Ketika Hewan Membawa dan Menularkan Penyakit

Badan kesehatan di Arizona, AS, temukan pemicu penyakit pes pada kutu. Inang utama penyakit itu adalah hewan pengerat
Bukan Hanya Pes Yang Berbahaya (Foto: dw.com/id)

Jakarta - Badan kesehatan di Arizona, Amerika Serikat (AS), menemukan pemicu penyakit pes pada kutu. Inang utama penyakit itu adalah hewan pengerat. Tapi bukan pes saja yang ditularkan dari hewan ke manusia.

sehat1Penyebab Pes (Foto: dw.com/id)

Penyebab Pes - Yersina pestis. Demikian nama bakteri yang ditemukan pada kutu oleh badan kesehatan di Arizona. Bakteri ini penyebab pes. Kutu bisa menyebarkan bakteri dari hewan pengerat ke manusia. Untuk mencegah penularan, orang diminta menjaga jarak dari binatang liar. Sementara hewan peliharaan harus dilindungi dari parasit dengan obat-obatan.

sehat2Bukan Hal Istimewa (Foto: dw.com/id)

Bukan Hal Istimewa - Kasus penyakit pes jarang ditemukan di AS. Tapi tiap tahun rata-rata ditemukan 7 kasus infeksi pes. Di negara-negara maju pes sudah bisa ditangani dengan baik menggunakan obat-obatan. Tapi jika tidak ditangani, penyakit ini bisa menyebabkan kematian.

sehat3Imut Tapi Bisa Berbahaya (Foto: dw.com/id)

Imut Tapi Bisa Berbahaya - Di taman nasional Yosemite, AS tahun 2015 dua pengunjung ditemukan tertular pes. Bakteri kemungkinan besar ditularkan bajing. Pengurus taman nasional menutup sebuah lokasi camping, Agustus , setelah dua bajing yang jadi inang bakteri ditemukan mati. Di seluruh dunia tiap tahun tercatat sekitar 300 kasus pes. Sebagian besar di Madagaskar, Republik Demokrasi Kongo dan Peru.

sehat4Bukan Hanya Pes Yang Berbahaya (Foto: dw.com/id)

Bukan Hanya Pes Yang Berbahaya - Selain pes, ada banyak penyakit yang bisa ditularkan hewan ke manusia. Ini disebut Zoonosis. Terutama balita dan orang lanjut usia serta perempuan hamil rentan terhadap infeksi virus, bakteri, jamur dan parasit. Oleh sebab itu, kesehatan hewan peliharaan di rumah juga harus diperhatikan.

sehat5Demam Akibat Kucing (Foto: dw.com/id)

Demam Akibat Kucing - Kucing dan anjing kerap dianggap kawan paling erat manusia. Kedua hewan bisa jadi pembawa bakteri Campylobacter Jejuni. Bakteri ini penyebab diare. Selain itu, kucing juga jadi inang bakteri Bartonella, yang menyebabkan demam dan peradangan. Sementara Toxoplasmosis, yang dipicu parasit Toxoplasma Gondii, bisa menyebabkan komplikasi pada kehamilan.

sehat6Jalur Infeksi Melalui Beberapa Hewan (Foto: dw.com/id)

Jalur Infeksi Melalui Beberapa Hewan - Infeksi virus yang biasanya hanya muncul di kawasan pedesaan adalah cacar sapi. Virus ini menular lewat kotoran sapi kepada tikus yang habitatnya di tempat sapi merumput. Tikus kemudian dimakan kucing, yang di lalu bermain dengan manusia. Jika kucing mencakar, orang bisa tertular virus.

sehat7Sakit Akibat Hewan Melata (Foto: dw.com/id)

Sakit Akibat Hewan Melata - Amfibi dan reptil dianggap bertanggungjawab atas sejumlah besar infeksi salmonela pada pemiliknya. Sekitar 11 persen infeksi pada pasien dalam usia di bawah 21 tahun diakibatkan Leguane, kadal, ular juga kodok dan katak.

sehat8Penyakit Burung Bayan (Foto: dw.com/id)

Penyakit Burung Bayan - Penyakit ini adalah zoonosis yang terutama mengancam anak-anak dan orang dewasa yang kesehatannya lemah. Penyulutnya adalah sejenis bakteri Chlamydiaceae. Ini terutama ditemukan pada burung bayan, burung merpati dan burung kesturi. Orang biasanya tertular lewat kotoran burung yang kering dan tercampur dengan debu di udara.

sehat9Mencegah Penularan (Foto: dw.com/id)

Mencegah Penularan - Menurut peneliti, bagi orang yang sehat risiko tertular rendah, selama hewan mendapat imunisasi dan obat anti cacing, serta kebersihannya diperhatikan. Tetapi setelah bermain dan mengelus-elus hewan, orang sebaiknya cuci tangan, atau mengenakan sarung tangan ketika membersihkan kandang atau terrarium.

sehat10Bahaya Menusuk (Foto: dw.com/id)

Bahaya Menusuk - Tapi bukan hewan peliharaan saja yang bisa menularkan penyakit. Serangga berbahaya seperti nyamuk bisa "ikut" dalam kemasan barang yang berasal dari kawasan tropis, dan berkembang di daerah subtropis. Nyamuk Aedes Albopictus dari Asia menyebarkan demam berdarah dengue.

sehat11Rubah Biang Keladi di Jerman (Foto: dw.com/id)

Rubah Biang Keladi di Jerman - Kasus Rabies dulu ada di Jerman. Tapi tahun 2008 Jerman dinyatakan resmi bebas penyakit gila anjing ini. Rabies terutama ditularkan rubah. Penyakit ini berhasil ditaklukkan lewat aksi vaksinasi besar-besaran. Jika tertularkan ke manusia rabies biasanya menyebabkan kematian.

sehat12Jangan Terlalu Khawatir (Foto: dw.com/id)

Jangan Terlalu Khawatir - Tapi secara umum para peneliti menekankan, hubungan dengan hewan punya efek positif bagi manusia. Misalnya anak-anak yang dibesarkan bersama anjing atau burung lebih jarang menderita alergi atau infeksi saluran pernapasan. Selain itu anjing menyebabkan orang lebih sering bergerak, dan sehat secara psikis. Penulis: Gudrun Heise, Fabian Schmidt (ml/as)/dw.com/id. []

Berita terkait
Jawa Tengah Siaga Penyakit Hewan Menular ke Manusia
Penularan penyakit hewan ke manusia berpotensi meningkat. Apa langkah Jawa Tengah untuk mengatasinya?
Virus Corona dan 5 Jenis Penyakit Disebabkan Hewan
Virus corona memang sangat berdampak pada kematian, namun ada beberapa binatang yang bisa menimbulkan virus mematikan bagi manusia.
Musim Hujan Waspadai Penyakit Ancam Hewan Ternak
Di musim hujan Dinas Kesehatan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jawa Barat minta masyarakat waspada terhadap penyakit yang menyerang hewan piaraan
0
Megawati: Out Jika Enggan Jadi Petugas Partai PDIP
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengatakan kepada para petugas partai PDIP jika tidak mau menjadi petugas dan bekerja silakan keluar.