Kemensos Maksimalkan Publikasi Media pada Harwan 2020

Penyelenggaraan Hari Pahlawan 2020 kali ini Kemensos tidak libatkan banyak massa melainkan maksimalkan publikasi media.
Helmi Yahya dan Juliari P. Batubara. (Foto: Tagar/Kemensos)

Jakarta – Kementerian Sosial akan selenggarakan peringatan Hari Pahlawan (Harwan) 2020 dengan tidak melibatkan banyak massa guna cegah penyebaran Covid-19.

“Untuk mencegah persebaran Covid-19, kami pastikan, Peringatan Harwan tahun ini, tidak akan melibatkan banyak massa. Kami akan lebih memaksimalkan publikasi melalui media, baik media sosial maupun media konvensional,” ucap Helmi Yahya selaku Ketua Panitia Harwan 2020 di Jakarta pada 2 November 2020.

Ini sesuai dengan intruksi Menteri Sosial Juliari P. Batubara kepada para jajarannya agar memastikan semua proses peringatan Harwan 2020 mematuhi protokol pencegahan Covid-19 namun tidak mengurangi hakikat acara itu sendiri.

Penyelenggaraan yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya ini akan di adakan pada 10 November 2020 yang dimulai pukul 08.00-19.00. Panitia Harwan juga telah menyiapkan desain untuk berbagai acara yang lebih banyak menggunakan platform daring dengan tagline “Semarak Hari Pahlawan”.

“Secara umum, Peringatan Harwan yang diselenggarakan Kemensos dibagi menjadi 3 bagian. Pra Event, Event, dan Paska Event,” ucap Helmy.

Pra event akan diramaikan dengan berbagai lomba yakni Lomba Foto Pahlawan, Lomba Kreatif Foto Pahlawan, dan Lomba Busana Mirip Pahlawan. Sedangkan pada saat event akan disiarkan secara langsung dari Makam Taman Pahlawan dan akan dihadirkan juga artis ternama untuk mengisi acara, Profil Pahlawan Nasional Pahlawan Masa Kini, Pahlawan di Sekitar Kita, Testimoni Hari Pahlawan dan tidak ketinggalan akan ada Quiz Hari Pahlawan dengan hadiah menarik.

“Kemudian juga digelar webinar menampilkan narasumber yang inspiratif dari berbagai kalangan, baik artis/public figure maupun masyarakat lainnya,” ucapnya.

Webinar nantinya akan disiarkan melalui Zoom dan YouTube sehingga dapat disaksikan oleh masyarakat dan juga berinteraksi dengan narasumber. Kemudian, akan disiapkan hadiah menarik untuk para penanya di setiap jamnya.

Baca juga:

Peringatan Harwan 2020 tahun ini mengusung tema “Pahlawanku Sepanjang Masa”. Pada Peringatan Hari Pahlawan nanti Presiden Joko Widodo akan menjadi inspektur upacara di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Jakarta pada 10 November 2020.

Pada acara tersebut Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin akan didampingi Menteri Sosial Juliari P. Batubara, dan pejabat terkait. Kemudian akan dilakukan mengheningkan cipta selama 60 detik dengan membunyikan sirine. Lalu pada hari peringatan tersebut, Ketua DPR RI Puan Maharani juga akan melakukan tabur bunga di laut. []

Berita terkait
Kemensos Pastikan Penyaluran Sembako Penuhi Ketentuan
Kemensos lakukan monitoring, teguran, dan tindakan efektif lain guna memastikan Bansos tersalurkan dengan baik.
Satu Tahun Mensos, Realisasi Anggaran Kemensos Capai 83,71%
Memasuki satu tahun Juliari P. Batubara menjabat sebagai Mensos, realisasi anggaran Kemensos capai 83,71%.
Kemensos Tingkatkan Kesiagaan Bencana di DKI Jakarta
Prediksi hujan deras membuat Kemensos tingkatkan kesiagaan bencana khususnya di DKI Jakarta serta kawasan lainnya.
0
Kursi Pelatih Real Madrid Panas Muncul Nama Carlo Ancelotti
Pelatih Everton itu bisa menemukan dirinya kembali di Estadio Santiago Bernabeu yang dikaitkan dengan kembalinya Real Madrid yang sensasional