Kemana Akhirnya Lionel Messi (Akan) Berlabuh?

Langkah Lionel Messi, kapten Barcelona, yang akan habis kontraknya pada 30 Juni 2021 jadi perhatian klub-klub raksasa Eropa dan Amerika
Beberapa klub papan atas di Prancis, Inggris dan Amerika yang melirik Lionel Messi di musim panas 2021 (Foto: marca.com)

Oleh: Syaiful W. Harahap*

Spekulasi besar terus bergulir tentang akan kemana kapten Barcelona, Lionel Messi, akan berlabuh karena belum ada tanda-tanda dia aka perpanjang kontrak dengan Barcelona. Apakah dia tetap di Camp Nou atau mencari padang rumput baru, bahkan di luar Eropa?

Kontrak Messi, yang disebut oleh Pep Guardiola, pernah jadi pelatih di Barcelona, sebagai pemain sepak bola terbaik sepanjang masa akan berakhir di Barcelona tanggal 30 Juni 2021. Itu artinya tinggal menghitung hari.

sisi manusia messiSisi kemanusiaan Lionel Messi ketika diusir wasit dari lapanga saat melawan Athletic Club, Januari 2021 (Foto: marca.com)

Sang Messiah belum menunjukkan tanda-tanda memperpanjang kontrak dengan Barcelona. Bahkan, pada latihan, 21 Mei 2021, untuk laga terakhir La Liga musim 2020/2021 Messi absen dan tidak bermain pada laga terakhir (ke-38) dengan Eibar, 22 Mei 2021. Twitter resmi FC Barcelona sebut Messi diizinkan istirahat sekaligus mempersiapkan diri mengikuti Copa America, turnam sepak bola Amerika Latin.

1. Messi Beli Apartemen Mewah di Florida, AS

Ada sinyal dari Guardiola yang mengatakan penyerangnya di Manchester City, Sergio Aguero, akan bermain dengan Messi. Memang, proposal kontrak Aguero ke Barcelona disebut sudah oke. Namun, bisa saja Messi dan Aguero tidak merumput di Camp Nou tapi bermian untuk klub lain di Eropa atau di luar Eropa.

messi beli apartemen di miami

Lionel Messi dan apartemen mewah yang dia beli di Miami, Florida, AS (Foto: marca.com)


Soalnya, Messi sudah membeli sebuah apartemen dengan pemandangan laut di Miami, Florida, AS.

Baca juga: Messi Beli Apartemen Mewah di Florida, Pindah ke Amerika?

Klub-klub di liga Amerika (Major League Soccer) juga jadi pilihan pemain top dunia selain klub di negara-negara Arab dan China. Paling tidak ada 10 pemain top dunia yang berlaga di MLS, yaitu (menurut abjad):

  • Andrea Pirlo – New York City FC
  • David Beckham (Manchester United dan PSG) – LA Galaxy
  • Didier Drogba (Chelsea) – Montreal Impact
  • David Villa (Barcelona) – New York City FC
  • Frank Lampard (Chelsea) – New York City FC
  • Ricardo Kaka (AC Milan) – Orlando City
  • Steven Gerrard (Liverpoo) – LA Galaxy
  • Thierry Henry (Barcelona) – New York Red Bulls
  • Wayne Rooney (Manchester United, Everton) – DC United
  • Zlatan Ibrahimovic (Manchester United kini beramian di AC Milan) – LA Galaxy

Bisa saja Messi tergiur pindah ke MLS, apalagi ada fakta dia membeli apartemen di Florida.

2. Tawaran PSG yang Disebut Tiada Lawan

Seperti dilaporkan marca.com, klub raksasa Prancis, Paris Saint-Germain (PSG), terus berusaha meyakinkan Lionel Messi untuk bergabung dengan mereka pada musim panas mendatang.

messi dan neymarLionel Messi dan Neymar Jr ketika Neymar masih di Barcelona, sekarang Neymar di PSG klub Prancis yang sudah ajukan tawaran ke Messi (Foto: marca.com)

Dikabarkan PSG bersedia mengerahkan kekuatan finansial mereka untuk mewujudkan harapan mereka membawa Messi ke PSG. Tentu saja ini tidak main-main karena PSG sudah membuktikan mereka bisa menggaet Nyemar Jr dari Barcelona pada musim panas 2017, juga dengan nilai transfer yang fantastis yaitu 222 juta euro.

Dikabarkan PSG telah mengajukan tawaran dua tahun untuk Messi dengan opsi satu tahun tambahan. PSG yakin jumlah yang mereka ajukan tidak tertandingi oleh sebagian besar klub lain, termasuk tim Catalan.

Baca juga: PSG Tawarkan Kontrak Dua Tahun Kepada Lionel Messi

Ketika Messi absen latihan dan tidak ikut pada laga terakhir melawan Eibar, PSG dikabarkan terus memantau pergerakan Sang Messiah.

3. Saran Legenda Sepak Bola Mario Kempes

Perhatian dunia sepak bola terhadap Messi bisa juga dilihat dari tanggapan legenda sepak bola Argentina, Mario Kempes, ini. Menurut Kempes, dia percaya bahwa Lionel Messi harus meninggalkan Barcelona di musim panas tahun ini untuk bergabung dengan Manchester City, Paris Saint-Germain (PSG) atau Bayern Munich.

Lagi-lagi menurut Kempes rekan senegaranya itu tahu betul bahwa akan sulit baginya untuk memenangkan lebih banyak lagi gelar Liga Champions di Barcelona. Tapi, Kempes juga mengingatkaan bahwa Bayern Munich tidak akan bersedia mengeluarkan banyak uang untuk gajinya.

mario kempesMario Kempes (Foto: wikiwand.com/id/Mario_Kempes)

Sementara itu PSG sudah menawarkan kontrak dua tahun untuk Messi dengan opsi tambahan satu tahun. Menutut PSG tawaran yang mereka ajukan tiga kali lipat dari yang ditawarkan Barcelona.

Baca juga: Mario Kempes: Messi Harus Kembali Bergabung Dengan Guardiola

Itu artinya Messi kembali bersama Guardiola, sekarang di Manchester City. Tapi, tidak bermain dengan Aguero seperti yang disebutkan Guardiola. Bisa jadi mereka berdua bermain di klub lain yang kelak dilatih Guardiola.

Guardiola sendiri memilih klub Inggris karena ingin memecahkan rekor yaitu negara di tempat klub yang dilatihnya jadi juara Piala Dunia. Pertama ketika di Barcelona. Spanyol juara Piala Dunia, kedua di Jerman melatih Bayern Munchen, Jerman jadi juara Piala Dunia. Dia berharap Inggris bisa juara tapi gagal. Maka, bisa jadi Guardiola akan tetap bertahan di City.

4. Manchester City

Klub Liga Premier Inggris juga dikabarkan berahap Messi melirik City. Petinggi City disebut-sebut punya hubungan dengan Messi. City melihat ada bakat luar biasa pada diri Messi sehingga bisa berdampak yang sangat berate bagi kemajuan klub.

pep dan agueroKedekatan Sergio Aguero dengan Pep Guardiola seperti halnya kedekatannya dengan Lionel Messi (Foto: marca.com)

Pengaruh Messi tidak hanya di lapangan ketika berlaga, tapi juga di luar lapangan ‘sihir’ Messi memberikan efek positif terhadap klub. Petinggi City mengatakan, “Dia pemain terbaik di dunia, dia pemain terbaik di generasinya. Saya pikir klub mana pun di dunia ingin menjajaki kemungkinan dia bergabung dengan tim mereka. "

5. New York City FC

Messi pernah mengatakan bahwa dia juga ingin mengembangkan karirnya di MLS, “Satu hari nanti saya kan bermain di Amerika Serikat,” kata Messi kepada wartawan.

Dalam bahasa lain Messi mengatakan bahwa dia ingin menikmati pengalaman bermain sepak bola di liga MLS dan hidup di Amerika Serikat. Messi sudah membeli apartemen mewah di Florida yang bisa jadi sebagai bekal untuk merumput di Negeri Paman Sam yang belakangan ini mulai mengembangkan sepak bola (football) bukan sepak bola Amerika.

messi dan guardiolaLionel Messi dan Pep Guardiola di Barcelona (Foto: marca.com)

Namun, lagi-lagi Messi merendah dengan mengatakan hal itu (bermain di MLS) terjadi atau tidak dia mengaku tidak tahu.

Jika kelak Messi hengkang ke MLS maka dia mengikuti jejak pemain top sepak bola Eropa, seperti David Beckham, Thierry Henry, Steven Gerrard dan Wayne Rooney.

Manchester City bagian dari City Football Group dengan saudara kembarnya, New York City FC. Menurut ESPN, ada kemungkinan Messi bergabung kembali dengan Guardiola di Manchester City sebelum akhirnya bermian New York City FC sambil menunggu masa pensiun.

Namun, langkah Messi ke MLS juga perlu diperhatikan klub-klub lain, seperti LA Galaxy dan LAFC.

6. Real Madrid dan Atletico Madrid

Messi memang mengatakan bahwa di tidak mungkin pindah ke Real Madrid atau Atletico Madrid. Messi dengan tegas mengatakan, "Tidak, tidak mungkin." (Bahan-bahan dari marca.com, bbc.com/sport, goal.com, dan sumber-sumber lain). []

*Syaiful W. Harahap, Redaktur di tagar.id

Berita terkait
Guardiola Sebut Aguero Akan Bermain Dengan Messi
Pep Guardiola, pelatih Manchester City, mengatakan bahwa Sergio Aguero akan bermain dengan pemain terbaik sepanjang masa, Messi
PSG Mengamati Situasi Kontrak Barcelona dengan Lionel Messi
Barcelona belum mulai negosiasi perpanjangan kontrak dengan Lionel Messi, tapi PSG “mengamati lebih dekat" situasi tersebut
Lionel Messi Adalah The Pichichi of Pichichis
Bintang Barcelona meraih trofi pencetak gol terbanyak kedelapan sehingga Messi merupakan pencetak gol terbanyak dari semua pencetak gol terbanyak
0
Lionel Messi Masih di Barcelona
Iklan raksasa memperingati ulang tahun ke-50 Hard Rock Café dengan model Messi diluncurkan di pusat kota Barcelona