Makassar, (Tagar 13/9/2018) - Pertandingan lanjutan Go-jek liga 1 pekan ke-21 mempertemukan tuan rumah PSM Makassar melawan tamunya Barito Putra berkesudahan dengan skor sama kuat 1-1.

Tim tamu unggul terlebih dahulu pada menit ke-67 melalui kaki Paulo Sitanggang. Dan PSM membalas melalui striker pengganti Ferdinand Sinaga pada menit ke-82.

Kedua tim memulai pertandingan dengan berhati-hati. Barito Putra yang bertindak sebagai tim tamu hanya menunggu PSM menyerang dan mereka pun membalasnya melalui serangan balik cepat.

PSM yang dituntut harus menang untuk memperbaiki posisinya di klasemen sementara mengurung pertahanan Barito Putra yang digalang bek Tim Nasional Hansamu Yama. Mengandalkan Alessandro Ferreira Leonardo di depan, PSM banyak melakukan umpan sayap, berharap postur jangkung Alessandro menyundul bola, akan tetapi beberapa kali juga Hansamu Yama mematahkan semua umpan crosing PSM Makassar.

Tak banyak peluang yang didapat PSM di babak pertama, hanya sundulan Abdul Rahman di menit 41 yang nyaris menjebol gawang Barito yang dijaga Adhitya Harlan, namun sundulannya masih menipis di sisi kanan gawang Barito Putra. Sampai akhir babak pertama skor 0-0 tidak berubah.

Memasuki babak kedua, tepatnya menit 54, Alessandro yang tidak bermain maksimal digantikan oleh Ferdinand Sinaga, dan Heri Susanto digantikan oleh Guy Junior. Masuknya Ferdinand Sinaga dan Guy Junior membuat serangan PSM lebih hidup.

Asyik menyerang justru gawang PSM kebobolan. Barito Putra memaanfaatkan kelemahan pemain belakang PSM yang naik membantu menyerang. Bola lambung dari Hansamu Yama berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh Paulo Sitanggang. 0-1 untuk keunggulan tim tamu Barito Putra.

Tidak mau malu di hadapan pendukung sendiri, PSM menggempur pertahanan Barito. Banyak peluang tercipta namun belum berbuah hasil

Usaha keras pemain PSM akhirnya berbuah manis di menit 82. Ferdinand dengan cerdik memaanfaatkan peluang di depan gawang Barito, dan gol. Kedudukan pun berubah sama kuat 1-1. Selepas gol tersebut PSM mengurung pertahanan Barito, namun berkat penampilan gemilang Adhitya Harlan, gawang Barito luput dari kebobolan. Sampai akhir pertandingan skor tidak berubah dan tetap sama kuat 1-1.

Dengan tambahan 1 poin, PSM bertahan di posisi 7 klasemen sementara dengan 31 poin. Sementara Barito Putra berada di posisi ke-5 dengan 33 poin.

Pelatih Barito Putra, Jackson F Tiago merasa bersyukur timnya berhasil menahan imbang tuan rumah PSM. Pertandingan pun berjalan lancar, aman, tidak ada keributan dan cedera pemain. 

"Kedua tim sudah keluarkan segala kemampuannya. Kami bersyukur bisa menahan PSM Makassar," katanya usai laga di Stadion Mattoanging, Kamis (13/9).

"Kami sangat berharap mendapat poin 3 di Makassar, tapi tidak mudah mengalahkan PSM Makassar di kandangnya. Pemain kami sudah bermain maksimal  dan keluarkan segala kemampuannya. Saya mengapresiasi setinggi-tingginya perjuangan para pemain menahan gempuran PSM Makassar," lanjut Jackson.

Dalam kesempatan sama, penjaga gawang Barito Putra Adhitya Harlan mengatakan, "Saya mewakili pemain Barito merasa bersyukur atas hasil yang diraih hari ini, bisa mencuri satu poin di Makassar."

"Ini pertandingan luar biasa. Hasil hari ini kami dedikasikan untuk pelatih kami Jackson, Insya Allah di 13 laga sisa kami akan bekerja lebih keras lagi untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang ada dan Barito Putra akan lebih baik lagi ke depannya," ujar Harlan.

Susunan Pemain

PSM Makassar: Rivky Mokodompit; Abd Rahman, Hasim Kipuw, Reva Adi Utama, Steven Paulle, Marc Klok, Rizky Pellu, Wiljan Pluim; Heri Susanto, M Rahmat, Alessandor Ferreira Leonardo.

Cadangan: Syaiful, Hendra Wijaya, Zulkifli Syukur, M Arfan, Saldi, Ferdinand Sinaga, Guy Junior.

Barito Putera: Adhitya Harlan; Nazar Nurzaidin, Hansamu Yama, M Rifqi, Aaron Evans, Jajang Sukmara; Matias Cordoba, Paulo Sitanggang, Douglas Packer; Marcel Sacramento, Samsul Arif.

Cadangan: Moh Tajiv Abizal, Ady Setiawan, Dandi Maulana, Fajar Handika, Gavin Kwan Adsit, Habel Nugroho, Rizky Pora. []