Pemerintah Kota Makassar

Kenali Beberapa Risiko yang Muncul Saat Investasi Emas

Jika jumlah emas yang dimiliki cukup banyak, brankas dapat menjadi pilihan terbaik untuk mengatasi risiko investasi.
Emas (Foto: Tagar/Pixels/Michael Steinberg)

Jakarta - Salah satu investasi yang diminati banyak orang adalah emas. Hal tersebut dikarenakan tingginya jumlah transaksi yang terjadi dalam bentuk logam mulia. 

Emas juga dipercaya memiliki tingkat kestabilan yang cukup baik dalam dunia investasi dan tentunya mudah dicairkan karena mudah didapatkan.

Dalam transaksi investasi tentunya erat kaitannya dengan resiko. Risiko investasi tersebut biasanya berbanding lurus dengan imbal hasil yang akan didapatkan, yang dikenal dengan istilah high risk high return.

Berikut beberapa macam risiko yang sering terjadi di dalam investasi emas.


Emas palsu

Hal ini merupakan risiko yang benar-benar wajib untuk dihindari, sebab pada dasarnya kita tidak mengerti dan mengenali dengan baik kandungan yang terdapat di dalam emas yang kita miliki, baik itu bobot dan juga kadarnya.


Investasi bodong

Ini mungkin terdengar seperti sebuah kisah klasik dan sudah banyak diungkap oleh para penegak hukum, namun selalu saja ada yang tertipu karena hal ini. Investasi emas dengan iming-iming sejumlah keuntungan yang sangat besar adalah hal yang patut untuk dicurigai dan dihindari, sebab ini kemungkinan besar adalah sebuah tindak penipuan.


Kehilangan

Untuk mengatasi risiko seperti kehilangan, pencurian serta rusaknya komoditas emas, Anda perlu menyiapkan tempat penyimpanan khusus. Tidak dapat dipungkiri ada beragam tempat penyimpanan yang dapat dijadikan alternatif, baik itu di rumah, di bank maupun di pegadaian. 

Anda dapat membeli brankas khusus untuk menyimpan logam jenis tersebut di rumah.

Jika jumlah emas yang dimiliki cukup banyak, brankas dapat menjadi pilihan terbaik untuk mengatasi risiko investasi. Apalagi brankas juga memiliki sistem keamanan yang cukup baik. 

Namun jika Anda masih khawatir menyimpannya di brankas rumah, Anda juga dapat menyewa jasa penyimpanan safe deposit box di bank atau pegadaian

Itulah beberapa resiko yang dapat terjadi dalam berinvestasi emas. Perlu diingat, semua investasi pasti memiliki resiko. Meskipun akan selalu ada resiko yang terjadi dalam berinvestasi, kita harus siap untuk menerimanya.[]


(Ratu Mitha Amelia)

Baca Juga:

Berita terkait
Imbas Covid-19, Tugure Incar Emas Sebagai Investasi
Tugu Reasuransi Indonesia berencana membidik instrumen baru sebagai alternatif di tengah ketidakpastian akibat penyebaran virus corona.
Mau Investasi Jangka Panjang, Saatnya Beli Emas
Fluktuasi harga emas kembali memecahkan rekor. Terbaru, harga logam mulia ini diperdagangkan pada level Rp 851.000 untuk setiap gramnya.
Mau Investasi Emas, Disarankan Tak Lebih 3 Tahun
Pergerakan tajam harga emas dalam satu pekan terakhir membuat komoditas ini mulai dilirik kembali sebagai instrumen investasi.
0
Sejarah Perjalanan Mata Uang Negara Inggris
Selain menyematkan huruf braille, Pound Sterling merupakan satu-satunya mata uang yang mencetak logonya di atas lembaran uang kertasnya.