UNTUK INDONESIA
Empat Mobil Listrik Bebas Aturan Ganjil Genap Jakarta
Empat mobil listrik bebas aturan ganjil genap yang diterapkan di Jakarta. Apa saja merek dan jenis mobil listrik tersebut?
Simbol mobil listrik. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta resmi memperluas kebijakan ganjil genap untuk kendaraan mobil pribadi. Namun, ada empat mobil listrik bebas aturan ganjil genap yang diterapkan di Jakarta. 

Akun Twitter Dirlantas Polda Metro Jaya, @TMCPoldaMetro pada Kamis, 15 Agustus 2019, sempat menginformasikan sejumlah kendaraan listrik bebas melintas di wilayah ganjil genap Jakarta. 

Berikut ini Tagar rangkum empat mobil listrik yang cukup terjangkau dan dapat dijadikan referensi terbebas kebijakan ganjil-genap.

1. BMW i3

Produsen mobil asal Jerman, BMW resmi memasarkan produk mobil elektrik mungil mereka, BMW i3 di Indonesia sejak pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 pada 18 Juli 2019 lalu.

BMW i3 yang dijual di Indonesia mengusung mesin listrik jenis lithium-ion yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 170 tenaga kuda dan torsi sebesar 250 newton meter. Mesin ini mampu mencapai kecepatan puncak 150 km/jam dan dapat berjalan sejauh 160 kilometer.

BMW i3 merupakan mobil kompak yang biasanya dikenal dengan istilah city car. Mobil ini dijual di Indonesia dengan harga Rp 1,3 miliar.

BMW i3BMW model i3. (Foto: BMW Indonesia)

2. Renault Twizy

Perusahaan mobil asal Perancis, Renault sempat meperkenalkan kendaraan listriknya, Twizy di Indonesia beberapa waktu lalu. Sebenarnya mobil ini lebih tepat disebut quadricycle atau sepeda roda empat.

Namun, secara internasional, Twizy ini tetap digolongkan sebagai mobil bertenaga listrik dengan kapasitas penumpang 1-2 orang. Mobil ini mengusung mesin listrik jenis lithium-ion berkapasitas 6.1 kWh yang mengeluarkan tenaga sebesar 8.1 tenaga kuda. Dalam kondisi baterai penuh Twizy dapat berjalan sejauh 100 km.

Agen pemegang merek Renault di Indonesia, Maxindo menjual Twizy dengan harga Rp 400 juta off the road.

Renault TwizyMobil listrik Renault Twizy. (Foto: Wikipedia)

3. Tesla Model X

Mobil listrik asal Amerika Serikat, Tesla, dapat dibeli di Indonesia melalui importir umum, salah satunya Prestige Image Motorcars. Salah satu model yang bisa dibeli adalah Tesla Model X.

Mobil listrik bermodel Sport Utility Vechicle (SUV) ini mengusun mesin listrik berkapasitas 193 kWh dengan tenaga sebesar 259 tenaga kuda dan dapat berjalan sejauh 413 km dalam keadaan baterai penuh.

Tesla Model X merupakan SUV mewah dan dibanderol dengan harga sekitar Rp 2,65 miliar.

Tesla Model XMobil keluaran Tesla, Model X. (Foto: Wikipedia)

4. Wuling E100

Produsen mobil asal China, Wuling sempat memamerkan produk mobil listriknya, E100 dalam ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 lalu.

Wuling E100 merupakan mobil kecil dengan kapasitas 2 orang. Mobil ini mengusung mesin listrik berkapasitas 39 tenaga kuda dengan torsi 110 newton meter. E100 dapat berjalan sejauh 155 kilometer jika baterai dalam kondisi terisi penuh.

Pada saat itu Wuling mengaku berencana menjual E100 di Indonesia. Jika mengacu pada harga jual di China, E100 dijual dengan harga 38.500 Yuan atau sekitar Rp 76 juta.

Wuling E100Mobil listrik asal China, Wuling E100. (Foto: Wikipedia)


Berita terkait
Mungkinkah Mobil Listrik Punya Transmisi Manual?
Saat ini, seluruh mobil elektrik yang diproduksi massal hadir dengan transmisi otomatis.
BMW Rilis Mobil Tolak Bala Baru, Tahan Bom dan Tembakan
Produsen otomotif asal Jerman, BMW, merilis mobil dengan sistem tolak bala mutakhir. Dengan spesifikasi keamanan tahan bom dan tembakan,
Canggih! 2 Mobil Listrik Ini Bisa Jadi 'Genset' Dadakan
Mobil listrik canggih ini bisa digunakan untuk mengaliri listrik suatu tempat tinggal. Bisa jadi 'genset; dadakan.
0
Rose Blackpink Bareng Fan Chengcheng, Netizen Heboh
Fan Chengcheng membagikan foto bersama Rose Blackpink lewat akun Instagram pribadinya pada Jumat, 7 November 2019 membuat warganet heboh.