UNTUK INDONESIA
Kementerian Perhubungan Selenggarakan Virtual Fun Bike
Kemenhub menyelenggarakan acara Virtual Fun Bike. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk sosialisasi penggunaan sepeda yang aman.
Virtual Fun Bike, bentuk sosialisasi pesepeda yang aman digelar oleh Kementerian Perhubungan (Foto:Tagar/dephub.go.id)

Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyelenggarakan acara Virtual Fun Bike. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk sosialisasi penggunaan sepeda yang aman. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 4000 pesepeda di 26 kota di Indonesia.

“Bersepeda saat ini menjadi sebuah tren dan gaya hidup baru di tengah pandemi. Kami ingin sepeda menjadi salah satu pilihan moda transportasi bagi masyarakat untuk melakukan aktivitasnya sehari-hari. Karena sepeda merupakan transportasi yang ramah lingkungan dan menyehatkan,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Jakarta, Sabtu, 17 Oktober 2020.

Dalam sistem transportasi massal, bersepeda merupakan bentuk dari Non Motorized Transportation (NMT) yang digunakan dalam tahapan first mile dan last mile saat berproses menggunakan transportasi publik.

“Sepeda bisa menjadi bagian dari integrasi antarmoda yang baik dengan transportasi publik seperti KRL, MRT, dan BRT,” ujar Menhub

Ia mengatakan, Kemenhub hadir untuk memberikan jaminan keselamatan dan keamanan bersepeda bagi masyarakat. Dengan menerbitkan Peraturan Menhub Nomor 59 Tahun 2020 tentang Keselamatan Pesepeda di Jalan untuk menjamin keamanan dan keselamatan pengendara sepeda.

“Dengan antusiasme masyarakat yang tinggi terhadap penggunaan sepeda, jangan sampai mengabaikan keselamatan yang mendatangkan penyesalan. Bersepeda dengan selamat menjadi suatu keharusan,” jelas Menhub.

Dengan antusiasme masyarakat yang tinggi terhadap penggunaan sepeda, jangan sampai mengabaikan keselamatan yang mendatangkan penyesalan.

Lebih lanjut Menhub meminta kepada seluruh masyarakat untuk selalu menggunakan perlengkapan keselamatan saat mengendarai sepeda seperti helm dan pelindung lainnya. Kemudian, patuhi rambu lalu lintas, protokol kesehatan, dan bersepeda dengan selamat.

Menhub menuturkan, para pegiat sepeda bisa menjadi agen yang baik untuk melakukan sosialisasi keselamatan bersepada kepada komunitasnya.

“Kita ingin Indonesia dapat menjadi salah satu negara yang menghargai dan menjaga kelestarian lingkungan dengan menggunakan transportasi yang bebas emisi seperti sepeda. Mari kita bersama menjadikan Indonesia yang ramah pesepeda,” katanya.

Kegiatan Virtual Fun Bike merupakan puncak dari rangkaian kegiatan Pekan Nasional Keselamatan Jalan, yang pada tahun ini mengambil tema “Kayuh Sepedamu Untuk Kesehatan Kita”. 

Kegiatan ini merupakan bentuk nyata bahwa Kemenhub hadir untuk memberikan jaminan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan bersepeda bagi masyarakat.

Dalam kegiatan tersebut juga diadakan pameran dan kontes sepeda secara virtual yang merupakan kegiatan pameran sepeda virtual pertama di Indonesia yang memamerkan sepeda-sepeda buatan dalam negeri, serta Webinar Bike Talks secara virtual. []

Baca juga: 




Berita terkait
Kemenhub dan Dekranas Beri Pelatihan Digital Pengrajin Toba
Kemenhub dan Dekranas memberikan pelatihan wirausaha digital kepada pengrajin di wilayah Toba, Sumatera Utara.
Menhub Apresiasi Civitas Akademika PPI Madiun
Menhub Budi Karya Samadi memberi apresiasi kepada civitas akademika di Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun atas inovasinya.
Menhub Hadiri Soft Launching Jalur Ganda KA 550 Kilometer
Menhub hadir di soft launching pengoperasian parsial jalur ganda kereta api (KA) lintas selatan Jawa sepanjang 550 kilometer.
0
Hambat Rentenir Desa, Kemendes PDTT Kembangkan 5.300 LKD
Kemendes PDTT dan OJK, sepakat mengembangkan Lembaga Keuangan Desa untuk menghambat rentenir dan menurunkan tingkat kemiskinan di Desa.