Untuk Indonesia
Kendaraan Ibu Kota Baru, Moeldoko: Harus Mobil Listrik
Moeldoko mendorong upaya menekan polusi udara di ibu kota baru menggunakan mobil listrik sebagai alat transportasi.
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di Gedung Bina Graha, Jakarta, Selasa 7 Mei 2019. (Foto: Antara/Bayu Prasetyo)

Jakarta - Presiden Joko Widodo menunjuk Kabupaten Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara sebagai ibu kota baru. Untuk menekan polusi udara, rencananya wilayah di Kalimantan Timur itu akan menggunakan kendaraan listrik sebagai alat transportasi.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko yakin wacana mobil listrik bakal dipakai di ibu kota baru dapat dilakukan. Rasa optimis itu disampaikannya setelah meresmikan pameran kendaraan listrik Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019.

"Pasti bisa, sebaiknya memang harus mobil listrik," kata Moeldoko kepada wartawan di  di Balai Kartini, Jakarta, Rabu, 4 September 2019.

Kendaraan ListrikSalah satu jagoan mobil listrik pabrikan Mitsubishi yang hadir di IEMS 2019, Mitsubishi Outlander PHEV. (Foto: Tagar/Thio Pahlevi)

Purnawirawan Jenderal Tentara Nasional Indonesia (TNI) ini juga berharap kendaraan listrik dapat digunakan di wilayah lain, khususnya daerah wisata.

"Kemarin Pak Presiden menuju daerah wisata di Toba. Di daerah lain, diharapkan itu mobil listrik semua," ucap Moeldoko.

Penggunaan kendaraan listrik ini, kata Moeldoko, bertujuan agar wisatawan di daerah wisata bisa menikmati udara yang bersih.

Kesiapan stasiun pengisian listrik juga turut disinggung oleh Moeldoko. Menurutnya, di ibu kota bisa dengan mudah disiapkan charging station-nya.

"Ya gampang lah itu, charging station enggak ada masalah, sangat mudah. Penempatannya enggak perlu ruang besar, yang penting ada aliran listrik, yang penting adalah ekosistem yang harus dibangun," tutur Moeldoko.

Baca juga:

Berita terkait
Soal Mobil Listrik, Ini Bukti Dukungan PLN
PLN punya bukti seirama dengan fokus pemerintah menyiapkan infrastruktur pendukung mobil listrik. Apa saja rencana PLN?
Sulap VW Kodok Jadi Mobil Listrik, Segini Biayanya
Baterai menjadi komponen termahal untuk mengubah mobil kuno menjadi listrik. Untuk menyulap VW kodok menjadi mesin listrik butuh dana Rp 60-80 juta
Kecanggihan Plymouth Barracuda 1970, Mobil Kevin Hart
Komedian asal AS, Kevin Hart, mengalami kecelakaan di mobilnya sendiri, Plymouth Barracuda 1970
0
Hukuman Push Up dan Bernyanyi Buat Warga Yogyakarta
Pelanggar perlintasan kereta api di Yogyakarta, dihukum dengan cara push up dan bernyanyi di depan petugas.