UNTUK INDONESIA

Kementerian ATR/BPN Kampanyekan Program Lewat Media Sosial

Kementerian ATR/BPN) menjadikan media sosial (medsos) sebagai salah satu sarana mengkampanyekan program-program kerja.
Kementerian ATR/BPN gelar workshop tentang penggunaan media sosial. (Foto:Tagar/atrbpn.go.id)

Jakarta - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menjadikan media sosial (medsos) sebagai salah satu sarana mengkampanyekan program-program kerja. 

Penggunaan media sosial atau medsos merupakan tren yang terus meningkat dan sangat mempengaruhi kehidupan setiap orang, tidak hanya generasi milenial, generasi sebelumnya pun akhirnya dituntut untuk memahami serta mempelajari penggunaan medsos ini. 

Guna mendukung penyampaian informasi, Kementerian ATR/BPN, melalui Biro Hubungan Masyarakat, konsisten memproduksi konten ataupun pemberitaan mengenai program-program strategis yang dijalankan. 

Selain itu, Kementerian ATR/BPN juga memiliki Tim Sinergi Media Sosial Aparatur Negara (SIMAN) yang juga aktif mengkampanyekan hal-hal positif mengenai Kementerian ATR/BPN. 

Berangkat dari hal tersebut, Biro Hubungan Masyarakat menyelenggarakan workshop dengan tema "Pengelolaan Sosial Media (Medsos) yang Efektif Dalam Rangka Penyampaian Informasi Kepada Masyarakat" di Hotel Aviary, Provinsi Banten, Rabu, 30 Desember 2020. 

Kegiatan ini menghadirkan narasumber praktisi komunikasi, yakni Regita Kemala, Kristoforus Aryo Bagaskoro serta Sony Banyu Arga.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Yulia Jaya Nirmawati mengatakan bahwa fenomena medsos membuat Kementerian ATR/BPN perlu menyiapkan sumberdaya manusia yang memahami strategi dalam mengelola medsos yang dimiliki, sehingga dapat memberikan informasi secara maksimal kepada masyarakat. 

"Harapan saya kedepan pengelola medsos di Kementerian ATR/BPN akan menjadi lebih baik, artinya dapat menyampaikan informasi-informasi tentang pertanahan yang disampaikan oleh Kementerian ATR/BPN yang dapat diterima dan dipahami oleh masyarakat, untuk itu hari ini pegawai di humas mengikuti workshop untuk menambah kompetensi di bidangnya," ujar Kepala Biro Hubungan Masyarakat.

Harapan saya kedepan pengelola medsos di Kementerian ATR/BPN akan menjadi lebih baik, artinya dapat menyampaikan informasi-informasi

Regita Kemala mengatakan bahwa dalam pengelolaan medsos perlu memperhatikan aspek internal serta eksternal. Dalam aspek internal, Kementerian ATR/BPN perlu memahami para Melalui penyampaian informasi yang benar-benar ingin diketahui dan dibutuhkan oleh masyarakat. Sementara dari aspek eksternal, ia menekankan perlunya mengelola . Digital Spesialist Regita Kemala mengatakan bahwa dalam pengelolaan medsos perlu memperhatikan aspek internal serta eksternal. Dalam aspek internal, Kementerian ATR/BPN perlu memahami para followers. Melalui penyampaian informasi yang benar-benar ingin diketahui dan dibutuhkan oleh masyarakat. Sementara dari aspek eksternal, ia menekankan perlunya mengelola big data

"Suatu kementerian perlu memperhatikan big data. Ini sangat penting karena melalui big data kita dapat memonitoring krisis yang terjadi serta memantau isu yang berkembang saat ini," kata Regita Kemala.

Sementara, Kristoforus Aryo Bagaskoro memberikan masukan tentang berbagai konten di media sosial, akun Instagram serta situs Kementerian ATR/BPN. Menurutnya engagement dari situs Kementerian ATR/BPN sudah tinggi. Akan tetapi dari sisi konten di Instagram harus memuat sedikit tulisan. 

"Gambar grafis yang disajikan perlu membangkitkan awareness para followers, karena saya melihat followersnya punya interest yang sangat spesifik," ungkap GM Social Media SCTV dan Indosiar ini. []

Baca juga:

 

Berita terkait
Kementerian ATR/BPN Bentuk Satgas Narkotika
Kementerian ATR/BPN membentuk satgas narkotika untuk menunjang kualitas perbaikan kinerja kementerian.
Menteri ATR/BPN: Penanganan Banjir Cijambe untuk Dipelajari
Menteri ATR/BPN Sofyan A. Djalil mengatakan penanganan masalah banjir Cijambe dapat dijadikan lesson learned untuk dipelajari bersama.
PPSDM Kementerian ATR/BPN Gelar Talkshow
PPSDM Kementerian ATR/BPN melaksanakan talkshow Learn and Share Bersama Pengusaha Muda Sukses.
0
Kementerian ATR/BPN Kampanyekan Program Lewat Media Sosial
Kementerian ATR/BPN) menjadikan media sosial (medsos) sebagai salah satu sarana mengkampanyekan program-program kerja.