Kementerian PANRB Raih Penghargaan dari BSSN

Kementerian PANRB raih penghargaan Instansi dengan Profil Identifikasi Kerentanan dan Penilaian Risiko Terbaik Sektor Pemerintah Tahun 2020.
Penghargaan tersebut diberikan oleh Kepala BSSN Hinsa Siburian yang diwakilkan Sekertaris Utama BSSN Syahrul Mubarak kepada Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Andi Rahadian. (Foto: Tagar/dok. Kementerian PANRB)

Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dapatkan penghargaan dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) sebagai Instansi dengan Profil Identifikasi Kerentanan dan Penilaian Risiko Terbaik Sektor Pemerintah Tahun 2020 pada Senin 9 November 2020.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Kepala BSSN Hinsa Siburian yang diwakilkan Sekertaris Utama BSSN Syahrul Mubarak kepada Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Andi Rahadian.

Penghargaan yang diserahkan di Kantor BSSN, Depok tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada Kementerian APNRB yang telah memberikan andil dalam pengelolaan sistem informasi dan pengamanan indormasi pada sektor pemerintah dari ancaman serangan siber.

Tentu hal ini juga menjadi contoh dan motivasi serta dapat ditiru oleh instansi pemerintahan lainnya dalam pengelolaan sistem informasinya

Ini membuktikan komitmen Kementerian PANRB dalam meningkatkan sistem pencegahan dini kerawanan, risiko bocornya informasi sektor pemerintah dan mewujudkan keamanan informasi nasional.

Melalui sambutan yang dilakukan oleh Sekretaris Utama BSSN Syahrul Mubarak dirinya menyampaikan bahwa keamanan siber menjadi isu strategis di berbagai negara seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, termasuk juga Indonesia.

Ini sesuai dengan pesan Presiden Joko Widodo yang disampaikan melalui pidato kenegaraan pada bulan Agustus 2020 lalu, Presiden RI menyampaikan Indonesia harus siaga dalam menghadapi ancaman kejahatan siber yang juga termasuk kejahatan penyalahgunaan data serta siap dan tanggap terhadap kemungkinan adanya perang siber.

Oleh karena itu, Syahrul berharap dengan adanya ajang penganugerahan ini dapat menjadi motivasi bagi para instansi penerima untuk meningkatkan capaian dalam pengelolaan sistem informasi di instansinya.

“Tentu hal ini juga menjadi contoh dan motivasi serta dapat ditiru oleh instansi pemerintahan lainnya dalam pengelolaan sistem informasinya,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut terdapat dua instansi pusat dan tiga instansi daerah lain yang memperoleh penghargaan BSSN pada kategori yang sama yakni Kementerian Keuangan, Badan Pemeriksa Keuangan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Provinsi, Jawa Tengah, dan Pemerintah Provinsi Maluku.

Penghargaan ini diberikan atas beberapa kriteria kepada Instansi dengan Profil Identifikasi Kerentanan dan Penilaian Risiko Terbaik Sektor Pemerintah Tahun 2020. Kriteria tersebut yakni profil risiko sistem, jumlah sistem yang di-assessment, tingkat responsif dan tingkat inovasi penyampaian rentan keamanan siber.

Selain itu, Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Andi Rahadian mengatakan bahwa dengan diterimanya penghargaan kepada Kementerian PANRB menunjukan kerja keras yang telah dilakukan.

“Hal ini dapat dinilai sebagai bentuk pengakuan dan kepercayaan BSSN terhadap keandalan dan tingkat penilaian risiko yang baik dalam pengelolaan sistem informasi di Kementerian PANRB,” katanya.

Andi juga mengatakan bahwa Kementerian PANRB telah melakukan beberapa kerja sama dengan BSS seperti pemasangan perangkat guna menangkal serangan siber di Data Center Kementerian PANRB, dirinya juga sampaikan aplikasi yang dimiliki pihaknya telah melalui uji keamanan oleh BSSN sejak 2015.

Dirinya juga harapkan kerja sama antara Kementerian PANRB dengan BSSN dapat terus dilakukan khususnya pada upaya peningkatan pengelolaan keamanan sistem informasi dalam menghadapi tantangan siber di masa depan. []

Baca juga:

Berita terkait
Kemenpan RB Rencanakan Pelayanan Publik Berbasis Elektronik
Kemenpan RB rencanakan dan susun kebijakan peraturan penyelenggaraan e-services.
Kemenpan RB Dukung Maluku - Maluku Utara Tingkatkan Kinerja
Dukungan diberikan oleh Kemenpan RB terhadap Maluku dan Maluku Utara dalam meningkatkan kinerja SP4N-LAPOR!.
Kemenpan RB Jelaskan Soal Penghapusan ASN Honorer
Kementerian Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) meluruskan persepsi isu penghapusan ASN/PNS Honorer.
0
DPR Minta Pemerintah Tetap Sediakan Slot Jalur PNS Bagi Guru
Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda meminta pemerintah untuk tetap menyediakan slot jalur pegawai negeri sipil untuk para guru di Indonesia.