Kemenparekraf-InJourney Berkolaborasi Pulihkan Pariwisata Nasional

Sinergi ini akan menggunakan setiap kesempatan strategis dalam upaya pemulihan pariwisata di Indonesia.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Kemententeri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersinergi dengan PT Aviasi Pariwisata Indonesia (InJourney) atau Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung untuk memulihkan pariwisata nasional.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan pihaknya dengan InJourney pasti akan menggunakan setiap kesempatan strategis dalam upaya pemulihan pariwisata di Indonesia.

“Untuk saat ini Kemenparekraf (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) dan InJourney akan segera bersinergi dan berkolaborasi dengan intens untuk memenuhi misi Indonesia menjadi destinasi pariwisata yang unggul,” kata Sandiaga, di Jakarta, dikutip dari Antara, Jumat 21 Januari 2022.

Kemenparekraf akan membicarakan lebih lanjut dengan InJourney mengenai apa saja program yang dapat disinergikan dengan kegiatan perusahaan BUMN tersebut. Sandiaga menyebutkan, beberapa kegiatan yang bisa disinergikan adalah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20, MotoGP Mandalika, dan KTT ASEAN.

Selain itu, sinergi dalam pengembangan lima Destinasi Super Prioritas (DSP) yakni Mandalika di Lombok, Danau Toba di Sumatera Utara, Likupang di Sulawesi Utara, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, dan Borobudur di Jawa Tengah.

“Langkah ini sebagai upaya mewujudkan ekosistem pariwisata yang terintegrasi khususnya dalam mengembangkan unsur utama pariwisata, atraksi, akomodasi, dan aksesibilitas (3A) di destinasi unggulan tersebut,” ujarnya.

Adanya InJourney juga diharapkan mendorong percepatan pemulihan pariwisata yang tahun ini difokuskan pada pemulihan di Bali, lima DSP, dan destinasi unggulan lain seperti Batam-Bintan, Banyuwangi Jawa Timur, serta Bandung Jawa Barat.

Menurut Sandiaga, Holding BUMN baru tersebut menjadi bagian penting dari ekosistem pariwisata dalam mendukung pemulihan sektor pariwisata dan dapat mengembangkan usahanya di tengah pandemi Covid-19 dengan mengandalkan kekuatan wisatawan domestik. Holding ini akan memfokuskan pembangunan dan penciptaan potensi pariwisata domestik yang potensial dan besar, serta mengintegrasikannya menjadi ekosistem dari hulu ke hilir.

“InJourney akan fokus mengembangkan potensi pariwisata domestik mengingat pembatasan perjalanan internasional masih dibatasi dengan menargetkan kunjungan wisata domestik sebanyak 330 juta wisatawan tahun ini. Sementara target mancanegara sebanyak 17 juta wisatawan,” kata Sandiaga. []


Baca Juga


Berita terkait
Indonesia dan Kamboja Jalin Kerjasama di Bidang Pariwisata
Kerja sama dua negara ini fokus kepadapromosi dan pemasaran pariwisata, pengelolaan destinasi pariwisata hingga kerja sama sektor swasta.
Kemenparekraf Dorong Wisatawan Nusantara Berwisata di Indonesia Saja
Terdapat dana 11 miliar dollar AS per tahun yang dibelanjakan wisatawan Indonesia ketika berwisata ke luar negeri.
Menparekraf Luncurkan Program Pendampingan Desa Wisata
Melalui pendampingan ini, para pengelola desa wisata diharapkan dapat memberikan pelayanan yang baik bagi wisatawan.
0
Sejarah Ulang Tahun Jakarta yang Diperingati Setiap 22 Juni
Dalam sejarah Hari Ulang Tahun Jakarta 2022 jatuh pada Rabu, 22 Juni 2022. Tahun ini, Jakarta berusia 495 tahun. Simak sejarah singkatnya.