UNTUK INDONESIA
Keindahan Alam Pulau Belitung Lewat Komik Si Juki
Keindahan alam pulau Belitung diperkenalkan kepada masyarakat lewat buku komik Si Juki Seri Jalan-jalan Nusantara.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan didampingi komikus Faza Meonk meluncurkan buku 'Komik Si Juki Seri Jalan-jalan Nusantara: Petualangan di Belitung' di Jakarta, Jumat (21/6/2019). (Foto: Antara/Aditya Pradana Putra)

Jakarta - Keindahan alam pulau Belitung diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia lewat komik Juki. Buku komik Si Juki Seri Jalan-jalan Nusantara: Petualangan di Belitung ini diterbitkan Elex Media. Pulau Belitung ini berada di Provinsi Bangka Belitung.

Dalam peluncuran buku karya komikus Faza Meonk, Yahya M, dan Listya Chandrawidya di Jakarta, Jumat, 21 Juni 2019, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan buku ini tidak hanya untuk memberikan wawasan tentang Belitung saja, tetapi lebih kepada kemaritiman Indonesia.

"Ini sangat penting untuk anak-anak, dengan membaca buku ini diharapkan mereka dapat lebih mencintai Indonesia dan tergerak untuk lebih menjaga lingkungan alamnya," kata Luhut, dikutip dari Antara, Jumat 21 Juni 2019.

Komik setebal 120 halaman, buku petualangan di Belitung ini menceritakan pengalaman kocak tokoh karakter Si Juki dan Mang Asing saat berjalan-jalan ke sejumlah objek wisata di Belitung, seperti Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Tanjung Kelayang, Pulau Lengkuas, Replika Sekolah Laskar Pelangi, Tugu Batu Satam, Museum Kata Andrea Hirata, dan sejumlah objek wisata lainnya.

Penulis buku tersebut, Faza Meonk mengatakan bahwa dia takjub dengan keindahan alam dan wisata di Belitung.

Faza mengatakan, yang menarik di Belitung adalah latar belakang tempat itu menjadi tujuan wisata favorit di Indonesia berawal dari buku fiksi karya Andrea Hirata.

"Dari situ saya jadi membayangkan suatu saat ada sebuah tempat tujuan wisata karena karya-karya komik saya," ujar Faza.

Sementara itu, Asisten Deputi Jasa Kemenko Maritim, Okto Irianto mengatakan Buku Petualangan di Belitung ini merupakan edisi kedua setelah sebelumnya edisi Petualangan Labuan Bajo dan Flores.

"Total akan ada 10 edisi komik Si Juki Seri Jalan-jalan Nusantara yang akan berkeliling ke-10 daerah di Indonesia yang diprogram menjadi Bali baru oleh pemerintah," kata Okto.

Okto mengatakan penjualan buku komik Si Juki Seri Jalan-jalan Nusantara edisi perdana telah melebihi target 10.000 eksemplar dalam setahun karena terjual sekitar 25.000 eksemplar.

"Untuk edisi kedua Petualangan di Belitung ini telah sebanyak 600 eksemplar sejak dua pekan lalu dari awal beredar di pasaran," tutur Okto.

Baca juga:

Berita terkait
0
Siapa Nico Harjanto yang Dipanggil Jokowi ke Istana?
Nama mantan Staf Khusus Presiden Nico Harjanto mendadak menjadi perbincangan publik pasca kedatangannya ke Istana Merdeka atas undangan Jokowi.