UNTUK INDONESIA
Kenali Alergi Matahari dan Pencegahannya Seperti Park Ji sun
Komedian asal Korea Selatan yang baru saja wafat sempat disebut memiliki alergi ultraviolet atau sinar matahari. Kenali pencegahannya.
Komedian asal Korea Selatan, Park Ji Sun. (Foto: NewsEn)

Jakarta - Mendiang Park Ji sun sempat menyebut memiliki alergi ultraviolet atau sinar matahari. Kondisi itu menyebabkan komedian asal Korea Selatan tersebut tidak nyaman beraktivitas ketika terpapar matahari, bahkan merasa tidak enak badan saat bekerja di bawah penerangan lampu panggung yang kuat.

Park Ji sun mengalami alergi matahari sejak enam tahun lalu. Sementara dalam dunia medis alergi ini sudah ada lama dengan sebutan solar urticarial.

Health Line dalam laporannya mengungkapkan, alergi matahari merupakan alergi langka. Kulit akan terasa gatal-gatal jika terkena sinar matahari. Gatal hingga bintik kemerahan biasanya muncul dalam beberapa menit setelah paparan sinar matahari.

Selain gejala utama berupa bercak kemerahan di kulit setelah terpapar cahaya matahagi, kondisi lain yang dialami penderita alergi ini di antaranya sakit kepala, mual, tekanan darah rendah, dan sulit bernapas.

Park Ji sunKomedian Park Ji sun. (Foto: Allkpop)

Baca juga:

Gejala berupa bercak kemerahan di kulit juga bervariasi, tergantung pada kepekaan tiap individu. Terkadang kulit penderita alergi ini bisa melepuh atau menjadi berkerak setelah terpapar cahaya matahari. Namun, ruam kulit itu tidak meninggalkan bekas luka saat sembuh.

Individu yang memiliki riwayat keluarga penderita alergi matahari rentan terkena kondisi kesehatan ini, begitu juga mereka yang kerap memakai parfum, desinfektan, dan dyes. Mengonsumsi antibiotik atau obat sulfa juga dapat memicu kondisi alergi ini saat terkena sinar matahari

Hingga saat ini dunia medis masih belum mengetahui secara pasti penyebab alergi matahari. Namun, ahli maupun tenaga medis menduga alergi ini terjadi karena sinar matahari mengaktifkan pelepasan histamin atau bahan kimia serupa di dalam sel kulit.

Mekanismenya digambarkan seperti reaksi antigen-antibodi, yaitu reaksi yang muncul saat sistem kekebalan tubuh menghasilkan antibodi untuk menangkal antigen atau iritan tertentu yang bereaksi terhadap sinar matahari.

Bagi yang mengalami alergi matahari sebaiknya selalu menyiapkan sejumlah peralatan ketika beraktivitas di luar rumah, atau terkena lampu panggung yang kuat.

Adapun peralatan yang perlu dipersiapkan di antaranya handbody, sunblock, pelembap, pakaian ganti ketika berkeringat, atau ketika berada di dalam ruang memakai humidifier portabel guna melembapkan udara dan mencegah kulit kering.

Berita terkait
Park Ji sun Bunuh Diri, Kenapa Polisi Tak Otopsi Jenazah?
Polisi Korea Selatan menegaskan tidak akan melakukan otopsi jenazah komedian Park Ji sun dan ibunya yang melakukan aksi bunuh diri.
Cegah Bunuh Diri, 5 Peran Orangtua saat Anak Tertekan Tugas Sekolah
Berkaca kepada kasus bunuh diri siswa SMA diduga akibat tertekan tugas PJJ atau sekolah online, bagaimana seharusnya peran orangtua?
Bagaimana Rasanya Disambar Petir?
Bunyi petir yang bersautan di langit saat hujan lebat membuat bulu kuduk bergidik. Kadang membayangkan, bagaimana rasanya tersambar?
0
Seks Bebas Penyebab Warga Aceh Tamiang Terjangkit HIV
Salah satu penyebab banyaknya warga Aceh Tamiang terjangkit Human Immunodeficiency Virus (HIV) akibat seks bebas.