UNTUK INDONESIA
Kebakaran di Kudus, 13 Ribu Ayam Mati Terpanggang
Kebakaran hebat melanda sebuah kandang ayam di Kudus. Sebanyak 13 ribu ekor ayam mati terpanggang.
Sekitar 13 ribu ekor ayam mati terpanggang imbas kebakaran kandang di Desa Honggosoco, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Senin, 31 Agustus 2020. (Foto: Tagar/Nila Niswatul Chusna)

Kudus - Sebanyak 13 ribu ayam mati terpanggang dalam kebakaran hebat yang melalap kandang di Desa Honggosoco, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Senin, 31 Agustus 2020. Atas kejadian tersebut pemilik ayam ditaksir mengalami kerugian hingga Rp 1 miliar.

Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 07.00 WIB itu pertama kali diketahui Edi Susilo Kartono, 50 tahun. Saat kebakaran terjadi, warga Desa Margorejo, Kecamatan Dawe itu sedang memberi makan ayam di kandang sebelah barat.

"Waktu saya melihat ke arah timur, saya melihat ada kepulan asap dan kobaran api dari ujung timur kandang," kata dia.

Melihat kobaran api yang membesar, Edi spontan berteriak minta tolong pada rekannya sesama penjaga kandang ayam. Dia bersama rekannya, Sumirin, 30 tahun, kemudian melakukan pemadaman dengan menggunakan peralatan seadanya.

Kerugian yang dialami Ibu Jumini, pemilik kandang, kami perkirakan mencapai Rp 1 miliar.

Nahas, pemadaman yang mereka lakukan tidak bisa mengendalikan kobaran si jago merah. Hingga mereka lapor ke Polsek Jekulo dan BPBD Kudus untuk meminta pertolongan pemadaman.

Sekitar pukul 09.00 WIB, empat unit mobil pemadam kebakaran turun untuk menjinakkan jago merah. Namun korbaran api sudah terlanjur melalap seluruh kandang ayam. Ayam dan barang yang ada di kandang tak banyak yang bisa diselamatkan para pekerja. 

"Kandang, 13 ribu ayam, peralatan blower dan oger tempat makan ayam otomatis ikut terbakar," ujarnya.

Baca juga: 

Terpisah, Kepala Polsek Jekulo Ajun Komisaris Polisi Supartono menyebut kebakaran yang terjadi di kandang ayam di Honggosoco diduga berasal dari korsleting listrik di dekat gudang.

Percikan api kemudian merembet lewat kabel dan plastik yang terdapat di dalam kandang. Kobaran api kian membesar dan melalap kandang yang terbuat dari kayu dengan sekam-sekam yang berceceran dan sekitarnya.

"Kerugian yang dialami Ibu Jumini, pemilik kandang, kami perkirakan mencapai Rp 1 miliar," ujar dia. [] 

Berita terkait
Kebakaran di Gudang Ban Kudus, Begini Kronologinya
Kebakaran hebat melanda gudang ban di Kudus. 10 jam lebih api belum bisa dijinakkan. Bagaimana kronologinya?
Kebakaran Toko di Surabaya, 5 Orang Tewas Terbakar
Kebakaran terjadi di sebuah toko elektronik di Jalan Kranggan, Surabaya yang menyebabkan lima orang meninggal dunia.
Keharuan Petugas Damkar Rembang Lihat Simpati Warga
Selama 24 jam petugas pemadam kebakaran (damkar) Rembang berjibaku memadamkan api. Aksi heroik ini memicu simpati spontan dari warga.
0
Iran dan Rusia Kembali Serang Pilpres Amerika Serikat
Badan-badan intelijen di Amerika Serikat (AS) tuduh Iran dan Rusia coba gunakan data pendaftaran pemilih sebar kekacauan