Untuk Indonesia
PLN Sediakan Daya Pengisi Super Cepat Kendaraan Listrik
PLN telah menyiapkan satu Stasiun Penyedia Listrik Umum dengan kemampuan Ultra Fast Charging.
Ilustrasi mobil listrik (Foto: Pixabay)

Jakarta - Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah menyiapkan satu Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) dengan kemampuan Ultra Fast Charging untuk mengisi daya kendaraan listrik di Jakarta.

"Ultra fast charging-nya ada satu, 150 kilo watt, kalau nge-charge 20 menit langsung full," kata General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) Ikhsan Asaad di Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019, Balai Kartini, Jakarta Selatan, dikutip dari Antara, Rabu, 4 September 2019.

Ketika disinggung mengapa PLN hanya mendirikan satu tempat untuk Ultra Fast Charging, Ikhsan menjelaskan bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan tersebut kendati masih terus digodok oleh pihak PLN.

Kami coba dulu ya, selain investasinya cukup mahal, Rp 1,5 miliar sampai Rp 2 miliar untuk satu ultra fast charging

"Kami coba dulu ya, selain investasinya cukup mahal, Rp 1,5 miliar sampai Rp 2 miliar untuk satu ultra fast charging. Makanya tahun ini (satu), tahun depan kami rencananya tambah lagi. Minimal memberi keyakinan ke masyarakat dulu ya," kata Ikhsan.

Walaupun hanya ada satu pos, Ikhsan meminta masyarakat untuk tidak khawatir, karena PLN juga akan membangun tiga stasiun fast charging, dan 10 normal charging di lokasi-lokasi strategis di Jakarta.

"Ada 10 normal charging, lalu tiga fast charging. Targetnya hingga akhir tahun ini (stasiun pengisian daya listrik dibangun)," ujar dia.

Sementara itu, terkait lokasinya, Ikhsan mengatakan bahwa pihaknya kini tengah berkoordinasi dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menempatkan pos-pos pengisian daya tersebut di beberapa titik strategis Tanah Betawi.

"Saya lagi minta izin sama Gubernur, agar posisinya nanti di dekat Monas, atau HI, biar aksesnya gampang," ujarnya. []

Berita terkait
Sulap VW Kodok Jadi Mobil Listrik, Segini Biayanya
Baterai menjadi komponen termahal untuk mengubah mobil kuno menjadi listrik. Untuk menyulap VW kodok menjadi mesin listrik butuh dana Rp 60-80 juta
Mungkinkah Mobil Listrik Punya Transmisi Manual?
Saat ini, seluruh mobil elektrik yang diproduksi massal hadir dengan transmisi otomatis.
Gojek dan Grab Jajal Sepeda Motor Listrik
Tranportasi ojek online Gojek dan Grab akan menjajal sepeda motor listrik atas kerja sama Kementerian Perindustrian.
0
Sah! DPR Resmikan Revisi UU KPK Meski Berpolemik
Polemik revisi revisi UU KPK yang masih bergejolak tetap tidak membuat DPR dan pemerintah bergeming. DPR resmi mengsahkan Revisi UU KPK hari ini.