoet Minta Nadiem Tinjau Ulang Belajar Tatap Muka
Bamsoet meminta pemerintah mempertimbangkan kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim yang memperbolehkan sekolah menggelar belajar tatap muka.
0
Hasil Pemeriksaan Istri Salim Kancil di Polda Jatim
Polda Jawa Timur akan melakukan gelar perkara usai memeriksa istri dan anak Salim Kancil serta Bupati Lumajang usai dilaporkan pengusaha tambak.