UNTUK INDONESIA
Ke Cibeureum Kuningan, Jangan Lupa Sruput Kopinya
Desa Cibeureum membuka diri untuk dikunjungi wisatawan. Salah satu potensi yang ditawarkan adalah sajian kopi khas Cibeureum.
Peresmian Desa Cibeureum, Kuningan sebagai desa wisata kopi, Selasa, 10 Desember 2019. (Foto: Tagar/Charles)

Cirebon - Jika Anda kebetulan tengah berwisata ke Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, jangan lewatkan Desa Cibeureum di Kecamatan Cilimus. Sebab ada sajian khas dari desa wisata ini berupa sensasi menyeruput kopi bercita rasa rempah. 

Keunikan rasa khas dari kopi Cibeureum ini pun diakui oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Fadhil Nugroho. Di peresmian Desa Wisata Kopi Cibeureum bersama Pemerintah Kabupaten Kuningan, ia mengungkap ciri kopi Cibeureum yang tidak didapatkan kopi daerah lain.

"75 persen kopi berasal dari kebun, dimulai dari tanam hingga pemetikan," jelasnya, Selasa 10 Desember 2019. 

Fadhil melanjutkan, karena ditanam di area kebun setempat ini lah kopi Cibeureum punya keunikan rasa yang spesial. Karena kopi ditanam di sekitar pohon cengkeh. Sehingga menyerap bau dan punya cita rasa yang khas, berbeda dengan kopi-kopi yang lain.

75 persen kopi berasal dari kebun, dimulai dari tanam hingga pemetikan.

Fadhil menceritakan, Kopi Cibeureum langsung habis saat dipamerkan di Jakarta beberapa waktu yang lalu. Apalagi ketika diperkenalkan di wilayah Ciayumajakuning, respon pasar cukup tinggi.

"Tentunya hal ini harus bisa ditularkan ke desa-desa lain agar mempunyai produk yang berkualitas, supaya perekonomian meningkat," tuturnya.

Peresmian Desa Wisata Kopi Cibeureum tersebut sekaligus menandai dibukanya Desa Cibeureum untuk dikunjungi oleh wisatawan. Selain suguhan kopi, Cibeureum juga menawarkan kehidupan dan pemandangan asri khas pedesaan 

Fadhil berharap potensi yang dimiliki Cibeureum dikembangkan lebih lanjut lagi. Banyak area desa yang bisa dijadikan spot Instagramable. "Ini membutuhkan kreativitas warga setempat," ucap dia.

Bupati Kuningan Acep Purnama mengapresiasi peran Bank Indonesia membantu meningkatkan perekonomian di Desa Cibeureum. Menurutnya, Bank Indonesia bisa melihat pelung yang tidak bisa dilihat oleh pemerintah daerah.

"Tentunya ini bisa dilanjutkan juga di desa-desa lain di Kuningan," tutur dia. []

Baca juga:

Berita terkait
Ford Sulap Limbah Biji Kopi Jadi Komponen Mobil
Ford Motor membuat terobosan dengan memanfaatkan limbah kopi perusahaan makanan siap saji McDonald untuk dijadikan salah satu bahan komponen mobil.
Kenikmatan Kopi Turaya Bantaeng Diakui Jokowi
Brand Turaya Coffe mulai dikenal di Kabupaten Bantaeng setelah Presiden Jokowi mencicipi Kopi Turaya saat APKASI Otonomi Expo 2018.
Galeri Kopi, Menikmati Ngopi Langsung di Kebunnya
Sebuah warung kopi yang disulap dengan nuansa tradisional berdiri di sebidang perkebunan kopi di kawasan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh
0
Pelajar SMP Makassar Dipanah OTK di Pinggir Jalan
Seorang pelajar SMP di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, dipanah busur oleh orang tidak dikenal (OTK).